Minggu, 11 Desember 2011

CAKE NANAS TEPUNG TAPIOKA


Sudah pernah membaca resep Cake Coklat Tepung Tapioka? Nah dari resep tersebut membuat Nur El tertantang untuk membuat resep lainnya dari bahan tepung tapioka. Untuk resep kali ini Nur El juga memanfaatkan buah nanas sebagai bahan untuk membuat cake. Kenapa dipilih buah nanas? Karena disamping buah ini mengandung vitamin C, nanas memiliki wangi yang khas sekali.

Jumat, 09 Desember 2011

Jumat, 02 Desember 2011

KERANG HIJAU PETE SAUS TIRAM


Sebagai penggemar kerang hijau dan pete ini merupakan lauk yang nikmat untuk mendampingi nasi hangat. Ini dia resep ala Nur El yang cepat dan nikmat.

Kamis, 01 Desember 2011

SAMBAL TERASI


Paling enak makan apabila memakai sambal, apalagi sambal colek yang diberi tambahan terasi. Disantap sama ayam goreng, tempe goreng, dan tahu goreng, enak sekali. Apalagi kalau ada lalapan seperti daun kemangi, daun selada, daun pohpohan, kacang panjang, terong hijau bulat, dan lain-lain. Pokoknya apa aja enak kalau dicolek dengan sambal terasi. Ini salah satu resep sambal terasi Nur El kalau  pakai gula pasir. Terbukti yang makan pada nambah...:)

AYAM GORENG


Ayam goreng empuk (tidak keras) dan enak ala Nur El....:)

SAMBAL ATI AMPELA AYAM, KENTANG, DAN PETE


Semenjak pindah ke Ciputat jadi sering sekali masak pakai pete, karena mudah sekali didapat di tukang sayur. Sambal ati ampela dan kentang memang paling enak apabila ditambahkan pete didalamnya. Mmmmmmmm harum masakannya menjadi lebih nikmat dan menambah selera makan. Ini dia resepnya.

AYAM KECAP ASAM PEDAS MANIS


Sebenarnya resep ini sudah sering dibuat saat Nur El tidak punya daun jeruk dan cabe. Jadi untuk asamnya Nur El pakai saus tomat dan kecap inggris. Dan untuk pedasnya dipakai saus sambal. Rasanya mmmmmmh uenak banget, buktinya Nur El lebih sering pakai resep ini untuk membuat ayam kecap. Ini resep jadi-jadian yang dibuat waktu hamil (Rafif apa Razaan yah, lupa), karena memasak dengan bahan seadanya didapur.

DADAR TELUR AYAM


Wah kalo ini kesukaan suami Nur El, banget. Kalau Nur El  memasak ini Rafif dan Razaan pasti bilangnya mama lagi masak martabak. Tapi saat foto ini diambil Razaan dengan tampang gantengnya (gak ada hubungannya yah) bilang, "Mama lagi masak pizza yah?". Ha ha ha lucu banget deh Razaan. Ini dia resepnya.

SEMUR TELUR AYAM DAN KENTANG


Semur ini agak berbeda dengan resep sebelumnya yang ada disini, karena resep ini dibuat apabila bumbu di dapur lengkap tapi teteup ala Nur El yah...:)

DENDENG BALADO


Resep dendeng balado ini bisa dinikmati oleh anak-anak seusia Rafif (4 tahun) dan (2 tahun). Nur El memakai daging yang biasa dipakai untuk membuat rendang (Nur El beli di supermarket jadi tinggal pilih). Kemudian direbus sampai empuk lalu digoreng dalam minyak yang banyak sehingga menghasilkan dendeng balado yang gurih, renyah, dan mudah dikunyah oleh anak-anak. Ini dia resepnya.

Rabu, 16 November 2011

AYAM GORENG KENTUCKY RENYAH DAN GARING


Sebenarnya sudah sering sekali mencoba membuat ayam kentucky. Nur El sudah mencoba berbagai macam bumbu siap saji merk apapun . Juga sudah mencoba meracik adonan sendiri. Tapi belum pernah mendapatkan hasil yang sesuai keinginan (yang penampakan dan renyahnya seperti ayam goreng di KFC asli ataupun di ayam goreng kentucky-kentuckyan (yang suka dijual dipinggir jalan).

SOP IGA SAPI


Sop iga sapi  ini nikmat sekali. Dagingnya empuk sekali sampai mudah sekali lepas dari tulang iganya. Lemak yang menempel pada dagingnya pun terasa lembut sekali dilidah. Silahkan dicoba resepnya...:)

Selasa, 15 November 2011

TUMIS JAMUR PORTABELLA, WORTEL, BUNCIS, DAN BAKSO


Resep lain untuk memanfaatkan jamur portabella. Untuk melihat penampakan jamur portabella bisa dilihat disini.

