Thursday, November 17, 2016

CHOCOLATE CHIFFON CAKE




Assalamu'alaikum  Chocolate Chiffon Cake ala saya ini, rasanya nyoklat banget, tidak seret ditenggorokan, lembut, dan lentur. Sebenarnya sudah lama loyang chiffonnya nganggur. Karena ada tema chocolate di upload kompakan. Akhirnya iseng dibikin chiffon cake ini. Saya suka yang permukaan cakenya begini, tidak rata, jadi seksi hahaha atau  ngeles yaa, padahal karena gak mampu bikin mulusss hahaha. Tapi benerr jadi seksi chiffon cakenya .



Saat membuat chiffon cake ini baru membuat saya sadar bahwa pisau khusus untuk memotong kuenya sudah saya buang karena karatan. Lupaaa harus beli lagi. Jadi potong pakai pisau buah saja hahaha. Kurang cakep tapi tidak apa-apalah ya,  yang penting Jihan si penggemar cokelat sudah habis 4 potong. Ini mau yang kelima hahaha. Alhamdulillah.

Chiffon Cake ala saya, rasanya cokelat banget.
Bahan 1:
Kuning telur dari 4 butir telur ayam
80 ml susu cair.
50 ml minyak sayur.
80 gr gula halus.
65 gr tepung terigu.
10 gr susu bubuk.
5  gr tepung ketan putih.
25 gr coklat bubuk(dark).
1/8 vanili bubuk.
1/4 tsp baking soda

Bahan 2:
Putih telur dari 4 butir telur ayam
60 gr palm suiker

Cara membuat:
1. Panaskan oven disuhu 150 derajat celsius selama 15 menit.
2. Ayak menggunakan saringan tepung terigu,tepung ketan putih, cokelat bubuk, gula halus, susu bubuk,  dan baking soda. Sisihkan
3. Masukkan kuning telur, minyak sayur, vanili bubuk, susu cair dalam baskom, aduk menggunakan ballon whisk hingga tercampur merata. Lalu masukkan campuran tepung, lalu aduk lagi dengan menggunakan balloon whisk hingga merata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur hingga berbusa lalu masukkan palm suiker, kocok hingga bila baskom dibalik, adonan ini tidak akan tumpah.
5.Tuangkan adonan kuning telur kedalam adonan putih telur lalu aduk dengan cepat menggunakan ballooon whisk sesekali dibantu pakai spatula untuk mengangkat bagian bawah yang tidak teraduk rata dengan cara diaduk balik. Setelah rata, tuang adonan kedalam loyang chiffon cake (diameter bawah 20 cm) yang tidak dioles apapun. Letakkan loyang  chiffon diatas loyang kuker. Cepat-cepat masukkan ke dalam oven. Panggang dengan suhu 150 derajat celsius selama kurleb 25 menit atau permukaannya kalo ditekan masih membal.
6. Keluarkan cake dr oven. Langsung balikkan loyang biarkan hingga dingin.
7. Setelah dingin, keluarkan cake dr loyang dng bantuan pisau kue (takut2 kalo ada yg menempel dipinggiran loyang), gerakkannya jangan naik-turun. Begitu juga bagian dasarnya (Caranya jng smp memegang bagian atas cake krn bagian atasnya mudah menempel. Setelah cake mau copot dr bagian tengahnya, cepat2 dipegang dengan hati-hati cakenya dan ditarik pelan loyang bagian tengahnya).