Tuesday, February 14, 2012

BIRTHDAY CAKE DENGAN BUTTERCREAM DAN COKLAT


Alhamdulillah jadi juga membuat kue ulang tahun untuk suami tercinta. Nur El pakai sponge cake dasar yang ini, memakai minyak sayur dan telur 4 butir.


Ini dia resep sponge cake coklat ala Nur El.

Bahan:
1. Tepung terigu 85 gr.
2. Coklat bubuk 35 gr.
3. Susu bubuk 15 gr.
4. Tepung maizena 15 gr.
5. Perisa vanila susu 1/4 sdt.
6. Telur 4 butir.
7. Gula pasir 160 gr.
8. Minyak sayur 160 gr.

Sirup gula :
1. Gula pasir 100 gr.
2. Air 100 ml.

Bahan buttercream:
1. Buttercream instan 200 gr.
2. Susu kental manis 100 gr.
3. Perisa vanila susu (berbentuk bubuk) 1/4 sdt (bisa diabaikan).

Hiasan:
1. Coklat berwarna biru (Mercolade Blue Barley) kurleb 110 gr (diserut menggunakan alat seperti disini).
2. Coklat berwarna merah muda (Mercolade Pink Strawberry ) kurleb 110 gr (diserut juga)

Isian cake:
1. Selai strawberry 125 gr.
2. Air 50 ml (tergantung kekentalan selai yang digunakan).

Olesan loyang: margarin dan tepung terigu secukupnya (ukuran loyang garis tengah 18,5 cm dan tinggi kurleb 6 cm. Resep ini bisa juga untuk loyang diameter 22 dan tinggi 7 cm atau loyang brownies 30x10x4 cm.

Cara membuat:
A. Cake
1. Ayak tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan coklat bubuk. Sisihkan.
2. Olesi seluruh bagian dalam loyang dengan margarin (tipis-tipis), lalu tarburi dengan tepung terigu (tipis-tipis).Sisihkan.
4. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celsius, kurleb 15 menit (tergantung oven masing-masing).
5. Kocok telur, gula pasir, dan perisa vanila susu dengan menggunakan mikser pada kecepatan tinggi sampai  adonan mengembang, putih, dan kental (apabila diambil pake spatula akan berbentuk kerucut dan kaku atau tidak menetes).
6. Turunkan ke kecepatan terendah. Masukkan campuran tepung dengan cara bertahap kedalam kocokan yg sudah mengental.
7. Tuang minyak sayur sambil terus diaduk dengan menggunakan mikser pada kecepatan terendah (jangan lama-lama). Lalu matikan mikser. Lakukan aduk balik adonan dengan menggunakan spatula hingga tercampur merata.
8. Masukkan kedalam loyang berbentuk hati. Kemudian masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 35 menit atau hingga matang.
9. Setelah matang keluarkan dari oven diamkan kurleb 5 menit didalam loyang, lalu keluarkan dari loyang. letakkan di rak kawat. Diamkan hingga cake dingin dan siap untuk dihias.


Catatan:
1. Mikser yg Nur El pakai mikser miyako yg standing jadi agar adonan didasar baskom ikut ke aduk, sesekali aduk kebalikan putaran baskomnya dengan menggunakan spatula.
2. Lama mengocok adonan hingga kental kurang lebih 15-20 menit.

B. Buttercream
Masukkan semua bahan kedalam baskom lalu kocok dengan menggunakan mikser dengan kecepatan sedang, sebentar saja hingga adonan terasa berat dan berjejak.

C. Cara membuat sirup gula
Masukkan gula pasir dan air kedalam panci, aduk-aduk. Nyalakan kompor, masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Angkat dan dinginkan. Siap untuk dipakai.


D. Cara membuat selai strawberry
Agar selai tidak terlalu padat maka sebaiknya selai dicairkan dengan cara memasukkan selai dan air dalam panci. Masak hingga mendidih dan agak mengental. Angkat dan dinginkan. Siap untuk dipakai.


E. Cara membuat coklat praline berbentuk hati dengan tulisan "Love You" 
Tim coklat hingga meleleh dengan cara memasukkan air mendidih kedalam alat untuk melelehkan coklat, tutup alat dengan penutupnya. Potong-potong coklat, letakkan kedalam mangkuk yang ada ditutup alat tersebut. Diamkan hingga seluruh coklat meleleh. lalu aduk-aduk agar licin. Setelah coklat mencair, ambil dengan sendok atau masukkan kedalam plastik segitiga. Dan semprotkan kedalam cetakan coklat untuk mencetak tulisan "Love You" dengan menggunakan coklat berwarna biru. Setelah mulai agak mengeras baru masukkan coklat yang berwarna merah muda (pink). Apabila mau digunakan masukkan dahulu kedalam freezer kurleb 5 menit atau hingga coklat terlihat mudah untuk dilepaskan dari cetakan. Melepaskan coklat dari cetakan dengan cara cara letakkan cetakan coklat diatas piring dng posisi terbalik, lalu tepuk-tepuk pelan. Semua coklat akan keluar dari cetakan dlm kondisi bagus tanpa merusak cetakan. Untuk gambarnya bisa dilihat disini.


F. Penyelesaian
1. Ratakan permukaan cake dengan pisau kue sampai rata dan potong bagian pinggirannya. Belah menjadi 2 bagian.
2. Oles cake dengan sirup gula dengan menggunakan kuas. Hingga cake benar-benar basah kedua sisinya. Letakkan di rak kawat. Lakukan hal yang sama untuk cake yang satunya lagi.
3. Setelah sirup meresap, ambil satu cake letakkan ditatakan cake.
4. Masukkan buttercream kedalam plastik segitiga, ikat agar tidak keluar isinya. Lalu gunting bagian ujung yang tidak ada ikatan.

5. Semprotkan keatas cake pertama mengikuti bentuk dasar cake (hati), beri selai strawberry didalamnya


6. Letakkan cake yang kedua diatasnya, tekan sedikit agar menyatu. Lalu semprotkan buttercream keseluruh bagian cake. Kemudian ratakan.


7. Masukkan coklat yang berwarna biru yang sudah dilelehkan kedalam plastik segitiga. Ikat, lalu gunting ujungnya yang runcing. Semprotkan dipinggiran cake, agar ada kesan meleleh. Berantakan gak apa-apa karena disintu seninya.
8. Masukkan coklat yang berwarna merah muda yang sudah dilelehkan kedalam plastik segitiga. Ikat, gunting ujungnya sedikit. Buat garis-garis diatas cake. Lalu dibagian bawah cake juga diberi coklat berwarna merah muda ini juga.
9. Ambil coklat praline yang berbentuk hati, taruh diatas cake. Siap untuk disajikan.