Friday, December 28, 2012

PUDING KEJU MASCARPONE MARIE RASPBERRIES


Puding ini dibuat karena punya mascarpone yang kadaluarsanya diakhir bulan desember 2012. Punya biskuit marie yang tidak laku sama anak-anak dan bapaknya. Ditambah Rafif pas ke Carre4 minta dibeliin Raspberries yang rasanya asem, alhasil tidak laku juga. Jadi disulaplah yang tidak laku-laku menjadi puding yang nikmat. Manis, asem, gimana gitu rasanya. Nah untuk mengurangi rasa asemnya, puding ini harus disantap dengan vlanya. Karena mengunakan vla yang manis, maka puding ini dibuat tidak terlalu manis. Ini dia resep asal cemplang-cemplung Nur El.

Bahan puding:
1. Biskuit marie 80 gr, hancurkan.
2. Raspberries 96gr, cuci bersih, tiriskan.
3. Agar-agar bubuk tanpa rasa dan warna 7 gr (1 bungkus).
4. Gula pasir 130 gr.
5. Keju Mascarpone merk Yummy 250 gr.
6. Air 900 ml.

Bahan vla palm suiker:
1. Susu cair UHT 300 ml.
2. Gula palem 1 sdm (teksturnya seperti gula pasir).
3. Gula pasir 2 sdm.
4. Tepung maizena 1 3/4 sdm.

Cara membuat puding:
1. Susun rapberries didasar cetakan puding.
2. Masukkan biskuit marie yang sudah dihancurkan, agar-agar bubuk, gula pasir, keju mascarpone, dan air kedalam panci. Aduk-aduk hingga merata. Nyalakan api. Masak hingga mendidih sambil sesekali diaduk-aduk.. Matikan api. Tuang sedikit kedalam cetakan puding. Jangan sampai raspberriesnya mengapung. Diamkan hingga mulai mengeras (apabila ditekan permukaannya masih lentur tetapi tidak cair). Panaskan lagi adonan puding sisanya, sambil diaduk-aduk. Tuang pelan-pelan (sedikit-demi sedikit) kedalam cetakan yang sudah berisi raspberries dan sedikit adonan puding. Bisa dengan menggunakan sendok sayur, pelan-pelan agar puding yang mengikat raspberries tidak hancur.
3. Diamkan hingga uap panasnya hilang. Lalu simpan dialam lemari es. Sajikan dingin bersama dengan vlanya.

Cara membuat vla: Campur semua bahan vla didalam panci, aduk-aduk hingga merata. Nyalakan api. Masak hingga mengental sambil terus diaduk dengan cepat agar tidak menggumpal dan vlanya bisa licin. Jangan panik dan bingung, ambil saringan halus. Saring vla. Maka akan diperoleh vla yang lembut dan licin.