Sunday, February 17, 2013

TIRAMISU UNTUK SUAMIKU TERCINTA


Tiramisu ini dibuat khusus untuk suami tercinta untuk syukuran ulang tahun beliau. Tadinya ingin membeli saja tetapi dibatalkan niatnya. Sayang momen itu tidak akan terulang.  Suami saya sebenarnya tidak suka semua orang tahu tentang berita ulang tahunnya, bukan karena kenapa-kenapa, dia tidak suka menjadi pusat perhatian. Tapi istrinya saja yang suka heboh.


Cake ini dibuat sehari sebelum ulang tahun suami. Kasusnya sama seperti saat Razaan berulang tahun. Pada tanggal suami saya berulang tahun, kami ada arisan keluarga besar suami. Sehari sebelum tanggal ulang tahun beliau, suami mengantarkan saya untuk belanja bahan kue ke Tbk.Puspita BSD. Untuk persiapan orderan dari kakak saya dalam acara arisan yang akan diadakan dirumah kakak (jeeee orderan he he he) dan untuk membawa puding roti kismis ke arisan keluarga besar suami (kalo sempat).

Dari sebelumnya memang tidak berniat membuatkan cake. Karena tidak sempat.  Tetapi saat belanja di toko bahan kue, saat melewati mascarpone bubuk  dannnn lah kok langsung kepingin membuatkan tiramisu untuk papa. Membuatnya kan cepat dan mudah. Nyuci piringnya juga cepat. Langsung beli mascarpone bubuk dan Anchor Whipping Cream. Tapi saya tidak bilang akan membuatkan tiramisu untuk ulang tahunnya besok. Malahan saya bilang kalau selain membawa puding roti kismis, saya juga kepingin membawakan Bolu Marmer Jadul resep mamanya mbak Mia (anggota milis NCC). Hitung-hitung hasil percobaannya bisa dinikmati banyak orang. Saat sampai rumah sudah menjelang maghrib, dimulailah proses perendaman roti untuk membuat 2 loyang puding. Setelah selesai sholat maghrib dipanggang. Sambil persiapan membuat cake. Puding selesai dibuat, masuklah cake pertama kedalam oven. Cuci piring dan lain-lain. Sambil mengocok adonan kedua. Cake pertama matang, masuklah cake kedua. Setelah matang, proses menunggu cakenya dingin. Bisa selonjoran sebentar dan bercengkrama sama keluarga. Sambil menyimpan alat-alat untuk mengocok whipping cream kedalam kulkas.

Cake sudah dingin, mulai diperciki sirup kopi. Terus mengocok whipping cream, mulailah membuat cake Tiramisunya. Alhamdulillah jadi juga membuat cake ulang tahun papa walaupun penampilannya biasa aja ya pa. Tapi jangan ditanya soal rasanya mmmmmm  nikmat sekali. Melihat dan mencium aroma cake ini membuat sudah tidak sabar ingin memakannya.

Nah begitulah kurang lebih cerita dibalik membuat cake ini. Kesimpulannya tidak jadi membawa Bolu Marmer Jadul ke arisan karena demi cake khusus suami tercinta. Saking penasaran sama obrolan temen-temen di milis NCC, Bolu Marmer Jaulnya dibuat sehari setelah ulang tahun suami. Disaat tiramisu sudah habis.

Enak loh tiramisu buatan Nur El cuma kurang cakep aja penampilannya tapi rasanya aduh sampai adik  saya ngetek kalo saya membuat tiramisu kirim-kirim ya ke dia. Ooooo pasti langsung saat cake dipotong dia yang pertama saya telponKU untuk mengambil bagiannya. Kalo kata mbak yang membantu dirumah cakenya kayak es krim. Anak-anaknya suka banget.

Untuk resep tiramisu saya sama seperti resep tiramisu saya sebelumnya hanya takarannya saya rubah, ini dia resep Tiramisu Nur El.



Bahan sponge cake putih:
1. Tepung terigu 120 gr.
2. Tepung maizena 10 gr.
3. Susu bubuk 10 gr.
4. Gula pasir 100 gr.
6. Margarin 100 gr.
7. Perisa vanila susu 1/2 sdt.
8. Telur ayam 8 butir.

Loyang: 2 buah loyang ukuran diameter 22 cm dan tinggi 7 cm.
Olesan loyang: margarin dan tepung terigu secukupnya.


Bahan sirup kopi:
1. Kopi bubuk merk kapal api 3 sdm.
2. Gula palm (palm suiker) 4 sdm.
3. Air 150 ml.

