Wednesday, December 8, 2010

SOES VLA KEJU


Soes vla keju ini juga merupakan salah satu yang Nur El sajikan saat arisan RT di bulan November. Percobaan pertama buat vla keju tidak lolos dilidah papa (suami tercinta). Bingung...Apa diisi rogout aja?...Nur El dan suami tidak suka soes isi rogout. Akhirnya jam 2 pagi (hari saat arisan tiba) Nur El coba buat isiannya berupa daging asap, kornet, bawang bombay, bawang putih, saus tomat, tomat, lada, pala, garam, dan gula pasir diolah menjadi isian. Dan hasilnya kata suami enak dan oke kalau untuk disajikan. Tapi setelah dipikir-pikir lagi Nur El pingin soes yang disajikan rasanya sederhana tapi enak. Maka setelah mengurus anak-anak dan suami di pagi hari, Nur El coba buat vla keju lagi....ini dia resepnya enak deh....seperti biasa hasil berkhayal di dapur mungil Nur El. Isian daging asapnya disimpan dikulkas dulu untuk diolah menjadi risoles dihari selanjutnya.



Bahan kulit soes:
1. Air 200 ml.
2. Tepung terigu 150 ml (kunci biru).
3. Margarin 100 gr.
4. Telur 4 butir.
5. Garam 1/3 sdt.


Bahan Vla Vanila:
1. Susu cair 500 ml.
2. Keju cheddar parut 150 gr.
3. Margarin 3 sdm.
4. Tepung terigu 3 sdm.

Olesan: margarin dan tepung terigu secukupnya.

Cara membuat:
1. Cara membuat vla keju: Panaskan panci, masukkan margarin, biarkan hingga mencair. Masukkan tepung terigu, aduk merata dengan cepat. Tambahkan susu cair sedikit-sedikit sambil terus diaduk dengan cepat. Masukkan keju cheddar, setelah mendidih dan kental matikan api. Diamkan hingga dingin. Hasil akhir vlanya keju cheddar parut masih terasa teksturnya.



2. Cara membuat kulit soes:
a. Siapkan loyang. Oles loyang kue kering dengan margarin, lalu taburi dengan tepung terigu, tipis-tipis.
b. Campurkan 200 ml air , garam, margarin, dan tepung terigu. Aduk hingga merata. Nyalakan api. Aduk terus hingga kalis dan matang. Matikan kompor. Diamkan.


c.  Setelah adonan terasa hangat, masukkan telur satu persatu sambil diaduk dengan menggunakan mikser (kec. sedang) sampai adonan merata.


d. Panaskan oven pada suhu 190 derajat celsius selama 15 menit (tergantung oven masing-masing).
e. Masukkan adonan kedalam kantung segitiga, ikat. Potong sedikit ujungnya. Lalu masukkan lagi kedalam kantung segitiga yang diujungnya sudah diberi spuit mawar. Semprotkan adonan keatas loyang dan beri jarak 2-3 cm agar tidak menempel kulit soes yang satu dengan yang lainnya. Masukkan kedalam oven, panggang dengan suhu 190 derajat celsius selama kurang lebih 20 menit. Lalu turunkan suhunya menjadi 150 derajat celsius panggang lagi kurang lebih 20 menit atau hingga kulit soes matang, kokoh, dan berwarna kecoklatan. Angkat dan diamkan hingga dingin.


3. Penyelesaian:
a. Setelah kulit soes dingin. Belah kulit soes, jangan sampai putus. Sisihkan.


b. Masukkan vla kedalam kantung segitiga, gunting bagian ujungnya.
c. Semprotkan adonan vla kedalam soes, tidak usah banyak-banyak asal menutupi permukaannya saja. Agar saat dimakan tidak eneg. Karena beda dengan soes yang isiannya manis, kalau isinya banyak enak-enak aja.
d. Siap untuk disajikan.