Monday, November 19, 2012

BOLA-BOLA COKLAT BERLAPIS COKLAT (biskuit marie)




Judulnya masih ketagihan dengan bola-bola coklat. Tadi siang sepulang sekolah Rafif sudah membantu Nur El membuat bola-bola coklat ini. Tetapi susu kental manis yang dipakai berwarna putih (ini permintaan Rafif). Saat dibaluri dengan meises kok hasilnya jelek banget. Akhirnya Nur El mencairkan DCC dan melapisi bola-bola biskuit itu dengan DCC tersebut. Jadi cantik deh. Seperti biasa bola-bolanya habis dengan cepat, jadi Nur El membuat yang baru untuk dijadikan bekal Rafif kesekolah. Oh iya foto diatas foto saat coklat sudah dimasukkan kedalam kulkas, jadi embunnya terlihat.Ini dia Bola-bola Coklat Berlapis Coklat Nur El.


Bahan:
1. Biskuit Marie 160 gr.
2. Susu Kental Manis (SKM) rasa coklat 220 gr.
3. Meises warna-warni 100 gr.
4. Dark Cooking Chocolate (DCC) 140 gr.
5. Coklat berwarna orange 34 gr.

Cara membuat:
1. Letakkan biskuit marie didalam baskom lalu hancurkan dengan menggunakan ulekan. Lakukan hingga remahannya halus.


2. Potong-potong DCC dan coklat berwarna orange, masukkan kedalam alat untuk mencairkan coklat, dimana didalam wadah tersebut sudah diberi air panas pada bagian bawahnya (untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini).
3. Masukkan SKM kedalam baskom yang berisi biskuit marie, sedikit demi sedikit sambil diuleni dan merata Masukkan adonan kedalam kulkas sampai mudah untuk dibentuk.Keluarkan adonan, buat  seperti bola. Apabila adonan lembek lagi maka masukkan kembali adonan bola-bola kedalam kulkas. Setelah itu baru masukkan 1 adonan kedalam mangkuk yang berisi DCC, sambil dituangi coklat dengan menggunakan sendok. Letakkan diatas garpu, biarkan coklatnya menetes dahulu diatas mangkuk. Lalu letakkan diatas loyang kering yang sudah dialasi kertas roti. Dorong dengan menggunakan garpu yang lain. Lakukan hingga adonan terlapisi coklat semua.



4. Masukkan kedalam kulkas dibagian  freezer hingga coklat tidak lengket lagi.
5. Masukkan coklat berwarna orange kealam plastik segitiga, ikat bagian ujungnya agar tidak tumpah. Gunting ujung yang lain. Keluarkan bola-bola coklat dari dalam  freezer, semprotkan coklat orange diatasnya. Setelah semua dihias, masukkan kedalam kulkas hingga coklat tidak lengket lagi.



Jadinya 16 bola-bola coklat berlapis coklat.