Kamis, 27 September 2012

BIRTHDAY CAKE RAFIF - KERETA API (FROZEN BUTTERCREAM TRANSFER)


Sudah lama sekali tidak menulis. Padahal dengan rajin menulis diblog ini membuat Nur El tidak kesulitan dalam memasak. Kenapa? Karena apabila sedang lupa bumbu yang dipakai atau takaran bahan yang akan digunakan, Nur El selalu membaca diblog ini. Berhubung Jihan sudah pintar jalan dan memiliki keingintahuan yang tinggi, jadi Nur El tidak sempat mengetik. Sampai laptopnya cuma digunakan setiap 2 jam sehari untuk Rafif dan Razaan bermain sambil belajar. Sampai mousenya agak bermasalah ehmmmm. Ditambah penampilan baru blogspot, yah harus beradaptasi.

Kue ultah ini sudah lama dibuat, yaaa diawal tahun 2012 ini. Kue ini khusus untuk Rafif bawa ke sekolah, untuk syukuran bersama teman-teman sekelasnnya.


Alhamdulillah saat itu Rafif berulang tahun dihari senin, jadi pembuatan BDCK ini dapat dilakukan dihari minggu. Sehingga suami Nur El bisa membantu mengurus dan menjaga Rafif dan Razaan. Papa belum berani mengurus Jihan. Penempelan coklat pagar dilakukan sambil menggendong Jihan. Tangan kiri Jihan dan tangan kanan sibuk bekerja. Tenang aja Nur El gak jorok kok, tangan yang bekerja dalam membuat kue selalu bersih.

BDCK ini menggunakan resep dasar cake coklat yang mengunakan minyak sayur. Cakenya lembuat dan gurih. Karena BDCK ini terdiri dari 2 lapis cake coklat, antara lapisan yang satu dengan yang lain diberi buttercream dan parutan keju cheddar. Lalu pada lapisan atasnya diberi buttercream dan parutan keju cheddar yang melimpah. Pokoknya mmmmmmmh enak banget.

Oh iya, dalam menghias BDCK ini, Nur El mencoba metode baru (buat Nur El yah). Namanya frozen buttercream transfer. Buat Nur El percobaan pertama ini terbilang berhasil karena sesuai dengan keinginan Nur El. Gambar kereta api yang dihasilkan tidak sama dengan gambar aslinya digambar.

Ini dia resep seadanya, karena sudah banyak yang lupa takaran yang dipakai. Resep aslinya bisa dilihat disini.

Bahan cake:
1. Tepung terigu 64 gr.
2. Coklat bubuk 26 gr.
3. Susu bubuk 11 gr.
4. Tepung maizena 11 gr.
5. Perisa vanila susu 1/8 sdt.
6. Telur 3 butir.
7. Gula pasir 120 gr.
8. Minyak sayur `120 ml.

Bahan isian dan hiasan:
1. Coklat: warna hijau dan kuning. Dilelehkan lalu dicetak untuk membentuk coklat pagar.
2. Keju cheddar 1 kotak.

Sirup gula:
1. Air 200 ml.
2. Gula pasir 200 gr.

Bahan buttercream untuk isian dan lapisan luar cake:
1. Buttercream instan 200 gr.
2. Susu kental manis 100 gr.
3. Perisa vanila susu (berbentuk bubuk) 1/4 sdt (bisa diabaikan).
4. Pewarna kuning secukupnya.

Loyang yang digunakan ukuran 24x24x5 cm.
Olesan Loyang:
1. Margarin secukupnya.
2. Tepung terigu secukupnya.

Cara membuat:
A. Frozen Buttercream Transfer

Pekerjaan ini dilakukan sehari sebelum membuat BDCK. Karena  gambar kereta api yang dibuat dari buttercream ini harus benar-benar beku agar menghasilkan hasil yang baik.

Bahan yang dibutuhkan:
1. Gambar yang akan ditransfer.
2. Kertas roti.
3. Gunting.
4. Selotip.
5. Loyang kue kering atau apapun yang dapat dijadikan alas agar gambar tidak bergerak. Alas ini harus bisa masuk kedalam freezer.
6. Buttercream. Banyaknya buttercream yang Nur El gunakan untuk membuat gambar kereta api tidak tercatat. Yang pasti setelah buttercream instan dicampur dengan susu kental manis dan perisa vanila susu, lalu dikocok hingga dapat digunakan. Lalu dibagi-bagi dan diberi pewarna sesuai kebutuhan.


Cara membuat:
1. Letakkan loyang kue kering diatas meja. Tempelkan gambar yang akan dicetak diatasnya dengan menggunakan selotip. Ingat gambar yang akan dicetak harus kebalikannya. Karena kita menggambar atau mencetak dari bagian belakang gambar.  Tempelkan kertas roti diatas gambar tersebut. Rekatkan dengan selotip.






