Wednesday, October 31, 2012

PISANG GORENG RENYAH DAN GARING


Terkadang kita ingin menyantap pisang goreng renyah dan garing ala abang-abang tukang gorengan pingir jalan tetapi dibuat oleh kita sendiri. Nah mumpung punya soda kue, Nur El kasih tahu resepnya yah. Kok harus punya soda kue? Karena yang membuat renyah dan garing adonan tepung yang menempel pada pisang goreng adalah soda kue. Sama seperti membuat ayam goreng kentucky renyah dan garing ala Nur El ituloh. Hati-hati, jangan terlalu banyak memakai soda kuenya yah, bisa-bisa bukannya renyah malah keras kayak batu he he he. Oh iya resep ini juga tanpa menggunakan telur.


Bahan:
1. Pisang kepok yang sudah matang 9 buah.
2. Air 230 ml.
3. Tepung terigu 9 sdm.
4. Tepung beras 3 sdm.
5. Vanili bubuk 1/4 sdm.
6. Soda kue 1/4 sdm.
7. Gula pasir 1 sdm munjung.
8. Garam 1/3 sdm.
9. Minyak goreng.

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung beras, vanili bubuk, soda kue, gula pasir, dan garam. Aduk-aduk hingga merata. Masukkan air sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang kita inginkan (berpengaruh keketebalan atau ketipisan adonan tepung yang menempel pada pisang). Aduk-aduk hingga tidak ada yang menggumpal atau hingga licin.Diamkan kurleb 1 jam atau hingga adonan tepung menyatu.
2. Kupas pisang kepok, belah buat menjadi kipas.
3. Panaskan minyak sayur, aduk-aduk adonan tepung lalu celupkan pisang. Masak dengan api sedang dan minyak banyak hingga pisang tenggelam. Setelah berwarna kecoklatan dan matang bisa diangkat dan ditiriskan minyaknya.
4. Siap disantap hangat-hangat.

Catatan:
1. Pisang goreng ini masih renyah walaupun sudah dingin.
2. Pilih pisang yang sudah matang agar tidak perlu penambahan gula pasir yang banyak, karena sudah manis dari pisangnya sendiri.