Friday, October 21, 2011

PISANG GORENG DAN TAPE GORENG


Tadinya cuma mau bikin tape goreng sedikit aja cuma untuk cemilan diri sendiri. Sore-sore disaat anak-anak sedang tidur buat deh. Tapi kok jadi inget papa dan ibu mertua. Pasti papa senang kalau setelah pulang  menjemput ibu mertua dari rumah sakit, ada pisang goreng dan tape goreng dimeja makan. Yang perlu dicatat suami Nur El tidak suka tepungnya terlalu tebal kalau membuat gorengan. Dan pilih pisang dan tapenya yang sudah matang yah. Jadi sudah manis rasanya. Ini dia resepnya (ha ha ha bikin pisang dan tape goreng aja Nur El tulis diblog yah...abis enak sih).

Bahan:
1. Pisang kepok dan tape singkong yang sudah matang.
2. Tepung terigu 6 sdm munjung.
3. Tepung beras 2 sdm munjung.
4. Garam 1/4 sdm.
5. Air kurleb 200 ml (sesuaikan kekentalannya).
6. Minyak sayur.

Cara membuat:
1. Kupas pisang lalu belah dan bentuk seperti kipas. Sisihkan. Potong-potong tape dan buang serat dibagian tengahnya. Sisihkan.
2. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam dalam wadah. Aduk sampai merata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai mendapatkan kekentalan yang diinginkan (apabila digoreng bisa menempel pada pisang dan tapenya), sambil diaduk sampai licin dan tidak ada gumpalan. Masukkan pisang atau tape kedalam adonan tepung. Diamkan sebentar kurleb 5-10 menit agar pisang ataupun tapenya bisa menyatu dengan tepung.
3. Panaskan wajan, masukkan minyak sayur. Setelah minyak panas, masukkan pisang atau tape. Goreng sampai keemasan (menggorengnya dengan minyak yang banyak). Angkat lalu tiriskan minyaknya. Sajikan hangat (dingin aja masih okeloh rasanya).