Thursday, August 26, 2010

PUTRI SALJU KEJU BULAN SABIT



Alhamdulillah selesai juga hari ini bikin kue kering, padahal hari ini kaca mata Nur El belum jadi. Kata penjaga optiknya Jum'at sore baru jadi. Nur El punya ukuran minus dan silinder yang besar jadi agak-agak pusing kalo tidak memakai kaca mata. Harus mengganti kaca mata karena tangkainya dipatahin oleh Razaan sewaktu Nur El sholat. Balik lagi deh ke cerita putri salju keju bulan sabitnya. Sudah beberapa kali bikin putri salju, Nur El bentuk bulat (bisa dilihat disini). Maksudnya biar cepat buatnya. Saat Nur El bawa kerumah orang tua (baru contoh), dapat masukkan dari adik, kakak, dan abang. Kata mereka dibikin bulan sabit aja, jadi ukurannya tidak terlalu besar. Kalo rasa menurut mereka sudah enak. Putri salju ini adonannya tidak memakai kacang mete dan telur. Tapi teksturnya tetap empuk dan renyah. Nur El bikin resep ini biar simpel dan ga ribet, karena Nur El masih punya 2 anak yang kecil-kecil tapi punya keinginan yang besar untuk bikin kue lebaran agar bisa dibawa pulang kampung untuk mertua dan nenek. Satu resep kurang lebih menjadi 60 putri salju keju bulan sabit.



Bahan:
1. Tepung terigu 250 gr.
2. Margarin 70 gr.
3. Butter 50 gr (dingin tapi tidak beku).
4. Gula halus 50 gr.
5. Keju cheddar parut 30 gr.

Taburan: Gula halus 35 gr.

Cara membuat:
1. Kocok margarin dan butter dengan menggunakan mikser dengan kecepatan terendah hingga tercampur merata tapi jangan sampai mengembang. Masukkan gula halus aduk hingga merata. Masukkan tepung terigu secara bertahap, aduk hingga merata. Setelah menggerindil-gerindil dan tercampur merata (ambil sedikit adonan, sudah terasa semua bahan tercampur dan terasa minyak dari mentega dan butter ditangan atau diliat aja grindilannya sudah banyak yang menjadi grindilan halus, kalo susah sesekali mengaduknya dibantu spatula), lalu masukkan keju cheddar parut, aduk sebentar agar merata. Matikan mikser.
2. Panaskan oven pada suhu kurang dari 150 derajat celsius kurleb 15 menit (tergantung oven masing-masing).


3. Aduk adonan yang menggerindil dengan menggunakan jari tangan sebentar, asal tidak menggerindil lagi (lihat gambarnya dibawah ini). Ambil adonan 8 gr, cetak dengan cetakan bulan sabit. Letakkan diatas loyang kue kering yang tidak dioles apapun. Beri jarak antar adonan. Lakukan hingga adonan habis.


4. Masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 20 menit atau sampai matang..Permukaannya kalau dipegang sudah kering dan terlihat bintk-bintik berwarna coklat (kejunya)  . Keluarkan dari oven.


5. Gulingkan hangat-hangat kedalam gula halus hingga merata. Masukkan kedalam wadah kue kering, tabur tiap tingkat kue kering dengan gula tersebut. Biarkan wadah terbuka hingga hilang panasnya. Setelah hilang panasnya, tutup rapat dan siap untuk disantap. Empuk, mempyur, berasa kejunya.