Tuesday, August 31, 2010

LIDAH KUCING


Nur El pernah buat lidah kucing keju yang resepnya ada disini. Dari resep tersebut Nur El bikin resep ini, hanya saja gulanya Nur El kurangi, ikutin selera suami aja. Papa bilang sudah cukup manisnya, tapi ini selera suami Nur El yah. Kalau mau lebih manis tinggal ditambahin  gulanya. Sekali makan, pingin lagi, lagi, dan lagi. Mau tahu siapa yang bolak-balik mengambil lidah kucing ini? Yup betul, siapa lagi kalau bukan papa dan Rafif.

Sebenarnya cara membuat lidah kucing ini pengocokan margarin dan butter terpisah dengan pengocokan putih telur. Itu yang Nur El lihat di salah satu acara televisi Discovery Travel & Living. Tapi berhubung saat bikin lidah kucing keju (putri salju yang gagal) kok rasanya seperti lidah kucing jadi deh ngocoknya tidak dipisah-pisah, biar ringkes. Eh pas baca resep NCC ternyata sama juga ngocoknya tidak dipisah-pisah. Semakin pede deh dengan gaya sesatnya hi hi hi. Berhubung Nur El sudah beli cetakan lidah kucing, untuk kali ini bentuk lidahnya lebih rapih deh. Cara memakai cetakannya dengan cara dibalik. jadi posisi cetakan yang ada cekungannya diatas.



 Bahan:
1. Tepung terigu 220 gr (kunci biru).
2. Susu bubuk 30 gr.
3. Gula halus 60 gr.
4. Margarin 100 gr.
5. Butter 100 gr.
6. Putih telur dari 2 butir telur.

Cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu dan susu bubuk didalam satu wadah. Aduk-aduk agar merata. Sisihkan.
2. Campurkan margarin dan butter, kocok dengan menggunakan mikser dengan kecepatan terendah. Kocok hingga pucat.  Masukkan gula halus. Kocok hingga mengembang.
3. Masukkan putih telur, kocok hingga merata. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk secara bertahap. Kocok hingga merata dan adonannya seperti krim.
4. Panaskan oven pada suhu dibawah 150 derajat celsius selama kurleb 15 menit (tergantung oven masing-masing).
5. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, ikat bagian belakangnya agar adonan tidak tumpah. Potong sedikit bagian ujungnya.
6. Semprotkan adonan ke loyang lidah kucing yang sudah diolesi margarin tipis-tipis. Masukkan kedalam oven dan panggang dengan suhu kurang dari 150 derajat celsius selama kurleb 20 menit atau sampai matang.
7. Apabila sudah matang, keluarkan dari oven, diamkan sebentar hingga tidak terlalu panas. Biasanya apabila kue kering sudah matang sudah lepas sendiri dari loyang, tinggal diambil dan letakkan diatas  rak kawat hingga dingin. Lalu asukkan kedalam wadah. Tutup rapat.

Catatan:
1. Membuat kue kering sebaiknya memakai suhu rendah agar matang dan kering sempurna. Karena apabila suhunya terlalu tinggi bisa-bisa bagian luarnya sudah kering tetapi bagian dalamnya belum kering. Pengalaman pribadi nih. Coba aja sendiri biar tahu persis suhu yang baik untuk membuat kue kering.