Tuesday, September 20, 2016

DULCE DE LECHE (Susu Karamel)




Assalamu'alaikum seneng banget dapat resep membuat Dulce de Leche tanpa dengan cara memasak susu kental manis kaleng. Dulce de leche ini rasanya sama seperti permen alpen liebe. Saya pakai resep teh daniar. Makasih yaa. Jadi resep andalan nih hahaha. Hanya saja saya agak tidak patuh sama resepnya, tidak apa-apa yaa. Saya gak sabaran kalau masak pake api kecil jadilah pake api sedang. Tapi selama proses memasak saya aduk-aduk terus, apalagi saat mulai mendidih saya aduk dengan cepat menggunakan sendok sayur.




Resep aslinya liat ig teh daniar https://www.instagram.com/d4niar/  ya. Kalau saya cara membuatnya agak berbeda. Tapi rasaanya enaaak bangeet dan tidak menggrindil. Lebih cepat membuat dulce de leche dengan menggunakan cara ini daripada dengan cara memasak susu kaleng. Apalagi kalo cuma mau membuat sedikit saja, cara seperti ini lebih hemat uang dan hemat waktu.


Bahan:
1. Susu UHT full cream 400 ml (teh daniar pakai susu segar).
2. Gula pasir 8 sdm.
3. Palm suiker (pakai yang wangi karamel) 2 sdm. (Teh daniar pakai gula merah)
4. Garam 1/8 sdt. (Teh daniar pakai sejumput)

Cara membuat:
Masukkan semua bahan dalam panci, masak sambil terus diaduk dengan menggunakan sendok sayur. Gunakan api sedang. Saat mulai mendidih diaduk lebih cepat lagi agar gelembung-gelembungnya hilang. Terus dimasak hingga mulai mengental sambil diaduk dengan cepat. Matikan api, aduk-aduk hingga uap panasnya hilang lalu masukkan kedalam wadah.  Dulce de leche saat dituang tetesannya masih mengalir tapi kental bukan berupa gumpalan-gumpalan. Dan akan menjadi bertambah kental saat sudah dingin. Untuk lebih awet simpan didalam kulkas.