Friday, March 16, 2012

CAKE PISANG BEREMPAH (Butter Cake)


Cake ini dibuat karena ada teman Nur El yang menanyakan apakah Nur El mempunyai resep Cake Pisang? sebenarnya Nur El punya hanya saja memakai tepung beras bukan tepung terigu. akhirnya Nur El mencoba membuat resep yang dari tepung terigu. Resep ini dibuat berdasarkan selera suami yang tidak terlalu suka memakan cake pisang yang terlalu berminyak. Alhamdulillah hasil ngutak-ngatik resep Muffin Coklat Choco Chip yang resepnya ada disini. Akhirnya tarrraaaa uenak banget. Teksturnya lembut, bumbu rempah, dan pisangnya berasa banget. Yang pasti cake ini tidak berminyak saat dipegang.

Bahan:
1. Tepung terigu 200 gr.
2. Tepung maizena 25 gr.
3. Susu bubuk 25 gr.
4. Margarin 150 gr.
5. Telur ayam 2 butir.
6. Gula halus 80 gr.
7. Gula palem 50 gr.
8. Pisang ambon yang sudah matang dan harum150 gr, haluskan.
9. Baking powder 1 1/2 sdt peres.
10. Baking soda 1/3 sdt peres.
11. Perisa vanila susu berbentuk bubuk 1/4 sdt.
12. Bumbu spekuk 1/2 sdt.

Olesan dan taburan loyang: margarin dan tepung terigu.

Cara membuat:
1. Oleskan loyang 26x10x6 cm dengan margarin lalu taburi dengan tepung terigu tipis-tipis, sisihkan.
2. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius, selama 15 menit (tergantung oven masing-masing.
3. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, bumbu spekuk, baking powder, dan baking soda dalam baskom 1. Aduk-aduk hingga merata. Ayak, sisihkan.
4. Ambil baskom yang lain, masukkan gula halus, gula palem, margarin, dan perisa vanila susu. Kocok dengan menggunakan kecepatan rendah, setelah tercampur kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang (kurleb 5 menit). Masukkan 1 telur, kocok hingga merata, masukkan lagi telur yang lain dan aduk lagi hingga merata saja. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata. Turunkan kecepatan mikser. Masukkan adonan tepung, aduk hingga merata (jangan lama-lama)
4. Tuang adonan kedalam cetakkan. Panggang dengan suhu 175 derajat celsius selama 35 menit. Setelah matang keluarkan dari oven, diamkan kurleb 5 menit  lalu keluarkan dari loyang dan letakkan di rak kawat. Siap dipotong-potong untuk disantap