Friday, February 15, 2013

BLACK FOREST UNTUK RAZAAN (dengan Whipping Cream)


Black Forest dengan whipping cream ini saya buat untuk syukuran Razaan yang sedang berulang tahun pada tahun ini. Seperti biasa dalam keluarga besar kami, bila ada yang berulang tahun tidak ada perayaan besar-besaran. Hanya sederhana saja. Kumpul dirumah mama saya, makan bersama dan berdo'a bersama.


Tahun ini tepat saat Razaan berulang tahun ternyata bertepatan dengan arisan bersama teman-teman yang satu jurusan dan satu angkatan saat dulu saya kuliah. Terlanjur sudah bilang iya, jadi syukuran Razaan dilakukan dirumah nenek (mama saya) saat setelah sholat magrib.

Cake ini dibuat sehari sebelum hari ulang tahun Razaan. Paginya kami pergi keluar belanja untuk membuat cake ultah Razaan. Padahal kaki papa lagi sakit, tapi seperti biasa suami saya tidak pernah mengizinkan istrinya pergi keluar sendirian selagi beliau masih mampu mengantarkan. Sampai rumah kurang lebih jam 5 sore. Langsung masuk dapur membuat makan malam dan persiapan membuat puding roti untuk dibawa kearisan (tahap perendaman roti, resepnya bisa dibaca disini). Alhamdulillah Rafif dan Razaan sudah bisa mandi sendiri. Walaupun sehari-hari Razaan masih sering minta dimandiin, ya tidak apa-apa karena dia belum sekolah. Saya minta suami untuk tidur dahulu dan meregangkan kakinya.

Selesai sholat maghrib semua makan malam, Rafif dan Razaan makan bersama Papa. Saya mulai mengolah puding roti dan memanggangnya. Sambil menunggu puding roti matang, saya mencuci piring dan mempersiapkan membuat cake dasar untuk membuat black forest. Sepuluh menit menjelang puding roti matang, saya mulai mengocok cake dasar pertama. Alhamdulillah pakai mikser Miyako Standing. Jadi bisa disambi sambil mengurus Jihan. Tadinya mau menghias black forestnya pagi-pagi tapi tidak jadi takut besok pagi repot. Jadi dihiaslah saat malam hari dan alhamulillah sebelum jam 24.00 semua sudah selesai termasuk mencuci piring.

Kebayang kerepotan yang terjadi ya, makanya black forestnya dihias seadanya. Tapi alhamdulillah kata Rafif dan Razaan bagus. Yah namanya anak-anak, apapun hasil buatan mamanya pasti dibilang bagus. Tadinya saya sudah niat untuk membeli saja kue ulang tahun untuk Razaan. Karena kalau harus menghias yang bagus kayaknya tidak sempat, Jihan sudah tidak bisa diam. Suka manjat dan mengacak-ngacak prabotan didapur dan disemua ruangan.. Tetapi papa bilang tidak apa-apa dihias yang biasa saja. Karena anak-anak pastinya lebih suka kue buatan mamanya. Jadilah sehari sebelum Razaan berulang tahun kami belanja kebutuhan untuk membuat kue.

Ini dia resep black forest untuk Razaan ala Nur El.


Bahan:
1. Tepung terigu 85 gr.
2. Coklat bubuk 35 gr.
3. Susu bubuk 15 gr.
4. Tepung maizena 15 gr.
5. Perisa vanila susu 1/4 sdt.
6. Telur 4 butir.
7. Gula pasir 150 gr.
8. Minyak sayur 160 gr.

Sirup gula (bikin 2 kali resep):
1. Gula pasir 100 gr.
2. Air 100 ml.

Isian dan lapisan cake:
1. Selai strawberry secukupnya.
2. Whipping cream, bahan:
2.1. Anchor whipping cream 500 ml.
2.2. Gula halus 100 gr.
2.3. Air es dan es batu secukupnya (untuk membantu dalam pengocokan whipping cream).

Hiasan cake:
1. Dark Cooking Chocolate (DCC) 380 gr (ada yang hanya dipotong-potong saja dan ada yang diserut menggunakan parutan kentang).
2. Chacha milk chocolate-Delfi secukupnya.



Olesan loyang: margarin dan tepung terigu secukupnya.

Cara membuat:
A. Cake
1. Ayak tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan coklat bubuk. Sisihkan.
2. Olesi seluruh bagian dalam loyang dengan margarin (tipis-tipis), lalu tarburi dengan tepung terigu (tipis-tipis).Sisihkan.
4. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius, kurleb 15 menit (tergantung oven masing-masing).
5. Kocok telur, gula pasir, dan perisa vanila susu dengan menggunakan mikser pada kecepatan tinggi sampai  adonan mengembang, putih, dan kental (apabila diambil pake spatula akan berbentuk kerucut dan kaku atau tidak menetes).
6. Turunkan ke kecepatan terendah. Masukkan campuran tepung dengan cara bertahap kedalam kocokan yg sudah mengental.
7. Tuang minyak sayur sambil terus diaduk dengan menggunakan mikser pada kecepatan terendah (jangan lama-lama). Lalu matikan mikser. Lakukan aduk balik adonan dengan menggunakan spatula hingga tercampur merata.
8. Masukkan kedalam loyang berdiameter 22 dan tinggi 7 cm. Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 30 menit atau hingga matang.
9. Setelah matang keluarkan dari oven diamkan kurleb 5 menit didalam loyang, lalu keluarkan dari loyang. letakkan di rak kawat. Diamkan hingga cake dingin dan siap untuk dihias.

Catatan:
1. Mikser yg Nur El pakai mikser miyako yg standing jadi agar adonan didasar baskom ikut ke aduk, sesekali aduk kebalikan putaran baskomnya dengan menggunakan spatula.
2. Lama mengocok adonan hingga kental kurang lebih 20 menit.


Cara mengocok whipping creamAlat pengocok (kaki mikser), spatula, baskom besar, dan baskom kecil, disimpan dilemari es hingga dingin. Masukkan air es dan es batu kedalam baskom besar. Masukkan whipping cream dan gula halus kedalam baskom kecil, kocok hingga mengembang, dengan menggunakan mikser kecepatan sedang hingga rata, lembut, dan kaku. Kalau belum mau dipakai harus dimasukkan kedalam kulkas dahulu.

Cara membuat simpel sirup: Masak gula dan air dengan api kecil hingga larut dan mendidih. Angkat dari atas api, diamkan hingga dingin.

Cara menghias cake:
1. Setelah cake dingin, belah cake menjadi 2 bagian. Ambil 1 bagian cake, olesi dengan simpel sirup baik bagian atas maupun bagian atasnya. Letakkan diatas rak kawat, ambil lagi cake yang kedua perlakukan seperti cake pertama.
2. Letakkan cake pertama diatas alas cake, oles dengan whipping cream, ratakan. Beri selai strawberry diatas whipping cream, ratakan. Ambil cake yang kedua letakkan diatasnya. Tekan sedikit. Oles bagian atas dan samping cake dengan whipping cream, ratakan. Lap pinggiran alas cake yang terkena whipping cream. Tempelkan DCC yang sudah dipotong-potong dibagian samping cake. Taburi bagian atas dengan DCC yang sudah diparut dengan parutan kentang. Taburi dengan Chacha Milk Chocolate-Delfi. Masukkan kedalam lemari es. Penyimpanan cake ini harus dimasukkan kedalam lemari es.

Catatan:
1. Sebaiknya menaburkan Chacha Milk Chocolate-Delfi saat cake akan disajikan agar warnanya tetap cantik dan tidak pudar.