Monday, December 21, 2015

CHURROS (pertama kali bikin churros)




Sebenarnya ini cerita yang sudah lewat. Saya membuat churros ini pas hari Jum'at, 18 Desember 2015. Tadinya saya mau membuat camilan sore pizza, eeeeh ternyata raginya sudah lewat tanggal kadaluarsanya. Gagal bikin pizza tiba-tiba teringat bahwa selama ini saya penasaran dengan churros.



Nah ini untuk pertama kali saya membuat dan merasakan churros hahahaha. Mumpung anak-anak sedang libur sekolah mulailah bereksperimen hihihi. Saya pilih resep mba ricke, resepnya ada disini ya. Karena saat saya membacanya kok sreg sama resep ini.  Lengkap penjelasan mba ricke tentang cara membuat churros.

Tertarik dengan churros karena cara menyajikannya yang sederhana tapi nikmat. Dimana churros ini ditaburi gula halus dan kayu manis. Terbayang-bayang harum dan nikmatnya kayu manis setiap kali menonton acara masak-masak di televisi ataupun melihat foto-foto diinstagram.

Terima kasih mba ricke. Menurut saya enak meskipun bentuknya belum cantik. Tadi saya menggunakan spluit yang gletak dilemari dapur. Lagi malas naik keatas karena alat-alat untuk membuat kue saya simpan di gudang.



CHURROS
by Ricke Indriani



Bahan:
250 ml air
50 gram butter/margarin --->saya pakai margarin
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
150 gram terigu protein sedang/all purpose flour, ayak
1/4 sdt vanilla
1 butir telur ukuran besar (saya sering pakai 2 butir karena ukuran telur tidak terlalu besar), dikocok lepas ---> saya menggunakan 2 telur
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng churros

Bahan taburan:
Gula halus dan kayu manis bubuk

Cara membuat:
1. Masak air, margarin, gula dan garam hingga mendidih dan margarin meleleh. Matikan api. Masukkan terigu yang sudah diayak dan vanilla. Aduk cepat. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga adonan licin dan kalis (tidak menempel di panci). Angkat. Biarkan sampai agak hangat.
2. Masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. (Saya mengaduk cepat dengan menggunakan balloon whisk sehingga mudah menyatukan adonan tersebut dengan telur). Adonan akhir adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus.
3. Masukkan adonan ke dalam piping bag/kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam piping bag/kantong segitiga yang sudah diberi spuit bintang ukuran besar. (Berhubung saya kehabisan stok plastik segitiga, tadi saya pakai plastik kiloan. Dan memakai spuit seadanya yang ada dilaci dapur. Karena sudah malam jadi malas ke gudang hihihi).
4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, spuitkan adonan ke dalam minyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. (Nah, tadi saya menggunakan tehnik yang ini. Menggorengnya pakai penggorengan yang datar. Tapi bukan teflon. Berhubung baru pertama kali, menspuitnya pake kira-kira aja. Yang paling penting minyaknya harus panas. Karena saat kita spuitkan adonan kedalam minyak panas, adonan langsung mengembang dan mengambang. Tangan kanan menyemprotkan adonan, tangan kiri memegang gunting, untuk memutuskan adonan dari spluit. Dan berhubung sudah jarang bereksperimen lagi. Saya sudah tidak menyimpan plastik segitiga maka tadi saya gunakan plastik kiloan. Jadi agak sulit membuat adonan rapih saat mengeluarkannya didalam minyak panas. Tapi alhamdulillah selesai dengan cepat ). Atau bisa juga menyemprotkan dulu adonan churros ke atas loyang yang ditabur terigu tipis, lakukan sampai adonan habis. Simpan sebentar di freezer sampai adonan agak mengeras, baru digoreng. Hasilnya lebih cantik. Kali ini saya bikin versi panjang dan bentuk hati.


5. Tunggu sampai agak hangat, baru balut dengan bahan taburan. Sebaiknya jangan saat terlalu panas langsung dibalut karena gulanya akan sedikit meleleh. Atau sajikan dengan chocolate sauce (churros con chocolate)