Thursday, December 1, 2011

AYAM KECAP ASAM PEDAS MANIS


Sebenarnya resep ini sudah sering dibuat saat Nur El tidak punya daun jeruk dan cabe. Jadi untuk asamnya Nur El pakai saus tomat dan kecap inggris. Dan untuk pedasnya dipakai saus sambal. Rasanya mmmmmmh uenak banget, buktinya Nur El lebih sering pakai resep ini untuk membuat ayam kecap. Ini resep jadi-jadian yang dibuat waktu hamil (Rafif apa Razaan yah, lupa), karena memasak dengan bahan seadanya didapur.

Oh iya, ini salah satu trik yang Nur El selalu pakai untuk mendapatkan ayam kecap yang tetep empuk terus (semakin lama tidak semakin mengeras). Yaitu ayamnya sebelum dibumbui jangan digoreng dulu tetapi direbus dulu saja. Pasti ayam kecapnya empuk terus (misal dimasak pagi dimakan malamnya atau besok paginya tetep empuk). Itu yang membedakan ayam kecap buatan Nur El dengan ayam kecap lain yang pernah Nur El makan bersama suami. Nah itu juga yang membuat ayam kecap buatan Nur El paling disukai sama suami tercinta. Ini dia resepnya.


Bahan:
1. Ayam 1 ekor, potong 14 (tidak termasuk kulit, ceker, dan kepala).
2. Air 300 ml.
3. Air untuk merebus ayam sampai seluruh daging ayam terendam dalam panci.
4. Minyak sayur.

Bahan untuk mengungkep ayam:
1. Jeruk nipis 1 buah, ambil airnya.
2. Garam 1 sdm.

Bumbu:
1. Bawang putih 2 siung, cincang.
2. Bawang merah 12 siung, iris-iris.
3. Jahe 1 ruas jari telunjuk, cincang.
4. Kecap manis 10 sdm.
5. Saus tomat 2 sdm.
6. Saus sambal 1 sdm.
7. Lada bubuk 1/4 sdm.
8. Kecap inggris 1 sdm.
9. Garam 1/2 sdm.
10. Gula pasir 1/2 sdm.

Cara membuat:
1. Cuci bersih ayam hingga tidak merah lagi air cuciannya, kemudian lumuri dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama kurleb 15 menit. Cuci bersih, tiriskan, lalu sisihkan. Masak air hingga mendidih, masukkan ayam lalu masak hingga airnya menjadi keruh. Tiriskan. Sisihkan.
2. Panaskan minyak sayur, masukkan bawang merah, lalu bawang putih. Tumis hingga harum dan agak kecoklatan. Masukkan jahe, kecap manis, saus tomat, saus sambal, dan kecap inggris. Aduk-aduk. Masukkan air 300 ml. Masak hingga mendidih. Masukkan ayam yang sudah direbus, lada bubuk, garam, dan gula pasir. Aduk-aduk hingga merata. Masak hingga kuahnya mengental sekali dan hampir tiris (suami Nur El suka kalau makan ayam kecap ada kuah kentalnya). Angkat dan siap disajikan.