JAMUR PORTABELLA GORENG TEPUNG


Jamur ini enak sekali. Apalagi bila digoreng dengan tepung bisa menjadi cemilan yang nikmat sekali. Apabila ingin memiliki tekstur renyah yang tahan lama maka bisa ditambahkan soda kue. Tapi kali ini resepnya tanpa soda kue yah...:)

Minggu, 13 November 2011

SAMBAL UDANG DAN KENTANG


Ini resep sambal goreng yang tidak pedas, jadi apabila punya anak yang masih kecil seperti Rafif dan Razaan masih bisa ikut menyantap hidangan ini.

BAKWAN JAGUNG ENAK


Kangen sekali makan bakwan jagung, Nur El pernah menulis resep bakwan jagung disini yang versi tanpa tepung sagu. Untuk kali ini Nur El tulis yang pakai tepung sagu dan bumbu-bumbu yang lengkap (mumpung ada bumbu-bumbunya nih). Nah kalau mau mengganti ebi dengan terasi juga bisa. Resepnya ada disini. Resep bakwan jagung dengan menggunakan terasi lebih sering Nur El pakai untuk memasak karena lebih mudah memperoleh terasi dari pada ebi. Kalau membuat bakwan jagung dengan bumbu lengkap pastinya lebih enak. Liat aja nih Rafif dan Razaan sedang menyantap bakwan jagung ini...:)

Jumat, 21 Oktober 2011

MUFFIN COKLAT CHOCO CHIP (empuk)


Ini salah satu bekal yang biasa Nur El buat untuk Rafif bawa ke sekolah. Biasanya membuatnya pada saat anak-anak tidur siang (apa sore yah...he he he). Untuk dibawa bekal ke sekolah besok harinya. Muffin ini empuk, tidak bantet, lembab didalamnya,dan terasa sekali coklatnya. Apalagi ditambah choco chip didalamnya mmmmmmmmh menambah nikmat saat digigit dan masuk ke dalam mulut.

SANDWICH ISI DAGING BURGER, SELADA,KEJU,MAYONNAISE


Ini bekal lain yang biasa dibawa sama Rafif ke sekolah. Gampang buatnya, bekal bergizi untuk anak.

PESMOL IKAN EKOR KUNING


Nur El membuat ini karena ternyata masih kangen sama pesmol tapi pinginnya berkuah, jadi deh dibanyakin kuahnya.Uenak..uenak....pokoknya yang penting papa, Rafif, dan Razaan doyan. Mbak (pembantu) aja seneng banget saat tahu Nur El masak pesmol LAGI. Ini dia keluarga penggemar pesmol he he he. Lebih enak membuat sendiri dari pada beli jadi, karena beberapa kali beli pesmol terlalu manis dan yang pasti tidak ada lengkiunya.

PESMOL IKAN NILA


Sudah lama kangen sama pesmol buatan mama (nenek ndut). Sudah lama juga mama tidak masak pesmol jadi saat Nur El telepon dan menanyakan bumbunya apa saja dan berapa takerannya, mama sudah agak lupa. Akhirnya Nur El main perasaan aja masaknya jadi pesmol ikan nilanya ala Nur El nih. Sebenarnya yang paling membedakan pesmol buatan mama (nenek ndut) dengan pesmol yang lain adalah pemakaian lengkiu atau daun bawang kecil. Lengkiu ini membuat cita rasa yang berbeda dalam masakan pesmol. Mau tahu seperti apa bedanya, cobain aja resepnya...:) Pesmol kali ini tidak terlalu berkuah. Ini dia resep pesmol ala Nur El, sekali buat alhamdulillah langsung uenak, rasanya tidak terlalu asin dan tidak terlalu manis pas banget deh.

PECEL INSTANT


Bumbu pecelnya oleh-oleh dari ibu mertua yang dari malang (paling seneng ibu membawakan oleh-oleh ini dan paling seneng mantu dan anaknya mendapat oleh-oleh ini..he he he). Oh iya mau tahu siapa yang paliiiiiiing senang disajikan santapan ini......papa pastinya (suamiku tercinta). Kalau namanya pecel yang penting ada sayurannya (apa aja deh sesuai selera), ditambahkan potongan tahu dan tempe goreng, lalu disajikan dengan nasi hangat dan krupuk (berhubung beberapa hari ini ibu mertua yang dari Bali lagi suka makan pakai krupuk kampung jadi deh Nur El sajikan pecelnya pakai kerupuk kampung aja). Wuiiiiiiih salad ala indonesia yang lezat, sehat, dan nikmat.

