Monday, March 16, 2015

ROTI MANGKUK STROBERI



Sudah lama sekali tidak menulis pengalaman memasak diblog ini. Ini perdana saya menulis lagi. Semoga bisa rajin menulis lagi yaa.

Roti Mangkuk Stroberi (homemade bread) ---> Tadinya mau membuat roti mangkuk pelangi pakai resep roti pelangi yang sudah ada diblog saya. Tapi berhubung pingin cepat-cepat selesai. Maka diganti saya bikin Roti Mangkuk Stroberi ala nur el.





Bahan:
1. Tepung terigu 250 gr.
2. Gula halus 70 gr.
3. Margarin 50 gr.
4. Kuning telur dari 2 telur, aduk agar menyatu.
5. Air hangat suam-suam kuku 75 ml (sedikit-sedikit dimasukkannya).
6. Garam 1/8 sdm.
7. Susu bubuk 20 gr.
8. Vanili 1/4 sdt.
Bahan  biang ragi:
1. Gula pasir 1/2 sdm.
2. Tepung terigu 1/2 sdm.
3. Saf-instant (ragi instant) 8 gr.
4. Air suam-suam kuku 75 ml.
Topping: selai stroberi secukupnya.
Loyang: loyang muffin diberi mangkuk kertas

Cara membuat biang ragi:
Masukan gula pasir, tepung terigu, dan saf-instant kedalam air hangat suam-suam kuku, aduk rata,diamkan sebentar,15 menit hingga mengembang dan berbusa-busa, sisihkan.

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, susu bubuk, vanili, dan gula halus didalam baskom, aduk hingga merata. Buat lubang ditengahnya, lalu masukkan biang ragi. Aduk-aduk menggunakan jari-jemari hingga semua merata, bentuknya serpihan-serpihan. Masukkan kuning telur, uleni  hingga merata dengan menggunakan tangan. Masukkan margarin dan garam, uleni hingga merata sambil sesekali dimasukkan air suam-suam kuku. Lakukan hingga kalis (sudah tidak lengket lagi di baskom, apabila dipegang juga sudah tidak lengket, dan tidak mudah robek apabila ditarik). Lalu tutup wadah bisa pake serbet ato cling wrap, selama 45 menit.
2. Setelah 45 menit, buka plastiknya dan tonjok adonan untuk mengeluarkan gasnya. Uleni sebentar. Lalu ambil adonan sebanyak 40 gr, buat seperti bola (bulatkan). Letak diatas loyang muffin yang sudah diberi mangkuk kertas. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan lagi selama kurleb 45 menit. Lalu ambil gelas tekan sedikit permukaan roti, letakkan selai 1 sendok teh dipermukaan roti. Tepat dilingkaran yg terbentuk oleh gelas.
3. Pada saat menjelang 45 menit, panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius selama kurleb 15 menit (tergantung oven masing-masing).
4. Masukkan adonan kedalam oven dan panggang dengan suhu 175 derajat celsius selama kurleb 20 menit.
5. Setelah bagian permukaan samping roti berwarna kecoklatan dan matang, keluarkan dari dalam oven. Diamkan hingga uapnya hilang, angkat pindahkan keatas rak kawat. Diamkan hingga dingin. Masukkan kealam wadah tertutup (agar kelembabannya terjaga) atau bisa langsung disantap.
Catatan: 
1. Tadi jadi 13 cup. 1 cup pakai cup alumunium foil.
2. Selai stroberinya ada yg meleber-leber jadi lengket. Maka saya keluarkan dari loyang saat panas2. Berhubung anak2 suka banget kalo selai berlumuruan diatas roti jadi gak apa2 loyang berantakan. Direndam air, diusap-usap, dicuci bersih lagi kok.