Bahan cheese whipping ream:
1. Anchor whipping cream 750 ml.
2. Mascarpone bubuk 150 gr (dari dalam kulkas).
3. Gula bubuk 150 gr.
4. Air es dan es batu secukupnya (untuk mengocok).


Taburan:1. Coklat bubuk 2 sdt.2. Kopi bubuk 1 sdt.3. Gula palm atau palm suiker 4 sdt.


Cara melelehkan margarin: bisa dilihat disini.

Cara membuat sirup kopi: Masak kopi, gula dan air dengan api kecil hingga larut dan mendidih. Angkat dari atas api, diamkan hingga dingin. Atau masukkan kopi dan gula kedalam gelas, tuangkan air yang panas. Auk-auk hingga gula larut. iamkan hingga dingin.

Cara membuat cheese whipping cream: Alat pengocok (kaki mikser), spatula, baskom besar, dan baskom kecil, disimpan didalam lemari es hingga dingin. Masukkan air es dan es batu kedalam baskom yang lebih besar. Sisihkan. Masukkan gula halus, mascarpone bubuk, dan whipping cream kedalam baskom yang kecil. Kocok pakai mikser dengan kecepatan sedang, hingga rata, lembut, dan kaku. Kalau belum mau dipakai harus dimasukkan kedalam kulkas.

Cara membuat sponge cake putih (1/2 resep):
1. Ayak tepung terigu, susu bubuk, dan tepung maizena. Sisihkan.
2. Olesi seluruh bagian dalam loyang dengan margarin lalu taburi dengan tepung terigu, tipis-tipis. Sisihkan.
3..Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius.
4. Kocok telur, gula pasir, dan perisa vanila susu, dengan kecepatan tinggi, hingga adonan mengembang, putih, dan kental (kalo diambil pake spatula akan berbentuk krucut dan kaku atau tidak menetes).
5. Turunkan ke kecepatan terendah (miyako-1). Masukkan campuran tepung dengan cara bertahap kedalam kocokan yang sudah mengental, jangan lama-lama.
6. Tuang margarin cair sambil terus diaduk dengan kecepatan terendah, jangan lama-lama. Matikan mikser, aduk balik adonan agar merata. Sebentar saja.
7. Masukkan kedalam loyang diameter 22 cm dan tinggi 7 cm. Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 15 menit atau hingga matang. Setelah matang keluarkan dari oven diamkan kurleb 5 menit didalam loyang, lalu keluarkan dari loyang dan letakkan di rak kawat. Diamkan hingga cake dingin dan siap untuk dihias.

Catatan:
1. Mikser yang saya pakai adalah mikser miyako yang standing jadi agar adonan didasar baskom ikut ke aduk, sesekali aduk kebalikan putaran baskomnya dengan menggunakan spatula.
2. Setelah masuk margarin, miksernya harus cepat-cepat dimatikan untuk menghindari hasil cake yang bantet setelah dipanggang. Setelah mikser dimatikan, apabila ternyata masih ada yang belum tercampur sempurna, lakukan aduk balik seperti melipat, tapi jangan lama-lama. Hasil adonannya pada saat dituang ke loyang akan terlihat berjejak. Contoh hasilnya bisa dilihat disini yah.
3. Tadi buatnya 1/2 resep, 2 kali.
4. Saya suka memanggang cake dengan resep ini selama 15 menit saja untuk menghasilkan cake yang lembut  tapi memang cakenya akan terlihat agak keriput tapi tidak bantat akan matang karena apabila dilakukan tes tusuk menggunkan tusuk gigi pasti sudah tidak ada yang menempel Kalau ingin lebih lama bisa sampai suhu 20 atau 25 derajat celsius. Jadi sesuaikan dengan selera.

Cara menghias:
Ambil cake yang pertama, olesi dengan sirup kopi dengan menggunakan kuas. Baik bagian atas maupun bawahnya. Letakkan diatas rak kawat. Lakukan sama pada cake kedua. Letakkan cake pertama pada alas cake. Olesi permukaannya dengan cheese whipping cream, ratakan. Letakkan cake yang kedua diatasnya. Olesi permukaan cake yang kedua dengan menggunakan cheese whipping cream lagi. Ratakan. Taburi dengan bahan taburan dengan menggunkan saringan hingga permukaan cake rata tertutup. Masukkan kedalam lemari es atau kulkas kurleb semalaman. Penyimpanan cake ini harus didalam lemari es atau kulkas agar whipping creamnya tidak meleleh.

Catatan: Ini pemakaian mascarpone bubuk untuk terakhir kalinya karena Nur El sudah memakai resep yang disini.