Friday, March 9, 2012

TAHU GORENG ISI SAYURAN


Suami, Nur El, dan anak-anak suka sekali sama tahu. Ini salah satu resep tahu Nur El, Tahu Goreng Isi Sayuran. Isiannya tidak kenyal hanya sedikit kenyal dan basah-basah saja. Bagian luar tahu goreng ini garing tidak lembek. Kalau lagi ada tepung beras didapur, resep celupan ini juga bisa dipakai untuk menggoreng  ubi, pisang, ataupun tape.

Bahan:
1. Tahu coklat berbentuk segitiga tapi tidak kopong dibagian dalamnya 16 buah. Bisa diganti pakai tahu yang berwarna putih.
2. Minyak sayur yang banyak.

Bahan pencelup:
1. Tepung terigu 100 gr.
2. Tepung beras 100 gr.
3. Air 200 ml.
4. Garam 1 sdt.

Isian:
1. Wortel 96 gr, iris-iris dengan ketebalan 3-4 cm.
2. Toge 100 gr, buang kulit kecambah yang berwarna hijau dan cuci bersih.
3. Daun bawang 45 gr, iris-iris.
4. Daun seledri 6 gr, iris-iris.
5. Bawang merah 7 siung, iris-iris.
6. Bawang putih 1 siung, iris-iris.
7. Lengkuas 1 ruas ibu jari kaki, geprek.
8. Daun salam 1 lembar.
9. Air 200 ml.
10. Tepung terigu 30 ml.
11. Lada bubuk 1/4 sdm.
12. Garam 1/3 sdm.

Cara membuat:
A. Isian:
1. Panaskan minyak sayur, masukkan bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, secara bertahap . Setelah harum masukkan wortel, toge, daun bawang, dan daun bawang seledri. Masukkan garam dan lada bubuk, aduk-aduk agar merata.
2. Campurkan tepung terigu 30 gr dengan air 100 ml, aduk hingga licin. Tuangkan kdalam tumisan sayuran. Tambahkan 100 ml air. Aduk-aduk hingga mengental. Angkat dan siap dipakai untuk isian tahu. Perlu diingat sayurannya masih setengah matang.
B. Tahu goreng isi sayuran:
1. Masukkan tepung beras, tepung terigu, dan garam kedalam mangkuk. Aduk-aduk. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin. Setelah mendapatkan kekentalan yang diinginkan, hentikan penambahan air.
2. Panaskan minyak sayur yang banyak.
3. Ambil tahu yang sudah disobek bagian tengahnya, masukkan isian kedalam tahu sambil agak didorong kedalam tahu, lalu celupkan kedalam adonan celupan. Masukkan kedalam minyak sayur yang sudah panas. Goreng tahu hingga kecoklatan. Lakukan hingga adonan habis. Siap disajikan hangat.