PISANG GORENG DAN TAPE GORENG


Tadinya cuma mau bikin tape goreng sedikit aja cuma untuk cemilan diri sendiri. Sore-sore disaat anak-anak sedang tidur buat deh. Tapi kok jadi inget papa dan ibu mertua. Pasti papa senang kalau setelah pulang  menjemput ibu mertua dari rumah sakit, ada pisang goreng dan tape goreng dimeja makan. Yang perlu dicatat suami Nur El tidak suka tepungnya terlalu tebal kalau membuat gorengan. Dan pilih pisang dan tapenya yang sudah matang yah. Jadi sudah manis rasanya. Ini dia resepnya (ha ha ha bikin pisang dan tape goreng aja Nur El tulis diblog yah...abis enak sih).

IKAN NILA GORENG SIRAM SAUS ASAM PEDAS MANIS




Setelah resep ini Nur El tulis di blog, baru Nur El membaca email bahwa NCC mengadakan acara Chinese Food Week (karena sudah lama sekali tidak membuka email). Tadinya ga pede sama hostnya, diterima apa tidak yah resepnya, karena resepnya ala Nur El banget yang suka mencampur bumbu sesukanya. Ternyata diterima, alhamdulillah bisa masang logo kerennya di blog ini. Bisa dilihat resep temen-temen yang lain di blognya NCC Chinese Food Week.

GULAI IKAN EKOR KUNING


Bahan:
1. Ikan ekor kuning 560 gr.
2. Minyak sayur secukupnya.

Jumat, 23 September 2011

ROTI GORENG ISI DAGING ASAP, KEJU, dan MAYONAISE


Sebenarnya sudah sering buat untuk menghabiskan roti di rumah. Roti ini karya Nur El dan Rafif loh...:). Saat Rafif pulang sekolah, Nur El sedang membuat roti ini. Setelah membersihkan Rafif dan mengganti bajunya. Nongkrong deh Nur El dan Rafif didapur. Setelah anak-anak bangun tidur siang dan mandi sore, barulah roti goreng ini dinikmati. Mau tahu berapa banyak Rafif menghabiskan roti ini? 2 buah...:) Kalo Razaan tidak habis karena katanya pedas dan Razaan kurang suka mayonaise. Tapi kalau makan risoles buatan mama suka ya Zaan..:).

Roti goreng ini mudah membuatnya. Rasanya gurih dan nikmat sekali. Duh lagi nulis aja kepingin makan roti goreng lagi...:).

RISOLES ISI SAYURAN


Risoles ini dibuat untuk ibu mertua. Membuatnya pada hari yang sama saat membuat Cake Pisang Keju Tepung Beras. Saat Rafif, Razaan, dan Jihan tidur siang. Setelah Mbak Santi (pembantu baru) selesai mengerjakan pekerjaannya di ruang atas terperangah melihat Nur El selesai membuat semua cemilan di dapur.

CAKE PISANG KEJU TEPUNG BERAS GURIH


Cake Pisang Keju Tepung Beras kali ini lebih terasa gurih dibandingkan Cake Pisang Keju Tepung Beras sebelumnya. Perbedaannya hanya pada pengurangan jumlah pisang ambon yang digunakan dan penambahan keju kedalam cakenya.

CAKE PISANG KEJU TEPUNG BERAS


Akhirnya minggu ini buat makanan ringan lagi untuk keluarga tercinta. Baru sempat ditulis nih.

Sudah lama sekali rasanya tidak menulis dan tidak menoba membuat resep baru. Untuk kali ini Nur El hanya ingin melepaskan rasa penasaran akan resep Nur El yang Cake Pisang Kismis Tepung Beras tentang lama pemanggangan dan teksturnya seperti apa, apabila memakai oven yang tidak rusak. Karena saat Nur El membuat resep tersebut Nur El menggunakan oven yang sudah rusak. Ternyata hasilnya lebih lembut saat menggunakan oven yang rusak, meskipun tekstur cake yang dihasilkan oleh oven yang benar juga lembut dan empuk sekali. Ditambah dengan parutan keju dibagian atasnya membuat cake ini terasa nikmat sekali.


