Saturday, March 28, 2015

COFFEE CHEESECAKE (tidak pakai gelatin dan tidak dipanggang)


Apabila ingin menikmati Cheesecake dengan rasa kopi yang tidak terlalu kental. Bisa dibikin seperti ini. Tanpa menggunakan gelatin dan tidak dipanggang.




Bahan:
1.Wafer rasa kopi 220 gr.
2. Butter (unsalted)110 gr.
3. Whipping cream 1 liter.
4. Cream Cheese 500 gr.
5. Gula halus 150 gr.

Bahan untuk taburan:
1. Palm suiker 1 sdm (tergantung selera).
2. Kopi bubuk  2 sdm (tergantung selera).
3. Coklat bubuk 2 sdm (tergantung selera).

Cara membuat:
1.Alat pengocok (kaki mikser), spatula, baskom besar, dan baskom kecil, disimpan didalam lemari es hingga dingin. Masukkan air es dan es batu kedalam baskom yang lebih besar. Sisihkan.
2. Hancurkan wafer hinggga serpihan kecil-kecil (tapi tidak menjadi bubuk). Masukkan butter dalam suhu ruang (sudah tidak beku). Aduk dengan menggunakan tangan hingga menyatu dengan wafer. Masukkan kedalam loyang bongkar pasang yang sudah dialasi kertas roti. Tekan-tekan, padatkan hingga menutupi dasar loyang. Simpan didalam kulkas kurleb 30 menit hingga terlihat padat dan menyatu.
3. Masukkan gula halus (yang sudah disimpan dikulkas) dan whipping cream kedalam baskom. Basomnya dimasukkan kedalam baskom besar yang berisi air dingin dan es batu. Kocok pakai mikser dengan kecepatan sedang, hingga rata, lembut, dan kaku. Lalu masukkan cream cheese yang sudah tidak dingin lagi. Kocok lagi hingga merata dengan menggunakan mikser. Sebentar saja.Lalu tuang kedalam loyang bongkar pasang ratakan permukaannya. Taburi dengan palm suiker. Satukan coklat bubuk dan kopi, aduk-aduk hingga merata, taburkan dengan menggunakan saringan keatas cake hingga merata. Simpan didalam kulkas hingga 24 jam.


Catatan:
1. Saya pakai loyang bongkar pasang diameter 20 cm dan juga saya masukkan kedalam mangkuk-mangkuk kecil.
2. Saat mau disajikan bisa juga permukaannya ditaburi lagi campuran kopi dan coklat agar penampilannya jadi cantik.
3. Saya pakai butter anchor. Tapi seringnya saya pakai margarin saja. Apabila menggunakan margarin. Maka sebelum menyatukan  wafer dan margarin, margarinnya harus dilelehkan dulu agar menjadi cair.
4. Whipping cream yang saya pakai merk Anchor yang termasuk dairy, sehingga cake ini harus disimpan dikulkas agar tidak cepat mencair.
5. Cream cheese yang saya pakai merk yummy (neufchatel) kadang juga pakai mascarpon cheese.
6. Saat mengocok krimnya terkadang saya pakai cara masukkan semua bahan yang masih dalam kondisi dingin (gula halus, cream cheese, dan whipping cream). Kocok bersamaan hingga kaku.