Wednesday, August 4, 2010

FILLET AYAM BALUT TEPUNG PANIR KEJU


Bahan:
1. Fillet ayam 534 gr.
2. Tepung terigu 180 gr.
3. Tepung panir kasar 170 gr .
4. Keju cheddar parut halus 100 gr.
5. Telur ayam 3 butir, kocok lepas.
6. Lada bubuk 1/2 sdm peres.
7. Garam 1 sdm.
8. Jeruk nipis 2 buah (ukuran kecil), ambil airnya.
9. Minyak sayur.



Cara membuat:
1. Cuci bersih fillet ayam, ungkep dengan lada bubuk, garam, dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Cuci. Tiriskan. Sisihkan.
2. Campurkan tepung terigu dengan keju parut. Aduk hingga merata. Taruh campuran tepung terigu dan keju, tepung panir, dan telur ayam dipiring ceper yang terpisah. Jadi ada 3 piring.  Ambil 1 potong fillet ayam, gulingkan di telur ayam, lalu gulingkan di campuran tepung terigu dan keju sambil diremas-remas, gulingkan lagi di telur ayam, kemudian gulingkan di tepung panir sambil diremas-remas. Lakukan hingga semua fillet ayam habis dibalut tepung panir. Masukkan kedalam wadah dan tutup rapat. Masukkan kedalam freezer, diamkan kurleb selama 1 jam. Keluarkan dan biarkan hingga suhu normal.
3. Panaskan minyak sayur, goreng fillet ayam yang sudah berbalut tepung panir keju, dengan minyak banyak dan panas (fillet ayamnya tenggelam didalam minyak sayur). Goreng hingga kuning keemasan. Angkat, tiriskan minyaknya. sajikan dengan saus tomat, saus sambal, dan mayonaise.

Catatan: Berdasarkan pengalaman lebih enak ungkep fillet ayamnya pakai bawang putih kurleb 1-2 siung (cincang kasar), garam 1 sdm, dan lada bubuk 1/2 sdm peres. Saat akan dibaluri tepung panir bawang putihnya tidak diikutkan atau dibuang saja.