Saturday, March 26, 2011

BOLU KUKUS PELANGI MERAH PUTIH UNGU


Semoga tidak pada bosan membaca laporan bikin kue Nur El. Bolu kukus mekar lagi nih.

Bolu kukus mekar ini permintaan mama Nur El alias nenek ndut. Hampir setiap hari Nur El  selalu menelpon mama, cerita apa saja. Mulai dari heboh sama anak-anak sampai soal hari ini Nur El masak apa. Saat Nur El berhasil menaklukkan bolkus (Bolu Kukus Coklat) Nur El memberitahukan ke mama tentang keberhasilan tersebut. Terus mama bilang, "Buatin untuk mama dong". Sampai mama nanya resepnya. Mama-mama....Terus Nur El bilang, "Tenang aja ma nanti Nur El buatin". Sampai-sampai mama lebih memilih Nur El membuatkan bolu kukus daripada Cake Mocca Oreo. Alhamdulillah dua-duanya sudah jadi, tinggal dibawa dan disantap.


Dulu waktu Nur El kecil, mama rajin bikin kue. Seperti donut kentang, bolu, klepon, dan lain-lain. Pokoknya enak sekali. Setiap arisan mama selalu membuat sajian buatan sendiri. Padahal mama mempunyai 5 anak, yang umurnya berdekatan. Tapi berhubung sudah lama tidak membuat kue, sepertinya mama sedikit sudah lupa tips n triksnya serta resep yang sering beliau pakai. Jadi kalau mama membuat kue lagi, pasti seperti Nur El mengalami yang namanya ketidaksempurnaan dahulu. Tapi mama orangnya telaten dan sabar banget, jadi kalau tidak sesuai dilidah mama (yang pasti dilidah ayah) pasti untuk masak selanjutnya sudah diperbaiki kekurangannya. Buat Nur El dan anak-anak mama yang lain sih tidak masalah karena apapun yang mama masak selalu enak untuk dimakan dan selalu dinanti-nantikan. Duuuuuh jadi kangen sama mama.

Resep ini berasal dari resep Bolu Kukus Mekar yang Nur El ubah karena ingin mengurangi kadar penggunaan susu dan biar tekstur dan rasanya tetap enak walau kadar susunya dikurangi.  Bolkus ini memiliki tekstur yang lembut, tidak mimpes, tidak amis, ringan, dan manis pastinya. Dan alhamdulillah semua bolkusnya (12 buah) mekar menjadi 3 atau 4 bagian. Ini dia resep Bolu Kukus Pelangi Merah Putih dan Ungu ala Nur El, sebagai setoran ketiga dalam acara NCC Bolkus Week.




Setelah disantap oleh keluarga besar Nur El, alhamdulillah kata mereka enak dan lembut.

Bahan:
1. Tepung terigu 170 gr.
2. Susu bubuk 15 gr.
3. Tepung maizena 15 gr.
4. Air 150 ml.
5. Gula pasir 160 gr.
6. Telur ayam 2 butir.
7. Emulsifier 8 gr.
8. Perisa vanila susu (bentuknya bubuk merk L'arome) 1 gr.
9. Pewarna merah secukupnya.
10. Pewarna ungu secukupnya.

Cara membuat:
1. Isi air kedalam kukusan. Tutup permukaan dasar kukusan dengan alumunium foil. Tusuk-tusuk lubang dengan menggunakan tusuk gigi. Hal ini dilakukan untuk mengecilkan jumlah uap air yang naik dari bagian bawah kebagian atas.
2. Panaskan alat pengukus dengan api besar dan untuk bagian tutupnya dibungkus dengan kain. Beri kertas mangkuk untuk setiap cetakan (12 cetakan bolu kukus).
3. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, dan tepung maizena dalam satu wadah, aduk-aduk agar merata. Sisihkan.
4. Kocok dengan menggunakan mikser pada kecepatan tinggi, telur ayam, gula pasir, perisa vanila susu, dan emulsifier sampai mengembang, kurleb 4 menit.
5. Turunkan kecepatan mikser pada kecepatan terendah (kecepatan 1). Masukkan campuran tepung bergantian dengan air. Kocok hingga tercampur rata kurleb 1-2 menit.
6. Ambil sebagian adonan putih (kurleb 1 sendok sayur plastik) dan beri pewarna merah. Aduk-aduk dan sisihkan. Ambil lagi adonan putih dan beri warna ungu, aduk-aduk hingga merata kemudian sisihkan.
7. Masukkan adonan putih kedalam cetakan (pakai sendok sayur). Beri adonan merah sedikit diatasnya (pakai sendok makan). Lalu beri adonan putih diatas adonan merah. Dan yang terakhir masukkan adonan yang berwarna ungu. yang perlu diingat menuangkan setiap lapis adonan dari tengah. Pengisian adonan kedalam cetakan harus dilakukan sampai penuh tapi tidak meluber. Lakukan untuk 6 cetakan. Masukkan kedalam alat pengukus (air didalam kukusan sudah mendidih dan sudah banyak uapnya). Tutup alat pengukus. Turunkan api ke api sedang. Kukus kurang lebih 8-9 menit atau hingga mekar dan matang.


8. Lakukan lagi untuk adonan sisanya untuk 6 cetakan, kukus hingga matang kurleb 8-9 menit. Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi untuk memastikan bolkusnya sudah matang atau belum. Apabila sudah tidak ada yang menempel berarti sudah matang.


9. Apabila sudah matang letakkan diatas rak kawat, keluarkan dari dalam cetakan, dan setelah uap panasnya hilang atau dingin baru diletakkan dipiring saji.

Untuk lebih jelas tentang cara membuat bolu kukus bisa dilihat disini.