Friday, October 21, 2011

PESMOL IKAN NILA


Sudah lama kangen sama pesmol buatan mama (nenek ndut). Sudah lama juga mama tidak masak pesmol jadi saat Nur El telepon dan menanyakan bumbunya apa saja dan berapa takerannya, mama sudah agak lupa. Akhirnya Nur El main perasaan aja masaknya jadi pesmol ikan nilanya ala Nur El nih. Sebenarnya yang paling membedakan pesmol buatan mama (nenek ndut) dengan pesmol yang lain adalah pemakaian lengkiu atau daun bawang kecil. Lengkiu ini membuat cita rasa yang berbeda dalam masakan pesmol. Mau tahu seperti apa bedanya, cobain aja resepnya...:) Pesmol kali ini tidak terlalu berkuah. Ini dia resep pesmol ala Nur El, sekali buat alhamdulillah langsung uenak, rasanya tidak terlalu asin dan tidak terlalu manis pas banget deh.


Bahan:
1. Ikan Nila 4 ekor.
2. Minyak sayur.

Bumbu:
1. Bawang putih 3 siung.
2. Bawang merah 12 siung.
3. Cabe merah 6 buah.
4. Kunyit 3 ruas jari telunjuk.
5. Jahe 1 ruas jari telunjuk.
6. Kemiri 3 butir.
6. Daun salam 1 lembar.
7. Lengkuas 2 ruas ibu jari, geprek
8. Sereh 1 batang, geprek.
9. Cabe rawit merah 10 buah.
10. Lengkiu (daun bawang kecil) Rp.1.500,-.
11. Air 350 ml.
12. Garam.
13. Gula pasir.

Bumbu ungkep ikan:
1. Jeruk nipis 2 buah, ambil airnya.
2. Garam secukupnya.
.
Cara membuat:
1. Bersihkan ikan buang sisik dan kotorannya. Potong-potong lalu cuci yang bersih. Lumuri dengan bumbu ungkep ikan dan diamkan kurleb 15 menit. Cuci bersih, tiriskan. Panaskan wajan masukkan minyak sayur, masukkan ikan dan goreng dalam minyak panas dan banyak.
2. Haluskan garam cabe merah, kunyit, jahe, kemiri, bawang putih, dan bawang merah, sampai halus. Sisihkan.
3. Panaskan minyak sayur, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk, masak hingga harum. Tambahkan lengkuas, sereh, dan daun salam. Masak hingga harum, tambahkan air. Masak hingga mendidih. Masukkan garam dan gula pasir sesuai selera. Masukkan cabe rawit merah dan lengkiu. Masak hingga agak mengental. Matikan kompor, diamkan hingga uap panasnya hilang. Masukkan ikan yang sudah digoreng, aduk-aduk agar merata. Siap disajikan.