Friday, August 13, 2010

BABY FISH SAMBAL CABE MERAH


Malam-malam diajak papa ke salah satu supermarket di Pamulang, belanja keperluan untuk ta'jil di mushola deket rumah. Setelah Nur El mendapatkan yang dibutuhkan, baru deh mencari keperluan pribadi. Seperti biasa Rafif dan Razaan minta papanya bawa mereka melihat dibagian ikan. Liat sana-sini, eh tergiur beli baby fish karena tiba-tiba teringat salah satu menu di rumah makan padang RM. SEDERHANA didepan WTC Serpong, Tangerang, ikan bilis diberi sambal cabe hijau. Kalau dimakan kriuk kriuk  tapi daging didalamnya masih empuk. Nikmat banget, dimakan pakai nasi hangat....mmmmmmmh yang lain lewat deh. Tapi sekarang setiap makan ke rumah makan tersebut selalu kehabisan. Jadi kangen deh sama kriuk-kriuknya.



Akhirnya baby fish ini yang jadi pengganti kerinduan ikan kecil yang kriuk-kriuk. Baby fish ini bisa ikan mas, ikan mujair, dan ikan nila yang masih kecil. Nur El mengolahnya biasa saja. Hanya digoreng garing dan diberi sambal cabe merah. Alhamdulillah papa senang dengan menu baby fish ini yang disantap bersama dengan sayur bening bayam dan jagung manis (resepnya ada disini ). Buka puasa yang sederhana tapi nikmat dan sehat.


Bahan:
1. Baby fish 415 gr, sudah dibuang kotorannya.
2. Minyak goreng.

Bumbu:
1. Cabe merah 8 buah.
2. Bawang putih 3 siung.
3. Bawang merah 6 siung.
4. Tomat merah 3 buah (ukuran 2 sedang dan 1 kecil).
5. Garam.
6. Gula pasir.

Untuk mengungkep baby fish: air jeruk nipis dari 2 buah jeruk nipis ukuran sedang dan garam 1 sdm.

Cara membuat:
1. Cuci bersih baby fish. ungkep dengan bumbu ungkep kurleb 15 menit. Cuci bersih, tiriskan, sisihkan.
2. Haluskan  garam (2/3 sdm) dan cabe merah, masukkan bawang putih, lalu bawang merah, dan terakhir tomat. Sisihkan.
3. Panaskan minyak sayur, goreng baby fish dalam minyak sayur panas yang banyak hingga baby fish tenggelam, dengan menggunakan api besar. Hal ini dilakukan agar menghasilkan baby fish goreng yang garing tetapi masih terasa empuk dagingnya didalam. Masak hingga kuning keemasan. Sisihkan.
4. Panaskan minyak sayur, tumis bumbu, tambahkan gula pasir dan garam (sesuai selera). Masak hingga matang dan wangi. Diamkan hingga dingin. Angkat dan siap disajikan dengan baby fish garing.

Catatan:
Apabila ingin menikmati baby fish yang garing kriuk-kriuk, sebaiknya baru digoreng saat akan disantap dan sambal yang dicampurkan dengan baby fish ini tidak boleh panas. SELAMAT MENIKMATI