Sunday, December 11, 2011

CAKE NANAS TEPUNG TAPIOKA


Sudah pernah membaca resep Cake Coklat Tepung Tapioka? Nah dari resep tersebut membuat Nur El tertantang untuk membuat resep lainnya dari bahan tepung tapioka. Untuk resep kali ini Nur El juga memanfaatkan buah nanas sebagai bahan untuk membuat cake. Kenapa dipilih buah nanas? Karena disamping buah ini mengandung vitamin C, nanas memiliki wangi yang khas sekali.

Alhamdulillah percobaan pertama langsung menghasilkan tekstur dan rasa yang enak banget. Empuk dan lembut dibagian dalamnya, kering atau renyah dibagian pinggiran atasnya. Ini dia resep buatan Nur El, cake tanpa telur, tanpa tepung terigu, dan tanpa mikser. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca.

Bahan:
1. Tepung tapioka 180 gr.
2. Olive oil 120 ml.
3. Nanas 240 gr (berat setelah dikupas dan dibuang bagian tengahnya).
4. Gula halus 150 gr.
5. Baking powder 1 1/2 sdt.
8. Soda kue 1/4 sdt.

Olesan loyang: Olive Oil secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190 derajat celsius kurleb 15 menit (oven gas).
2. Siapkan loyang muffin ukuran besar berlubang 12, olesi dengan olive oil. Sisihkan.
3. Campurkan tepung tapioka, gula halus, soda kue dan baking powder aduk hingga rata (dengan menggunakan sendok atau pengaduk kawat, sisihkan.
4. Blender nanas dengan olive oil hingga halus.Lalu tuang kedalam wadah yg berisi campuran tepung tapioka dengan bahan kering lainnya, aduk dengan menggunakan balloon whisk atau pengaduk kawat berbentuk balon. Aduk hingga merata.
5. Tuang adonan kedalam 6 lubang cetakan hingga penuh.
6. Masukkan kedalam oven, panggang kurleb 25 menit dengan suhu 190 derajat celsius hingga matang (dengan api bawah saja). Letakkan pada rak ditengah agar dasar cake tidak terlalu kering.
7. Keluarkan loyang dari dalam oven, biarkan selama 5 menit. Pindahkan keatas rak kawat, biarkan hingga dingin dan sajikan.