Tuesday, August 10, 2010

PUDING UBI MERAH KARAMEL


Insya Allah besok kita sudah memasuki bulan Ramadhan, dimana wajib hukumnya bagi semua orang yang beragama Islam untuk berpuasa. Bersamaan dengan ini Nur El mau mengucapkan, "Mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita semua diberikan kemudahan oleh Allah S.W.T dalam menjalankan ibadah puasa serta amalan ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Dan semoga semua ibadah kita diterima oleh Allah S.W.T".

Salah satu menu berbuka puasa saat Nur El masih kecil adalah kolak, yang salah satu isinya adalah ubi jalar. Kali ini Nur El juga membuat salah satu resep makanan untuk berbuka puasa yang berbahan ubi jalar, Nur El pakai ubi jalar merah, yang biasa juga dikenal dengan nama ubi merah.





Puding ini dipanggang selama 60 menit karena saat 40 menit, ternyata sisa karamelnya masih lumayan banyak. Permukaan puding ini saat dipanggang 40 menit memang sudah retak-retak. Kapan-kapan kalo bikin lagi Nur El coba pake suhu minimal yang ada di oven (dioven punya Nur El tidak tercantum suhunya berapa, cuma tertulis min yg artinya suhu minimal).

Jadi kalau mengalami seperti ini pudingnya disajikan dengan mangkuknya saja, biar tetap cantik penampilannya. Kalau soal rasa, jangan ditanya deh. Sudah pasti enak dan lembut dilidah.


Sewaktu mau bikin ini yang terlintas dipikiran bikin kolak tapi yang jadi Puding Ubi  Merah Karamel. Maka dari itu rsepnya tidak pakai telur dan susu. Bagi yang suka karamel dan manis, cobain deh resep baru Nur El...:)

Bahan karamel:
1. Gula pasir 150 gr.
2. Air panas 2 sdm.

Bahan puding ubi merah:
1. Ubi merah 500 gr, cuci bersih, rebus, kupas, haluskan.
2. Gula pasir 2 - 3 sdm.
3. Garam 1/3 sdm.
4. Air 300 ml.
5. Santan instan kental 200 ml.
6. Tepung maizena 1 sdm.

Loyang: 5 mangkuk tahan panas.

Cara membuat:
1. Cara membuat karamel: Taruh gula pasir diatas wajan, nyalakan api kecil, biarkan hingga gula pasir ada yang berwarna kecoklatan. Masukkan air panas, masak sambil diaduk hingga kental dan licin. Angkat. Tuang kedalam mangkuk tahan panas, sama rata. Sisihkan.
2.Panaskan oven di suhu 150 derajat celsius.
3.  Campukan santan, air, gula pasir, garam, dan ubi merah yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk hingga licin merata. Masukkan tepung maizena, aduk-aduk hingga merata dan licin. Nyalakan api sedang, aduk-aduk terus dengan cepat, masak hingga mengental dan licin.
4. Masukkan adonan kedalam mangkuk tahan panas yang sudah berisi karamel, sama rata. Taruh mangkuk kedalam loyang yang sudah berisi air (tinggi air kurleb 1/2 dari tinggi mangkuk tahan panas). Masukkan loyang kedalam oven, panggang kurleb 60 menit dengan suhu 150 derajat celsius (permukaan puding sudah mengeras, tapi dalamnya lembut atau empuk apabila ditekan). Keluarkan dari oven, biarkan hingga suhu normal. Masukkan kedalam lemari es.

5.  Sajikan puding, bisa dengan mangkuknya atau dengan cara mengeluarkan puding dari mangkuk dengan cara balikkan mangkuk puding diatas piring saji.