Friday, November 4, 2016

MUFFIN KACANG HIJAU




Assalamu'alaikum Muffin Kacang Hijau. Mama dirumah niih ketawa-ketiwi melihat tingkah laku anaknya yang jejumpalitan. Bikin brownies, bikin muffin, goreng otak-otak dan risoles dari @ayutenanshop dan lain-lain,  termasuk naik kursi dan jepret si muffin hahaha. Lagi kumpul bocah disini hahaha, seruu hahaha. Tema #UploadKompakan tentang cake yang berwarna hijau menginspirasi mengolah stok kacang hijau menjadi cake. Dan paling aman dibikin muffin hahaha #ukgreencakeren.




Resepnya semoga bisa menjadi inspirasi teman-teman untuk mengolah kacang hijau dengan bahan yang sederhana.


Bahan:
1. Gula pasir 180 gr.
2. Telur ayam 2 butir.
3. Tepung terigu 175 gr.
4. Baking powder 1 1/2 tsp.
5. Soda kue 1 tsp.
6. Minyak sayur (minyak goreng) 150 ml.
7.  Kacang hijau 200 gr (rendam dalam air selama 4 jam, tiriskan, buang airnya).
8. Santan instan 200 ml.
9. Jahe 2 ruas ibu jari tangan (kupas, potong-potong).
10. Vanili bubuk 1/8 tsp.
Cara membuat:
1. Panaskan oven pada suhu 190 derajat celsius selama 15 menit. Dan masukkan mangkuk kertas kedalam loyang muffin. Sisihkan.
2. Masukkan dalam baskom tepung terigu, baking powder, soda kue, gula pasir, dan vanili bubuk. Aduk rata menggunakan sendok. Sisihkan. (Adonan kering)
3. Masukkan ke blender kacang hijau, santan instan, jahe, minyak sayur, dan telur ayam. Nyalakan blender, haluskan (tapi masih ada tekstur kacang hijaunya). (Adonan basah)
4. Masukkan adonan basah kedalam adonan kering. Aduk menggunakan balloon whisk hingga merata (tapi jangan lama-lama).
5. Masukkan adonan kedalam loyang muffin yang sudah diberi mangkuk kertas, dengan menggunakan sendok khusus es krim. Masukkan hingga hampir penuh didalam setiap mangkuk kertas.
6. Masukkan kedalam oven dan panggang dengan suhu 190 derajat selama 20 menit. Angkat diamkan selama 5 menit didalam loyang. Keluarkan.
Catatan:
1. Muffin kacang hijau ini empuk, lembut, menul-menul apalagi saat baru matang 😋. Setelah dingin jahenya makin berasaa dan muffin tidak mengeras masih empuuuk, tidak seret meskipun tidak selembut saat baru matang. Buat saya enaaak.
2. Berasa kres-kres kacang hijaunya, sensasi luar biasa 😄.
3. Hasilnya jadi 12 cup (loyang muffin) dan 1 cup alumunium foil.