Wednesday, October 24, 2012

PERKEDEL KENTANG DAN KORNET SAPI


Setelah sekian lama menulis resep, baru sadar resep perkedel kentang Nur El belum pernah ditulis. Baru sadar saat kebagiaan tugas dari sekolah Rafif untuk membuat perkedel. Yang akan disajikan saat perpisahan sekolah. Masing-masing wali murid kebagiaan membawa sesuatu yang sudah disepakati bersama. Semua akan dikumpulkan didalam kelas Rafif yang akan diletakkan diatas meja saji dan yang pasti disantap bersama-sama dengan murid, wali murid, dan wali kelas. Pada kenyataannya bukan hanya murid, wali murid, dan wali kelas saja, tetapi sekuriti,  OB, si mbak, dan masih banyak lagi juga ikut menyantap karena makanannya melimpah. Nur El tidak tahu akhir dari ceritanya karena harus segera pulang untuk mengurus E-KTP.


Nah ini dia resep perkedel ala Nur El. Berhubung saat memasak banyak sekali (untuk dibawa kesekolah dan untuk simpanan dirumah) jadi resepnya kelas berat nih..he he he. Oh iya didalam resep ini tidak menggunakan daun bawang karena yang akan menyantap anak-anak jadi Nur El menghindari hal-hal yang membuat anak-anak tidak suka menyantapnya.

Bahan:
1. Kentang 4,060 kg.
2. Minyak sayur.
3. Kornet sapi 385 gr.

Bumbu:
1. Bawang putih 9 siung.
2. Bawang merah 9 siung, iris-iris, lalu goreng hingga harum dan berwarna keemasan.
3. Lada butiran 1 sdm peres.
4. Garam 4 1/2 sdt.

Untuk celupan: Telur ayam 2-3 butir.

Cara membuat:
1. Kupas kentang lalu potong-potong menjadi 8 atau 12 bagian. Masukkan kedalam baskom yang sudah berisi air. Agar kentang tidak berubah warna menjadi kehitaman. Sisihkan.
2. Panaskan minyak sayur, ambil kentang yang sudah ditiriskan lalu goreng dengan api sedang hingga berwarna keemasan atau matang. Bagian dalamnya sudah lembut. Lakukan hingga semua habis tergoreng.
3. Sambil menunggu kentang selesai digoreng. Haluskan lada butiran, bawang putih, garam, dan bawang merah yang sudah digoreng. Sisihkan.
4. Haluskan kentang (diulek hingga halus), masukkan kedalam wadah. Campurkan kentang, kornet sapi dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk hingga merata. Bentuk adonan dengan menggunakan sendok makan. Masukkan kedalam wadah. Lakukan hingga selesai. Sisihkan.
5. Panaskan minyak sayur. Ambil adonan perkedel yang sudah dibentuk, celupkan kedalam telur ayam yang sudah dikocok lepas. Masak dengan api sedang hingga matang dan berwarna coklat keemasan. Siap disantap.

Catatan:
1. Apabila perkedel ini akan disajikan besok pagi, anda bisa membuatnya hari ini disiang hari. Setelah perkedel terbentuk (no.urut 4), masukkan dalam wadah tertutup dan simpan didalam lemari es. Besok harinya tinggal dikeluarkan dari kulkas lalu dicelupkan dalam telur yang sudah dikocok lepas lalu digoreng.
2. Menurut Nur El lebih enak mencelupkan dengan 1 telur utuh daripada dengan hanya menggunakan putih telurnya saja. Karena rasa perkedelnya akan lebih gurih apabila menggunakan 1 telur utuh (putih dan kuning telur dipakai semua) untuk dijadikan bahan pencelup.
3. Kentangnya lebih enak digoreng dahulu daripada direbus ataupun dikukus.
4. Jadi 72 perkedel...ha ha ha...kalo dirumah habis sekejap...ha ha ha