Thursday, September 5, 2013

PUDING COKLAT MASCARPONE APEL (Puding Coklat Panggang)

Setoran yang kedua untuk NCC Chocolate Weeks. Puding coklat mascarpone apel, dimakan hangat lebih nikmat (bukan panas-panas ya :)). Ceritanya ini resep mengarang indah dan akhirnya ikut dikirim deh ke NCC Chocolate Weeks. Karena rasanya enak, nyoklat, nyam nyam he he he. Ini dia resepnya:




Bahan:
1. Apel 2 buah = 244 gr (berat setelah dikupas dan dibuang bagian tengahnya atau bijinya).
2. Palm suiker (gula palm) 90 gr.
3. Kayu manis bubuk 1/2 sdt.
4. Mascarpone 250 gr.
5. Nondairy whipping cream 150 ml.
6. Coklat bubuk 20 gr.
7. Tepung tapioka 7 gr.
8. Air jeruk nipis 1 sdt.

Cara membuat:
1. Panaskan oven pada suhu 190 derajat celsius, selama kurleb 15 menit.
2. Sambil menunggu oven yang sedang dipanaskan. Kupas apel dan buang bagian tengahnya yang keras atau bijinya. Siram dengan air jeruk nipis, aduk agar merata. Cincang kasar. Panaskan penggorengan anti lengket. Setelah panas, masukkan apel, gula palm, kayu manis bubuk. Masak hingga harum. Angkat.
3. Siapkan cetakan alumunium foil (111/34) sebanyak 7 cetakan. Ukuran bagian atas cetakkan 7,5x7,5 cm, bagian bawah 5x5 cm, dan tinggi 3 cm. Masukkan apel, sambil diratakan. Sisihkan.
4. Masukkan mascarpone, nondairy whipping cream, gula palm 80 gr, dan coklat bubuk kedalam mangkuk. Dan aduk hingga merata dengan menggunakan sendok. Masukkan tepung tapioka, aduk-aduk kembali hingga merata. Tuang kedalam cetakan yang sudah berisi apel. Ratakan permukaannya. Letakkan diatas loyang kue kering. 
5. Masukkan kedalam oven dan panggang dengan suhu 190 derajat celsius selama kurleb 12 menit. Jangan kelamaan ya nanti malah berminyak. keluarkan dari oven, hangat-hangat disantap. Atau menunggu hingga dingin tapi tidak dingin dari dalam kulkas.

Catatan: Mascarpone dan nondairy whipping cream yang Nur El pakai merk Tatua. Ternyata ini gluten free.