Thursday, August 19, 2010

AYAM BUMBU KACANG TANAH


Tadinya mau buat ayam kecap bersantan resepnya ada disini. Tetapi saat buka kulkas melihat bengkoang, jadi inget deh kepingin makan rujak. Eh dapat ide bikin ayam bumbu kacang tanah. Berhubung anak-anak sudah pada bangun dan papa sudah pergi kerja, Nur El jadi minta tolong sama mbak (pbt) untuk membeli kacang tanah dan gula merah. Cemplang-cemplung jadi deh menu baru....he he he.

Seandainya papa tidak lagi tugas keluar, pasti beliau seneng sama menu ini. Papa seneng banget sama kacang. Pa, liat disini aja dulu yah. Besok kalo sudah pulang dibuatin deh, spesial untuk papa.



Bahan:
1. Ayam 1 ekor (ukurannya kecil), potong sesuai selera (tidak termasuk kulit, ceker, leher, dan kepala).
2. Air 400 ml.
3. Air panas 100 ml.
4. Kacang tanah 250 gr.

Bumbu:
1. Jahe 1 ruas jari telunjuk.
2. Cabe merah 5 buah.
3. Bawang merah 10 siung.
4. Bawang putih 3 siung.
5. Gula merah atau gula jawa 75 gr.
6. Asem jawa 35 gr.
7. Gula pasir 1/2 sdm.
8. Garam 1/2 sdm.
9. Daun jeruk 3 buah.

Bahan untuk merebus ayam: air secukupnya.
Bahan untuk mengungkep ayam: air jeruk lemon lokal 2 buah (ukuran kecil) dan garam 1 sdm.

Cara membuat:
1. Cuci bersih ayam, ungkep dengan bumbu ungkep, diamkan kurleb 15 menit. Cuci bersih, tiriskan. Masak air hingga mendidih, masukkan ayam, masak hingga keluar minyaknya. Angkat, tiriskan, lalu sisihkan.
2. Sambil mengungkep ayam, rendam asem jawa dengan menggunakan air panas (100 ml), diamkan hingga asam jawa bercampur dengan air.
2. Panaskan minyak sayur yang banyak, goreng kacang tanah dengan api besar, sambil sesekali diaduk. Angkat. Haluskan. Sisihkan.
3. Haluskan jahe, garam sebagian, cabe merah, bawang putih, bawang merah, dan gula merah. Sisihkan.
5. Panaskan wajan, masukkan 400 ml air. Masak hingga mendidih. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, daun jeruk, dan air asem jawa. Masukkan ayam, aduk-aduk. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk agar merata. Masukkan gula pasir dan garam apabila masih kurang asinnya. Aduk sesekali pelan-pelan. Masak hingga kental dan keluar sedikit minyak.
6. Angkat dan siap disajikan.

Foto dibawah ini diambil setelah beberapa menit setelah matang,  lama-kelamaan minyaknya keluar.