Thursday, March 19, 2015

BIKA AMBON




 Ini dia resep bika ambonnya, resep aslinya ada di instagram mba @diahraki. Kalo menurut saya teksturnya tidak seperti bika ambon yang biasa saya makan tapi untuk aromanya sudah dan rasanya sudah enak. Teksturnya mirip-mirip kue pukis. Saat dimasak dengan menggunakan happy call, sarangnya sudah terlihat. Tapi saat dipanggang dioven sarangnya berkurang. 


Resep ini bisa dipakai untuk membuat bekal anak-anak kesekolah. Karena mereka suka, beda dengan bika ambon yang asli biasanya mereka tidak suka.


Bika Ambon
Bahan:
1. 425 ml santan (300ml santan instan ditambah air)---) saya 400 ml santan instan + air).
2. 10 lbr daun jeruk ----) saya 15 lbr daun jeruk.
3. 2 batang sereh.
4. 1/2 sdt garam.
5. 175 gr tepung terigu.
6. 150 gr tepung tapioka.
7. 9 gr ragi.
8. 275 gr gula pasir.
9. 5 btr telur ayam.
10. 50 gr margarin.


Caranya:
1. Rebus santan, daun jeruk, sereh. dan garam sambil sesekali diaduk hingga mendidih dan wangi daun jeruk dan sereh tercium.Lalu diamkan hingga terasa hangat ( tadi 10 menitan). Ambil daun dan serehnya. Masukkan margarin aduk-aduk pakai balloon whisk (pengocok berbentuk balon). Masukkan gula pasir, lalu masukkan campuran tepung tapioka, tepung terigu, dan ragi. Aduk lagi dengan balloon whisk. Setelah tercampur merata masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk lagi hingga tercampur merata. Lalu diamkan selama 1 jam 45 menit. Adonan naik 2 kali lipat.
2. Panaskan happy call. Ambil adonan aduk-aduk dengan balloon whisk lagi. Lalu tuang kedalam happy call sampai hampir penuh. Diamkan hingga bagian atasnya berlubang-lubang. Lalu tutup, biarkan hingga matang. Tadi pakai api kecil menuju sedang.Bingung ya...karena kompor saya ada 4 jadi bingung cara menyampaikannya 😊. Sesekali tadi saya buka untuk melihat sudah mateng atau belum karena bagian atasnya matangnya tidak merata.Setelah matang matikan api. Angkat deh. Ini gak lama, cepet cuma lupa persisnya berapa menit kurleb 15-20 menit.


Sisa adonan saya masak di oven. 1.Panaskan oven pada suhu 190 derajat celsius. Selama 15 menit.
2. Masukan mangkuk-mangkuk kertas kedalam cetakan muffin termasuk yang tidak terisi adonan. Tuangkan adonan hingga hampir penuh kedalam mangkuk kertas. Masukkan kedalam oven dan panggang kurleb 20 menit. Tusuk pakai tusuk gigi untuk memastikan dalamnya sudah matang atau belum. Kalau tidak ada yang menempel berarti sudah matang. Angkat.