Sunday, February 17, 2013

SPONGE CAKE KEJU TANPA EMULSIFIER


Kalau mau jujur, saya sudah beberapa kali mencoba membuat resep sponge cake keju tanpa menggunakan emulsifier ataupun bahan tambahan pengembang kue lainnya. Sudah beberapa kali menyusun bahan-bahan untuk menjadikan sebuah resep sponge cake keju yang tidak menggunakan emulsifier. Tapi selalu saja berpinggang. Akhirnya inilah hasil yang paling baik untuk percobaan sampai saat ini. Ini dia resep sponge cake keju tanpa emulsifier ala Nur El.


Bahan:
1. Tepung terigu 100 gr.
2. Susu bubuk 20 gr.
3. Tepung maizena 10 gr.
4. Gula pasir 75 gr.
5. Margarin 80 gr.
6. Telur ayam 4 butir.
7. Keju cheddar parut 40 gr.
8. Perisa vanila susu 1/4 sdt.
9. Minyak sayur 1 sdm.

Taburan: Keju cheddar parut 20 gr.

Olesan untuk loyang: Margarin dan tepung terigu secukupnya.

Cara membuat:
1. Masukkan margarin kedalam wajan, lelehkan dengan menggunakan api kecil. Setelah meleleh dan panas, matikan api. Apabila masih ada margarin yang belum meleleh tidak apa-apa, aduk-aduk terus hingga semua meleleh. Diamkan hingga dingin.
2. Campurkan dalam satu wadah, tepung terigu, susu bubuk, dan tepung maizena. Aduk-aduk hingga merata. Lalu ayak. Sisihkan.
3. Ambil sedikit campuran tepung taruh dimangkuk. masukkan keju cheddar parut, aduk-aduk hingga merata.
4. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius selama 15 menit (tergantung oven masing-masing).
5. Masukkan gula pasir, telur ayam, dan perisa vanila susu kedalam baskom. Kocok dengan menggunakan mikser pada kecepatan tinggi. Karena saya menggunakan mikser miyako yang standing maka sesekali saya aduk dengan menggunakan spatula dengan arah yang berlawanan dengan arah putaran baskom. Untuk menjaga agar adonan dibagian dasar dapat ikut terkocok sempurna.
6. Siapkan loyang 26x10x6 cm dengan cara olesi bagian dalam loyang dengan margarin, tipis-tipis saja. Lalu taburi dengan tepung terigu, tipis-tipis juga.
7. Setelah adonan mengembang, berwarna putih, dan apabila adonan diambil dengan menggunakan spatula akan membentuk kerucut dan kaku. Maka turunkan kecepatan mikser menjadi kecepatan terendah. Masukkan campuran tepung secara bertahap, masukkan keju cheddar parut yang sudah dicampur dengan campuran tepung. Masukkan margarin yang sudah dicampurkan dengan minyak sayur. Matikan mikser. Lakukan aduk balik adonan hingga adonan merata. Tuang kedalam loyang, taburi dengan keju cheddar parut.
8. Masukkan kedalam oven dan panggang dengan suhu 175 derajat celsius selama 35-40 menit.
9. Keluarkan dari oven dan iamkan alam loyang kurleb 5 menit. Lalu keluarkan dari loyang dan letakkan diatas rak kawat hingga uap panasnya hilang.