Thursday, December 1, 2011

SAMBAL ATI AMPELA AYAM, KENTANG, DAN PETE


Semenjak pindah ke Ciputat jadi sering sekali masak pakai pete, karena mudah sekali didapat di tukang sayur. Sambal ati ampela dan kentang memang paling enak apabila ditambahkan pete didalamnya. Mmmmmmmm harum masakannya menjadi lebih nikmat dan menambah selera makan. Ini dia resepnya.

Bahan:
1. Ati dan ampela ayam 10 pasang, dibersihkan dan dicuci.
2. Kentang 2 buah ukuran besar, dipotong dadu dan taruh didalam air (agar kentang tidak hitam-hitam)
3. Pete 2 papan, keluarkandari kulitnya dan dibelah 2.
4. Minyak sayur.

Bahan untuk mengungkep ati dan ampela ayam: jeruk nipis dan garam.

Bumbu:
1. Bawang putih 2 siung.
2. Bawang merah 8 siung.
3. Cabe merah 8 buah.
4. Kunyit 2 ruas jari telunjuk.
5. Jahe 1 ruas jari telunjuk.
6. Tomat merah 3 buah.
7. Daun jeruk 2 lembar.
8. Sereh 1 batang, ambil putihnya saja dan digeprek.
9. Garam 1/2 sdm.
10. Gula pasir 1/2 sdm.

Cara membuat:
1. Lumuri ati dan ampela ayam dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan kurleb 15 menit. Cuci bersih, titiskan, lalu sisihkan.
2. Panaskan minyak sayur, masukkan kentang yang sudah ditiriskan dari air rendamannya. Goreng sampai matang. Sisihkan. Lalu goreng juga ampela ayam hingga matang (jangan kelamaan nanti menjadi keras). Sisihkan. Goreng ati ayam hingga matang. Sisihkan.
3. Haluskan garam, cabe merah, kunyit, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Masukkan tomat merah lalu ulek lagi hingga halus. Sisihkan.
4. Panaskan minyak sayur, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, masukkan sereh, daun jeruk, garam (apabila masih kurang) dan gula pasir. Aduk-aduk. Masak hingga hampir matang, masukkan pete. Masak hingga sambal matang tapi pete masih garing tidak layu. Matikan kompor. Diamkan hingga uap panasnya hilang. Masukkan ati ampela ayam dan kentang yang sudah digoreng, aduk-aduk hingga merata. Siap disantap.