Saturday, March 19, 2011

ROTI MANIS COKLAT EMPUK


Roti ini untuk dibawa ke keluarga Nur El di Ciputat. Tadinya kalau sempet buat kalau tidak sempat yah sudahlah. Tapi ternyata jam satu pagi Nur El terbangun dan tidak bisa tidur lagi. Akhirnya mulai deh perjuangan membuat rotinya. Ini salah satu cara Nur El untuk menghabiskan stok  bahan kue sebelum melahirkan. Resepnya sama dengan Roti Manis Coklat Empuk Dengan Taburan Meises yang pernah Nur El buat sebelumnya. Tapi untuk kali ini bentuk rotinya kurang rapi, maklum ibu hamilnya sudah mulai mengantuk.

Alhamdulillah tadi rotinya sudah sampai di Ciputat dan alhamdulillah juga semua yang makan bilang enak dan tidak seperti roti murahan. Sampai pada menyarankan untuk jualan roti. Waaaaah ini ibu hamil sudah mau punya bayi lagi, belum kepikiran deh untuk  jualan-jualan. Yang pertama terpikirkan adalah bagaimana mendidik ketiga anak dengan baik agar menjadi anak yang sholeh/sholehah, berguna bagi umat manusia dan kehidupan ini. Tetapi terima kasih atas dukungan semuanya atas hasil usaha Nur El mencoba membuat resep-resep terbaru. Walaupun Nur El harus lebih banyak belajar dan berani mencoba. Apalagi kalau mau jualan roti, harus banyak belajar lagi agar mampu membuat roti yang berbagai macam bentuk dan rasa. Walaupun dukungan dari suami tercinta sudah besar dan hati kecil ini kepingiiiiiiiin seperti teman-teman di NCC. Tapi tidak tahu yah kalau anak-anak sudah besar dan lebih mandiri, ceritanya bisa berubah kali yah...ha ha ha ha. Mimpi...mimpi...:).



Bahan:
1. Tepung terigu 500 gr (cakra kembar).
2. Gula halus 100 gr.
3. Margarin merk Margarita Milk Vanilla 100 gr.
4. Kuning telur dr 3 telur, aduk agar menyatu.
5. Air hangat suam2 kuku 150 ml.
6. Garam 1/3 sdm.
7. Susu bubuk 40 gr.
8. Pengembang roti (baker's bonus A) 3 gr.

Bahan  biang ragi:
1. Gula pasir 1 sdm.
2. Tepung terigu 1 sdm.
3. Saf-instant (ragi instant) 1 bungkus (11 gr).
4. Air suam2 kuku 150 ml.

Bahan isi: selai coklat secukupnya.

Olesan: Madu secukupnya.

Cara membuat biang ragi:
Masukan gula pasir, tepung terigu, dan saf-instant kedalam air hangat suam-suam kuku, aduk rata,diamkan sebentar,15 menit hingga mengembang dan berbusa-busa, sisihkan.

Cara membuat roti manis:
1. Campur tepung terigu, pengembang roti, susu bubuk, dan gula halus, hingga merata.
2. Masukan biang ragi,aduk lagi hingga merata (pakai mikser dng kec. rendah, Nur El pakai mikser miyako kec.1)
3. Tambahkan 100 ml air hangat suam-suam kuku. Aduk hingga merata dengan menggunakan mikser. Masukkan kuning telur. Aduk hingga merata. Masukkan margarin dan garam, aduk merata sambil pelan2 dituangkan sisa air (50 ml). Hingga adonan kalis elastis (sudah tidak lengket lagi di baskom, apabila di pegang juga sudah tidak lengket, dan tidak mudah robek apabila ditarik).
4. Tutup rapat adonan dengan menggunakan plastik, diamkan kurleb 45 menit, hingga mengembang 2 kali lipat.
5. Tonjok adonan yg sudah mengembang, bentuk bulat2 kurleb 55 gr. Diamkan kurleb 10 menit hingga mengembang lagi.
6. Ambil satu adonan. Gilas adonan. Isi dengan bahan isian. Bulatkan kembali. Letakkan diatas loyang kue kering yang sudah diberi taburan tepung terigu. Terus lakukan hingga adonan habis. Diamkan lagi kurleb 1 jam.
7. Saat mendekati 1 jam. Oles bagian atas roti dengan madu. Panaskan oven kurleb 15 menit pada suhu 175 derajat celsius.
8. Masukkan adonan roti kedalam oven dan panggang  kurleb 15 menit dengan suhu 175 derajat celsius. Hingga roti terlihat kecoklatan (kenali oven masing2 krn kalo kelamaan bawahnya bisa gosong, kalo kecepetan bagian atas rotinya agak keriput).
9. Keluarkan dari oven. Letakkan diatas rak kawat.
10. Selamat menikmati yah


Catatan:
1. Nur El pakai mikser miyako standing denga kec.1 (rendah). Miksernya dipegang pakai tangan. Harus sabar, ngaduknya jangan dipaksakan. Sesekali dimatikan dan dibalik, posisi adonan yg bawahnya menjadi bagian atasnya. Terus diaduk sampai adonan kalis elastis.

Foto-foto Rafif yang sedang menikmati roti buatan mamanya.