2. Masukkan buttercream kedalam plastik segitiga. Nur El membaginya menjadi warna coklat, merah, hijau, kuning, dan putih. Ambil buttercream coklat, dan gunting ujung plastik segitiga sedikit. Lalu mulai gambar diatas kertas roti tersebut. Beri warna dengan menggunakan buttercream yang diinginkan. Setelah terbentuk sebuah gambar agar tidak terlihat berlubang-lubang dan gambar menyatu dengan cake. Maka beri buttercream warna dasar cake, Nur El memakai warna kuning diatas gambar tersebut. rapikan sambil ditekan dengan menggunakan spatula pelan-pelan, dan buat datar permukaannya.
3. Masukkan kedalam freezer semalaman, sampai benar-benar beku. Setelah benar-benar beku siap untuk ditempelkan diatas cake (ciri-cirinya saat dilepas dari kertas roti, buttercream tidak menempel lagi pada kertas roti.

B. Cake
1. Ayak tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan coklat bubuk. Sisihkan.
2. Oleskan loyang dengan margarin, tipis-tipis, lalu taburi denga tepung terigu, tipis-tipis saja. Sisihkan.
4. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius, kurleb 15 menit atau tergantung oven masing-masing.
5. Kocok telur, gula pasir, dan perisa vanila susu dengan menggunakan mikser pada kecepatan tinggi sampai  adonan mengembang, putih, dan kental (apabila diambil pake spatula akan berbentuk kerucut dan kaku atau tidak menetes).
6. Turunkan ke kecepatan terendah. Masukkan campuran tepung dengan cara bertahap kedalam kocokan yg sudah mengental.
7. Tuang minyak sayur sambil terus diaduk dengan menggunakan mikser pada kecepatan terendah (jangan lama-lama). Lalu matikan mikser. Lakukan aduk balik adonan dengan menggunakan spatula hingga tercampur merata.
8. Masukkan kedalam loyang. Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 30 menit atau hingga matang.
9. Setelah matang keluarkan dari oven diamkan kurleb 5 menit didalam loyang, lalu keluarkan dari loyang. letakkan di rak kawat. Diamkan hingga cake dingin dan siap untuk dihias.

Catatan:
1. Mikser yg Nur El pakai mikser miyako yg standing jadi agar adonan didasar baskom ikut ke aduk, sesekali aduk kebalikan putaran baskomnya dengan menggunakan spatula.
2. Lama mengocok adonan hingga kental kurang lebih 15-20 menit.
3. Dalam pembuatan cake ini, Nur El membuat 2 x adonan untuk menghasilkan 2 cake coklat.


C. Buttercream untuk isian dan lapisan luar cake
Masukkan semua bahan kedalam baskom lalu kocok dengan menggunakan mikser dengan kecepatan sedang, sebentar saja hingga adonan terasa berat dan berjejak.

D. Cara membuat sirup gula
Masukkan gula pasir dan air kedalam panci, aduk-aduk. Nyalakan kompor, masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Angkat dan dinginkan. Siap untuk dipakai.


E. Cara mencetak coklat:
1. Tim coklat hingga meleleh dengan cara masukkan air mendidih kedalam alat untuk melelehkan coklat, tutup alat dng penutupnya.


2. Potong-potong coklat, letakkan kedalam mangkuk yg ada ditutup alat tersebut. Diamkan hingga seluruh coklat meleleh.


3. Lalu aduk-aduk agar licin. Setelah coklat mencair sempurna, ambil dengan menggunakan sendok atau masukkan kedalam plastik segitiga.


4. Dan masukkan coklat kedalam cetakkan coklat,  lalu masukkan kedalam freezer kurleb 5 menit atau hingga coklat terlihat mudah untuk dilepaskan dari cetakan. Melepaskan coklat dari cetakkan dengan cara letakkan cetakan coklat diatas piring dengan posisi terbalik, lalu tepuk-tepuk pelan. Semua coklat akan keluar dari cetakan dalam kondisi bagus tanpa merusak cetakan.



F. Penyelesaian
1. Ambil 1 cake coklat, perciki atau oles bagian atas dan bawahnya dengan sirup gula dengan menggunakan kuas (khusus untuk menghias kue). Letakkan diatas rak kawat yang telah dialasi loyang. Lalu ambil 1 cake lagi, lakukan hal yang sama.
2. Ambil cake yang pertama, letakkan diatas alas cake, olesi dengan buttercream hingga merata lalu beri parutan keju cheddar. Letakkan cake yang kedua diatasnya. Tutup seluruh bagian cake dengan buttercream secukupnya.
3. Ambil gambar kereta api yang sudah beku dari dalam freezer. Lepaskan kertas roti dari loyang, pelan-pelan agar gambar tetap bagus. Letakkan diatas cake, lepaskan pelan-pelan kertas roti dari buttercream. Beri hiasan buttercream dipinggiran gambar agar menyatu dengan cake. Taburi cake denag keju cheddar parut. tempelkan coklat pagar pada pinggiran cake. Selesai.