Jumat, 22 April 2011

BIRTHDAY CAKE - CAKE KRIM BERTABUR KEJU


Birthday cake (BDCK) untuk Nabil, Rafif, dan Fila. Sebenarnya Rafif sudah dibuatin beberapa hari yang lalu tetapi berhubung syukurannya pakai sistem arisan dan digabungkan menjadi 1 hari bersamaan, jadi deh BDCK-nya untuk bertiga. Tadinya mau buat 2 tingkat, tapi ternyata Rafif dan Razaan sudah bangun pas mama dan papanya sholat subuh. Ga jadi deh membuat 2 tingkat, repppoooot, satu tingkat aja yah. Kebayangkan nikmatnya cake krim bertabur keju ini. Krim kejunya juga ada dibagian dalam cake ini....mmmmmmhhh.

PINKY STRAWBERRY OREO CAKE


Serba oreo, buatnya dadakan. Untuk Rafif.

Sabtu, 02 April 2011

STRAWBERRY CREAM PIE


Strawberry cream pie ala Nur El. Ceritanya kepingin menghabiskan stok strawberry yang ada di kulkas dan anchor uht whipping cream. Kalo kata suami dibuat jus aja, tapi kok ini tangan gatel banget kepingin membuat sesuatu yang beda. Akhirnya jatuh pilihan untuk membuat pie. Resep membuat pie banyak sekali diinternet dan dibuku-buku masakan. Pasti bingung yang mana yang akan menghasilkan kulit pie yang tidak melempem dan tidak keras. Nur El kepingin bikin yang renyah tidak seperti kue pie yang beberapa kali Nur El makan, kulit pienya melempem. Berbekal pengalaman bikin kue kering dan keberanian untuk membuat takaran dengan mengikuti kata hati, akhirnya jadilah resep ini. Kata suami kulit pienya sudah enak, gurih dan tidak melempem. Jadi inilah resep andalan Nur El kalau membuat pie. Tetapi apabila ingin membuat yang lebih renyah seperti kue kering dan berlapis-lapis bisa dilihat resep kulit pie renyah dan berlapis disini.

Jumat, 01 April 2011

RISOLES ISI DAGING GILING DAN SAYURAN


Pingin risoles tapi kalo harus beli jauh. Mumpung punya tepung roti yang masih banyak, bikin sendiri deh biar bisa menghabiskan daging giling spesial yang ada di kulkas.. Kali ini Nur El membuat kulit risolesnya tidak memakai susu cair, memakai minyak sayur bukan margarin ataupun mentega cair,dan jumlah telurnya hanya satu butir. Biar risolesnya lebih ekonomis. Rasanya enak dan kulit risolesnya lembut (mungkin karena adonan kulitnya memakai tepung maizena). Ini dia resep ala Nur El.

RISOLES ISI DAGING ASAP DAN KORNET


Risoles ini sudah lama membuatnya, sebelum Nur El hamil. Baru pertama kali belajar membuat risoles nih. Gara-gara lagi bikin percobaan bikin isian soes , terus tidak jadi dipakai. dari pada terbuang percuma akhirnya Nur El mambuat risoles, hitung-hitung nambah ilmu baru. Ini dia resep risoles ala Nur El.

Kamis, 31 Maret 2011

BOLU KUKUS GULA MERAH (bolkus mekar, tanpa mikser)



Gula merah atau gula kelapa ini Nur El peroleh dari orang tua Nur El sebagai oleh-oleh dari Kebumen, Jawa Tengah. Dari kecil Nur El senang sekali sama gula merah ini, rasanya seperti makan coklat. Apabila gula merah ini direbus akan menghasilkan air gula merah tanpa ampas ataupun kotoran. Gula merah ini berbentuk seperti separuh batok kelapa dan memiliki warna coklat terang. Maka dari itu bolu kukus yang Nur El hasilkan tidak berwarna coklat gelap.

Sabtu, 26 Maret 2011

BOLU KUKUS PELANGI MERAH PUTIH UNGU


Semoga tidak pada bosan membaca laporan bikin kue Nur El. Bolu kukus mekar lagi nih.

Bolu kukus mekar ini permintaan mama Nur El alias nenek ndut. Hampir setiap hari Nur El  selalu menelpon mama, cerita apa saja. Mulai dari heboh sama anak-anak sampai soal hari ini Nur El masak apa. Saat Nur El berhasil menaklukkan bolkus (Bolu Kukus Coklat) Nur El memberitahukan ke mama tentang keberhasilan tersebut. Terus mama bilang, "Buatin untuk mama dong". Sampai mama nanya resepnya. Mama-mama....Terus Nur El bilang, "Tenang aja ma nanti Nur El buatin". Sampai-sampai mama lebih memilih Nur El membuatkan bolu kukus daripada Cake Mocca Oreo. Alhamdulillah dua-duanya sudah jadi, tinggal dibawa dan disantap.

