Sunday, March 25, 2012

SPICY WINGS ALA NUR EL



Alhamdulillah akhirnya bisa menemukan komposisi dan cara memasak yang dapat menghasilkan spicy wings yang sesuai selera. Mungkin menurut banyak orang mudah membuatnya tapi buat Nur El sulit. Dari mulai komposisi bahan, misalkan apabila terlalu banyak memasukkan saus tomat, saus sambal, gula pasir ataupun kecap bisa membuat spicy wings ini cepat gosong. Akhirnya untuk membuat pedas, Nur El gunakan paprika bubuk. Pernah pakai cabe bubuk kok kurang kena pedasnya padahal sudah banyak dituang keadonan (apa harus pakai merk yang beda yah). Pakai cabe segar juga pernah tapi karena nguleknya kurang harus jadi saat digoreng ada yang menempel biji-bijinya. Untuk membuat manis rasa spicy wings ini, Nur El pakai tambahan gula merah agar warnanya tetap bagus dan manisnya pas.


Spicy wing  yang Nur El inginkan adalah yang memiliki tekstur daging yang empuk dan lembut. Percobaan yang dilakukan mulai dari mengungkep sayap-sayap ayam dengan bumbu mentah baru kemudian digoreng (dengan mengganti-ganti komposisi bumbu). Nah dalam percobaan-percobaan yang belum hilang adalah bau amis ayamnya, padahal pernah ada juga percobaan dimana ayam pertama kali diungkep dengan jeruk nipis dan garam. Juga dengan cara memasak sayap-sayap ayam dengan bumbu. Baik bumbu digoreng dahulu ataupun tanpa digoreng dahulu. Nah beberapa kali mencoba akhirnya didapat komposisi bahan seperti dibawah ini. Oh iya apabila tidak mempunyai kecap inggris bisa tidak dipakai tetapi kecap inggris memberikan aroma dan cita rasa yang berbeda.

Bahan:
1. Sayap ayam 12 buah (belah menjadi 2 bagian, ujungya yang runcing tidak dipakai).
2. Air 600 ml.
3. Minyak sayur.

Bumbu:
1. Paprika bubuk 3 sdm munjung.
2. Jahe 1 ruas jari telunjuk,  geprek.
3. Bawang putih 3 siung, cincang kasar.
4. Kecap manis 1 sdm.
5. Kecap inggris 1 sdm.
6. Lada hitam bubuk 1/3 sdm.
7. Gula merah 35 gr, sisir.
8. Garam 1/2 sdm.
9. Gula pasir 1 1/2 sdm.
10. Daun jeruk purut 2 lembar.
11. Saus tomat 1 sdm.
12. Saus sambal 1 sdm.

Cara membuat:
1. Masak air dalam panci hingga mendidih. Masukkan bumbu, aduk-aduk hingga merata. Masukkan sayap-sayap ayam. Masak hingga kuah mengental dengan api besar. Matikan api. Agar bumbu lebih meresap kedalam daging sayap ayam, diamkan dahulu kurleb 5 - 6 jam.
2. Panaskan minyak sayur, masukkan ayam dan masak tidak usah lama-lama hanya hingga warnanya lebih coklat lagi, dengan api sedang. Angkat siap untuk disajikan.

Catatan:
1. Resep spicy wings ini bisa juga dipanggang dengan menggunakan oven pada suhu 175 derajat celsius selama kurleb 5 - 10 menit. Tapi memang lebih enak dipanggang dari pada digoreng.
2. Apabila ingin disimpan lebih lama lagi bisa dimasukkan kedalam freezer.

3. Kenapa enak dipanggang memakai oven daripada digoreng:
A. kalo dipanggang spicy wingsnya tidak berminyak.
B. kalo dipanggang bumbunya lebih menempel, walaupun apabila spicy wings ini digoreng tetap terasa nikmat.


Dipanggang diteflon atau happycall juga bisa tapi tetep beda dengan dipanggang dioven, menurut Nur El.
Saat menggoreng agar tidak menghasilkan spicy wings yang banyak hitam-hitamnya, pakai api sedang dan hilangkan bumbu yang menempel. Hasilnya seperti difoto.


Nur El membuat resep yang digoreng karena lebih banyak orang yang punya penggorengan dari pada oven.