Senin, 06 September 2010

BOLU GULUNG PUTIH TELUR PANDAN KRIM KEJU


Sedang menghabiskan putih telur sisa bikin kue kering. Sebagian sudah dibuat lidah kucing, dadar telur kornet, dan sekarang lagi pingin bikin bolu gulung sekaligus mau nyobain buttercream siap pakai yang baru dibeli. Hasilnya enak, ya iyalah isinya buttercream enak dan keju cheddar parut.

Jumat, 03 September 2010

KASTENGELS



Saat mbak (pbt) mencoba 2 macam resep yang Nur El buat, dia lebih suka yang ini dari pada resep kastengels yang satunya lagi, resepnya ada disini. Kalau gurih, renyah dan enaknya sama, tapi menurut selera dia yang ini asinnya pas. Kalo kata mbak (pbt) asinnya pas seperti kastengels yang dia suka beli setiap lebaran. Nah bingung mana yang enak.Yang mana saja sesuai lidah masing-masing. Tapi yang ini lebih ekonomis dari resep yang pertama. Dan untuk resep yang ini sekali makan, pingin makan lagi, lagi, dan lagi..... terussss. Kayaknya resep ini yang akan sering dipakai nih...:)

KASTENGELS GURIH DAN RENYAH


Percobaan pertama membuat resep kastengels. Buatnya saat menunggu sahur. Hasilnya empuk banget dan mudah hancur saat dimakan, kalo soal rasa enak. Itu komentar yang Nur El dan suami rasakan saat makan kastengels itu disaat sahur. Karena mudah hancur, Nur El coba bikin resep yang baru, disini resepnya. Tapi setelah berbuka puasa Nur El  coba lagi. Ternyata kastengels yang ini tidak cepat hancur saat dimakan....mmmmmh pokoknya Nur El dan suami suka, renyah dan asinnya pas buat Nur El dan suami yang suka asin dan gurih. Tapi kalau untuk dimakan berkali-kali kayaknya cepat berenti makannya deh. Mungkin besok-besok bentuknya dirubah agar cepat matengnya. Mungkin juga lama matengnya karena ovennya sering Nur El buka-buka untuk melihat apakah sudah matang atau belum (yah namanya juga baru pertama kali jadi tidak tahu lama waktu yang pas untuk memasak kastengels ini dengan menggunakan oven Nur El). Besok-besok dicoba lagi ah....

Silahkan dilihat juga resep kastengels gurih, renyah, yang lebih ekonomis, dan bikin kepingin makan terus, resepnya ada disini.

SOP IKAN KAKAP MERAH


Tukang sayur favorit Nur El sudah tidak jualan lagi ...hiks hiks sedih deh. Kenapa favorit karena dagangannya paling bagus dibandingkan tukang sayur yang lain. Kayak ikan, udang, cumi-cumi, ayam dan lain sebagainya, seger deh. Jauh banget dibandingkan dengan yang dijual di Supermarket. Sayurannya juga. Duh pokoknya sedih. Seandainya bisa pergi ke pasar, pasti Nur El lebih memilih ke pasar becek-becekan. Tapi apa daya tidak ada yang menjaga 2 bocah dan tidak mungkin dibawa dua-duanya ke pasar.

Rabu, 01 September 2010

CHOCO CHIP CHOCOLATE COOKIES


Seperti biasa kalau sudah main oven-ovenan suka bikin ketagihan. Setelah membuat Dates Cookies mulailah berimajinasi ingin membuat tekstur cookies yang renyah. Berdasarkan beberapa pengalaman yang lalu akhirnya Nur El coba bikin resep lagi untuk Choco Chip Chocolate Cookies. Nur El coba merubah telur utuh menjadi kuning telur saja, karena ingin mendapatkan tekstur yang renyah. Maka jadilah resep jadi-jadian lagi. Kalau ada yang merasa resepnya sama maaf yah karena ini asli karangan Nur El pakai ilmu kira-kira (karena belajar bikin kue juga ga pakai kursus jadi semua takaran pakai ilmu kira-kira).

Alhamdulillah hasilnya Nur El suka, teksturnya itu seperti cookies atau biskuit yang sudah punya merk. Tekstur cookies ini baru keluar dari oven sudah renyah. Mmmmmmmmh jadi pingin buat yang rasa keju. Nanti ah kalau anak-anak sudah tidur. Eits jangan dikira Nur El boros yah karena sebagian hasilnya Nur El bagi ke orang-orang yang Nur El cintai. Ayo semangat bikin cookies.


DATES COOKIES (Kukis Kurma)


Ini resep jadi-jadian dari Nur El karena mau memanfaatkan kurma yang tidak dimakan oleh papa. Setelah cookiesnya matang Rafif langsung minta, padahal baru keluar dari oven. Akhirnya Rafif harus menunggu dulu sampai cookiesnya dingin baru deh disantap...nyam. Eh ..... dia bolak-balik mengambil cookies didalam toples. Seperti biasa dia bilang, "Ma, enak". Selama Nur El masak Rafif dan Razaan membongkar semua buku bacaannya di lemari, berantakan banget deh rumahnya. Selesai bikin cookies, sambil mencuci piring Nur El minta tolong Rafif merapikan buku-buku tersebut.
Setelah itu Nur El bikin cookies lagi. Namanya Choco chip Chocolate Cookies resepnya ada disini.

Cookies ini empuk dan kalau habis memakannya akan terasa menempel di gigi, lengket-lengket gitu. Bikin ketagihan deh memakannya. Cookies ini tidak serenyah Choco chip Chocolate Cookies. Tapi memberikan sensasi cookies yang berbeda.