Friday, December 7, 2012

BISKUIT ALMOND TEPUNG PANIR


Biskuit ini merupakan biskuit percobaan untuk menghabiskan putih telur dan tepung panir (tepung roti). Berhubung punya almond maka dicampurlah semuanya. Rasanya manis dan gurih. Yang pasti biskuit ini renyah. Nur El simpan dalam wadah tertutup selama 2 minggu, hasilnya masih renyah. Kalau tidak disimpan khusus untuk suami tercinta pasti sudah habis sama Rafif dan Razaan. Karena baru keluar dari oven saja mereka sudah siap-siap mengambilnya. Dan setelah biskuitnya dingin langsung disantap  tanpa berhenti. Biskuit ini juga dijadikan bekal untuk Rafif  kesekolah. Dan saat Rafif pulang, biskuit ini habis, ludes, tak tersisa didalam kotak kuenya.


Ini dia resep Biskuit Almond Tepung Panir Nur El.


Bahan:
1. Putih telur 100 gr.
2. Susu bubuk rasa vanila 30 gr.
3. Gula halus 100 gr.
4. Margarin 200 gr.
5. Tepung panir kasar warna orange bercampur putih 130 gr.
6. Kacang almond yang sudah diiris tipis 90 gr.
7. Vanila perisa susu 1/4 sdt (merk L'arome).
8. Soda kue 2 gr.

Cara membuat:
1. Panaskan oven 175 derajat celsius, kurleb 15 menit. Letakkan almond diatas loyang kue kering yang sudah dialasi kertas roti, ratakan. Panggang kurleb 2 menit, hingga tercium aroma almond. Matikan oven Diamkan hingga dingin. Lalu haluskan dengan menggunakan ulekan (sesuai selera, kalo Nur El sampai halus tapi tidak seperti bubuk).  Sisihkan.
2. Campurkan tepung panir, kacang almond yang sudah dihaluskan, susu bubuk, soda kue, dan vanila perisa susu, aduk hingga merata. Sisihkan.
3. Dimangkuk yang lain kocok margarin hingga berwarna pucat, masukkan gula halus. Kocok hingga mengembang. Masukkan putih telur, kocok hingga merata. Lalu masukkan  campuran tepung. Kocok hingga merata dengan masih menggunakan mikser.
4. Panaskan oven pada suhu kurang dari atau sama dengan 150 derajat celsius (seperti suhu saat memanggang kue kering lainnya, tergantung oven masing-masing) selama kurleb 15 menit .
5. Ambil adonan dan masukkan kedalam plastik segitiga. Lalu ikat agar tidak tumpah. Lalu gunting ujungnya yang lain kurlen 1,5 - 2 cm. Semprotkan diatas loyang kue kering. Beri jarak kurleb 10 cm, karena adonannya akan melebar saat dipanggang.Masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 10-15 menit. Hingga pinggir biskuit berwarna coklat karamel dan bagian tengahnya berwarna keemasan. Saat baru keluar dari oven biskuit ini masih lembek tapi setelah uap panasnya hilang biskuit ini menjadi renyah.