Jumat, 25 Maret 2011

CAKE MOCCA OREO


Cake Mocca Oreo ini dibuat untuk menyambut kedatangan kakak ipar Nur El yang baru pulang belajar di Jepang. Ini BDCK yang paling cepat menghiasnya. Hanya dioleskan krim mocca, lalu beri coklat yang sudah dicairkan. Coret-coret dengan asal dibagian atasnya. Tempelkan biskuit oreo pada bagian pinggirannya lalu taburi bagian atasnya dengan parutan biskuit oreo. Tarrrraaaa...jadi deh. Oh iya, tadinya kepingin diberi isian selai kacang bukan selai strawberry tapi berhubung takut pada tidak suka kalau diberi selai kacang maka jadilah isiannya selai strawberry aja.

Kamis, 24 Maret 2011

BOLU KUKUS COKLAT (BOLKUS MEKAR)




Sampai dengan jam 11 malam, Nur El tidak bisa tidur. Maka muncullah ide-ide untuk memecahkan rasa penasaran terhadap permasalahan bolu kukus mekar yaitu mengurangi tingkat pemekaran yang berlebihan dan penonjolan bagian tengahnya (keinginan Nur El membuat bagian tengah bolu kukusnya ketemu siku-siku bagian kelopak-kelopaknya yang bermekaran). Juga bisa membuat bolkus yang mekar menjadi 3 atau 4 bagian, tidak ada yang mekar menjadi 2 bagian lagi.

Selasa, 22 Maret 2011

BOLU KUKUS MEKAR (BOLKUS MEKAR)




Alhamdulillah, setelah melakukan 5 kali percobaan akhirnya bisa ikutan acara NCC Bolkus Week. Sudah lama Nur El tidak membuka-buka email dari milis NCC, kenapa? Karena kalau sudah membaca jadi tumbuh deh semangat juang untuk belajar bikin kue-kue. Berhubung Nur El sedang hamil dan mabuk berat jadi Nur El menghindari sesuatu yang membuat Nur El tambah mabuk berat. Tapi alhamdulillah ternyata sekarang Nur El sudah bisa masuk ke dapur lagi untuk mencoba membuat resep-resep karya Nur El. Meskipun tidak boleh seperti dulu karena Nur El masih harus mengurus Rafif dan Razaan dari A sampai Z selama 24 jam dan menjaga kesehatan agar kehamilan dan kesehatan Nur El tetap terjaga (beginilah tugas seorang ibu).

Sabtu, 19 Maret 2011

ROTI MANIS COKLAT EMPUK


Roti ini untuk dibawa ke keluarga Nur El di Ciputat. Tadinya kalau sempet buat kalau tidak sempat yah sudahlah. Tapi ternyata jam satu pagi Nur El terbangun dan tidak bisa tidur lagi. Akhirnya mulai deh perjuangan membuat rotinya. Ini salah satu cara Nur El untuk menghabiskan stok  bahan kue sebelum melahirkan. Resepnya sama dengan Roti Manis Coklat Empuk Dengan Taburan Meises yang pernah Nur El buat sebelumnya. Tapi untuk kali ini bentuk rotinya kurang rapi, maklum ibu hamilnya sudah mulai mengantuk.

Jumat, 18 Maret 2011

CAKE COKLAT TEPUNG TAPIOKA

Sudah lama Nur El tidak menulis di blog ini karena kehamilan anak ketiga kami yang agak membuat Nur El mabuk berat, Rafif yang selalu minta ditemani apabila sedang menggambar, belajar menulis, maupun bermain, dan Razaan yang sedang aktif sekali.. Jadi semua sedang butuh perhatian sekali.

Ini adalah resep dadakan yang dibuat jam 06.15 WIB. Karena dari tadi malam kepingin makan cake coklat tetapi tidak punya telur dan tidak punya kesempatan untuk membuatnya (begini nih ibu hamil yang lagi ditinggal suaminya tugas). Resepnya tanpa telur karena stok telur tidak ada, warung masih tutup, dan mbak (pembantu) belum datang. Bahannya memakai tepung tapioka yang masih tertutup rapat, hitung-hitung sedang menghabiskan bahan kue sebelum Nur El melahirkan. Sebenarnya tepung ini mau dipakai untuk mencoba membuat resep kue kering, tetapi belum sempat-sempat. Alhamdulillah akhirnya tepung tapiokanya bisa dimanfaatkan menjadi sebuah cake. Nur El membuat cake ini sambil ditemani Razaan yang sudah bangun pagi tapi belum mandi seperti mamanya ha ha ha.