Thursday, February 21, 2013

CAKE COKLAT TEPUNG TAPIOKA WIJEN


Cake ini dibuat tanpa menggunakan margarin, telur, tepung terigu, dan mikser. Resep cake coklat tapioka yang original sudah pernah saya tulis disini baik yang menggunakan minyak sayur ataupun yang menggunakan olive oil. Untuk kali ini saya memakai minyak sayur dan menambahkan wijen kedalam resepnya. Maka jadilah Cake  Coklat Tepung Tapioka Wijen, yang doyan coklat harus mencoba cake ini. Satu cup gak cukup deh...:) Itu kata yang pernah mencoba baik membeli ataupun saya kasih secara cuma-cuma (he he he). Pasti bilangnya lebih enak dari pada brownies.



Foto dibawah ini adalah penampakan Cake Coklat Tapioka yang original.


Ini dia resep Cake Coklat Tepung Tapioka Wijen Nur El.
Bahan:
1. Tepung tapioka 115 gr.
2. Gula halus 110 gr.
3. Gula palm (palm suiker) 80 gr.
4. Coklat bubuk 35 gr.
5. Soda kue 1/4 sdt (peres).
6. Baking powder 1 1/2 sdt (peres).
7. Chocolate chip 20 gr.
8. Wijen 20 gr.
9. Minyak sayur 120 ml.
10. Santan instan 240 ml.

Taburan: Wijen 2 gr.

Cara membuat:
1. Panaskan oven pada suhu 190 derajat celsius, kurang lebih 15 menit.
2. Siapkan loyang muffin dengan lubang 12. Siapkan 12 kertas mangkuk (Diva Cake Cases, size: d 10,5 cm Base: 5,2 cm). Letakkan kertas mangkuk kedalam tiap lubang loyang. Sisihkan.
3. Campurkan dalam satu wadah, minyak sayur dan santan instan. Aduk menggunakan balloon whisk atau pengaduk kawat berbentuk balon. Sisihkan.
4. Campurkan dalam satu wadah, tepung tapioka, gula halus, gula palm, coklat bubuk, soda kue, dan baking powder,. Aduk hingga merata. Masukkan chocolate chip dan wijen. Aduk hingga merata. Masukkan campuran santan dan minyak sayur. Aduk cepat dengan menggunakan balloon whisk. Tuang kedalam loyang dengan menggunakan senok es krim. Taburi dengan wijen.
5. Masukkan kedalam oven dan panggang selama 20 menit dengan suhu 190 derajat celsius. Letakkan dirak tengah, seperti memanggang muffin.
6. Angkat dan diamkan didalam loyang kurang lebih 5 menit atau hingga uap panasnya hilang. Pindahkan ke rak kawat dan diamkan hingga dingin, siap disantap.

Catatan:
1. Jangan menggantikan santan instan dengan susu cair dan air apabila ingin mendapatkan tekstur cake yang bagus.
2. Santan instan yang dimaksud seperti merk Sun Kara, Kara, dan sejenisnya.
3. Cake ini memiliki tekstur yang bagus apabila cake ini sudah dingin.
4. Apabila sudah dingin simpan dalam wadah tertutup.