Wednesday, February 20, 2013

BOLU MARMER JADUL IBUNYA MBAK MIA INDRIASARI



Resep ini sempat berseliweran dimilis NCC. Resep warisan dari ibunya mbak Mia Indriasari. Saya penasaran sama tehnik ngocoknya. Walaupun secara logika saat mengocok semua bahan kecuali blueband cair pasti akan mengembang karena diresep tertulis menggunakan SP (salah satu jenis emulsifier, untuk lebih mengetahui apa itu emulsifier bisa dibaca di arsip blog NCC ). 


Sudah lama sekali, setiap membuat bolu tidak pernah menggunakan emulsifier. Jadi tidak ada persediaan deh. Setelah membeli SP barulah resepnya diuji coba. Hasilnya bolu ini terasa sekali margarinnya tapi tidak eneg. Teksturnya lembut. Pastinya kelembutan bolu yang menggunakan emulsifier dengan yang tidak menggunakan beda. Dari penampakannya saja bisa terlihat dengan jelas (cuma sulit buat saya menjelaskan dalam tulisan). Apabila dilihat ari resep terlihat jelas kandungan gula yang banyak, yang akan menghasilkan rasa bolu yang manis. Akhirnya bolu ini saya oles dengan butter cream instan dari Hollmann yang ada tulisan Ready to use lalu ditaburi keju cheddar parut untuk mengurangi rasa manisnya. Jujur nih, kirain butter cream mix yang dikeluarkan oleh Hollmann sudah merupakan butter cream instan. Ternyata ada yang lebih instan lagi tanpa harus dikocok dan ditambahkan bahan-bahan yang lain. Semakin mempermudah saja nih. Hasilnya bolu ini dimakan oleh suami saya lebih dari satu. Karena biasanya suami saya tidak menyukai cake yang banyak mengandung margarin (yang berjenis butter cake). Tapi tetap pesen beliau, kalau bisa jangan pakai emulsifier  ya yang kayak biasanya saja. Sesekali boleh pakai tapi kalo bisa tidak usah. OK BOS..:) 
Ini saya catat resep warisan ibu mbak mia, untuk jadi catatan buat saya. Biar gak susah nyari kalo kangen resep warisan ibunya mbak Mia. Terima kasih resepnya mbak Mia.

Resep Bolu Marmer Jadul Ibunya Mbak Mia yang dikirim ke milis NCC:


Kuning telor 8, putih telor 5, gula pasir 1gelas, terigu 1 1/2 gelas, sp 1/2 sdt, blueband 300 gram. pasta coklat
Cara membuat:
Blueband dilelehkan sisihkan, lalu semua bahan dikocok sampai kental dan mengembang kurang lebih 15 menit. Masukan blueband cair aduk rata, ambil sedikit adonan dan tambahkan pasta coklat aduk rata, tuang adonan putih lalu tuang adonan coklat bentuk motif marmer dengan garpu, panggang sampai matang. Pake loyang tulban.


Nah, saya pakai konversi Ukuran Gelas Belimbing yang didapat dari Mbak Ika dimilis NCC adalah:

1 gelas tepung terigu = 130 gr
1 gelas gula pasir = 230 gr
1 gelas gula halus = 180 gr
1 gelas mentega = 210 gr
1 gelas air/ susu encer = 250 cc


Resep bolu marmer jadul ibunya mbak mia versi Nur El:


Bahan:

1. Kuning telur 8 dari 8 butir telur ayam.
2. Putih telur 5 dari 5 butir telur ayam.
3. Gula pasir 230 gr.
4. Tepung terigu 195 gr.
5. SP 1/2 sdt.
6. Margarin 300 gr.
7. Pasta coklat black forest 1/2 sdt.
8. Perisa vanila susu 1/2 sdt.

Olesan loyang: margarin dan tepung terigu secukupnya.

Loyang bulat yang dipakai berukuran: diamater 22 cm dan tingginya 7 cm.

Cara membuat:

1.  Masukkan margarin kedalam panci alumunium atau boleh juga wajan. Nyalakan api kecil. Sambil diaduk-aduk hingga margarin meleleh. Saat margarin sudah sebagian meleleh dan sudah panas tapi masih ada margarin yang belum meleleh. Matikan api, aduk-aduk agar semua margarin meleleh. Diamkan hingga dingin.
2. Siapkan loyang, oles dengan margarin tipis-tipis lalu taburi dengan tepung terigu tipis saja. Caranya adalah sebagai berikut, taburi bagian dasar loyang dengan tepung terigu. Putar-putar agar merata. Balik loyang, tepuk-tepuk. Sisihkan.
3. Panaskan oven 150 derajat celsius selama 15 menit (tergantung oven masing-masing). Suhu ini saya pakai agar bolu marmernya tidak pecah dipermukaannya (ini salah satu saran bu Fatmah dimilis).
4. Masukkan semua bahan kedalam baskom kecuali margarin dan pasta coklat black forest. Kocok dengan menggunkan mikser kecepatan rendah. Setelah semua merata naikkan kekecepatan mikser tertinggi. Kocok hingga mengembang, putih, dan mengkilat (kurang lebih 15 menit). 
5. Turunkan kecepatan mikser kekecepatan terendah. Masukkan margarin cair sambil diaduk sebentar hingga margarin cair masuk semua kebaskom. Matikan mikser. Lakukan aduk balik sebentar hingga margarin merata kedalam adonan.
6. Ambil 1 cangkir adonan, beri pasta coklat. Aduk balik hingga merata.
7. Tuang adonan putih kedalam loyang. Lalu tuang adonan coklat kedalam loyang dengan menggunakan sendok makan diatas adonan putih. Tuangnya sambil digoyang-goyangkan sendoknya mengelilingi loyang. Ambil garpu, masukkan hingga hampir kedasar loyang lalu aduk-aduk agar bagian dalam  bolu membentuk motif marmer.
8. Masukkan kedalam oven lalu panggang dengan suhu 150 derajat celsius selama 45-50 menit atau hingga matang. Lakukan test tusuk menggunakan tusuk gigi. Apabila sudah tidak ada yang menempel pada tusuk gigi berarti sudah bolu sudah matang.

Ini penampakan Hollmann butter cream instan yang saya maksud: