Wednesday, September 14, 2016

CAKE KURMA APEL ( tanpa mikser)



Assalamu'alaikum cake ini saya buat sehari menjelang 'Idul Adha. Resep ini  resep saya zaman bahela dikala melihat apel tergelak dimeja makan, tidak tersentuh hahaha. Tapi yang sekarang ini saya tidak memakai mikser dalam pembuatannya. Sehingga margarinnya saya lelehkan dahulu.



Bahan:
1. Tepung terigu 210 gr.
2. Tepung maizena 15 gr.
3. Susu bubuk 25 gr.
4. Margarin 150 gr, dicairkan.
5. Telur ayam 2 butir.
6. Gula halus 70 gr.
7. Gula palem 50 gr (palm suiker).
8. Apel 150 gr (berat tanpa biji dan daging tempat menempel biji dan juga tanpa kulit), cincang.
9. Kurma 100 gr (berat tanpa biji, kurmanya bertekstur lembek dan sudah manis sekali), cincang.
10. Air 50 ml.
11. Minyak sayur 3 tbsp.
12. Kayu manis bubuk 1/2 tbsp.
13. Perisa vanila susu 1/8 tsp.
14. Baking powder 1 1/2 tsp.
15. Baking soda 1/2 tsp.

Loyang: tulban



Cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, gula halus, palm suiker, susu bubuk, baking powder, baking soda, kayu manis bubuk, dan perisa vanila susu kedalam 1 mangkuk. Aduk-aduk hingga merata. Sisihkan. (Adonan kering)
2. Panaskan oven pada suhu 175 erajat celsius selama kurleb 15 menit (tergantung oven masing-masing).
3. Masukkan apel dan kurma yang sudah dicincang kedalam blender. Masukkan juga 50 ml air, dan minyak sayur 3 sdm. Haluskan lalu sisihkan.
4. Campurkan margarin yang sudah dicairkan, campuran apel yang sudah dihaluskan, dan  telur ayam. Kocok lepas menggunakan sendok makan hingga tercampur merata (Adonan basah).
5. Tuangkan adonan basah kedalam adonan kering, aduk menggunakan balloon whisk. Lalu tuang kedalam loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tipis tepung terigu. Adonan saat dituang terlihat berjejak.
6. Masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 25 menit pakai api bawah saja atau sampai matang dengan suhu 175 derajat celsius.  2 menit terakhir nyalakan api atas dengan api kecil. Setelah matang (lakukan tes tusuk dengan menggunakan tusuk gigi, apabila tidak ada yang menempel lagi berarti sudah matang), keluarkan dari oven dan biarkan didalam loyang kurleb 5 menit. Lalu keluarkan dari dalam loyang dan letakkan diatas rak kawat. Disantap hangat-hangat nikmat sekali dan setelah dingin pun tetap enak.