Wednesday, November 16, 2011

SOP IGA SAPI


Sop iga sapi  ini nikmat sekali. Dagingnya empuk sekali sampai mudah sekali lepas dari tulang iganya. Lemak yang menempel pada dagingnya pun terasa lembut sekali dilidah. Silahkan dicoba resepnya...:)

Bahan:
1. Iga sapi 1,406 kg.
2. Air 3500 ml , untuk merebus iga sapi pertama kali.
3. Air 3500 ml, untuk merebus iga sapi kedua kali.
4. Wortel 3 buah, kupas, iris-iris.
5. Minyak sayur.

Bumbu:
1. Bawang putih 3 siung.
2. Lada 25 butir.
3. Cengkeh 3 buah.
4. Biji pala 1 biji, belah dua.
5. Garam.
6. Gula pasir.
7. Daun bawang 2 batang (ukuran kecil), iris-iris.
8. Daun seledri 1 batang (ukuran sedang), iris-iris.
9. Kayu manis 1 batang kurleb 3 ruas jari telunjuk.

Taburan: bawang merah 20 siung, diiris-iris lalu goreng hingga kuning keemasan.

Cara membuat:
1. Masak air 3500 ml hingga mendidih. Masukkan iga sapi yang sudah dicuci bersih. rebus kurleb 1 jam (dengan api besar). Angkat dan tiriskan iga sapi. Lalu buang air rebusannya.
2. Masak air lagi 3500 ml hingga mendidih. Masukkan iga sapi yang sudah 1 jam direbus. Masak sampai daging empuk (mudah sekali dagingnya lepas dari tulangnya) dan lemaknya lembut (kurleb 3 jam). Masukkan wortel, masak hingga hampir matang.
3. Sambil merebus iga sapi dan wortel, haluskan garam, lada, dan bawang putih. Panaskan minyak sayur, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masak hingga matang dan harum. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam rebusan iga sapi dan wortel. Masukkan biji pala, cengkeh, kayu manis, dan gula pasir. Setelah wortel mulai matang (sudah empuk tapi tidak londot atau lembek sekali)  masukkan daun bawang dan daun seledri. Masak sebentar lalu angkat. Ambil sop iga dan masukkan kedalam mangkuk saji lalu taburi dengan bawang goreng. Siap untuk disajikan.

Catatan:  pemakaian garam dan gula pasirnya banyak, pokoknya sampai terasa gurih (asin dan manisnya pas).