Jumat, 30 Juli 2010

ROTI MANIS COKLAT EMPUK DENGAN TABURAN MEISES


Buatnya kemarin sore, setelah anak2 tertidur pulas (kurleb jam tigaan) sampai kurleb jam setengah tujuan, abis itu tingal bersih2 alias cuci piring.

Jumat, 16 Juli 2010

AYAM MERAH PEDAS MANIS


Kemarin pas ke tukang sayur, cabe sudah habis, tomat kayaknya juga deh... wualeh2 padahal pingin buat ayam dicabein gitu. Rencana gagal. Pokoknya yg penting dapet ayamnya dulu deh karena yg lain sudah direbutin sm ibu2 dan asisten-asistennya. Pas masuk rumah masih binun masak apa (penyakit ibu2 rumah tangga setiap ke tukang sayur). Masuk dapur. Bersihin ayam, trus diungkep. Masak sayurnya aja dulu deh sambil ngeladenin papa. Papa berangkat kantor, sayur mateng, ngasih makan anak2 dulu. Berhubung makannya rada lama, Nur el ngasih makannya nyambi bolak-balik ke dapur dan tarrra jadi deh menu ini......Seperti biasa penduduk di rumah doyan.

Rafif dan Razaan makan siangnya ga pake lammmmmaaaaa. Ga tau tuh Rafif kalo sudah ketemu bumbu yg pedes2 langsung doyan, apapun.....Berhubung Nur El takut kalo2 dia sakit perut, bumbunya Nur El kasih sedikiiiiiit aja. Kalo Razaan bumbunya dibuangin, dimakan mamanya he he he. Memang mamanya harus masak terus, kayaknya anak2 doyannya masakan yg berbumbu. Kalo kata Rafif, "Ma, enak ya mah ayamnya...pedes", sambil menikmati makanannya. Sampe2 pas sorenya dia yg minta makan duluan sebelum ditawarin Nur El....ck ck ck segitunya.

Tapi kayaknya rasanya mirip dengan ayam panggang pedas asam manis buatan Nur El (resepnya ada disini). Selamat menikmati...:)

SAYUR OYONG BAKSO


Pingin bikin sayur yang praktis, ini dia salah satu menu praktis yang sering Nur El buat. Rafif sama Razaan doyan...oyongnya yah...diapain aja itu oyong mereka berdua doyan. Baksonya sih Nur El yang doyan banget. Liat buanyak banget baksonya...:) Kalo papa sayur apa aja hayuk deh.


Rabu, 14 Juli 2010

BOLU GULUNG KRIM KEJU


Buat ini karena beberapa hari yang lalu Nur El buat bolu gulung pandan srikaya, papa minta dibuatin yang rasa keju. Jadilah ini....

Nur El taruh di tupperware untuk nyimpen roti tawar, biar kalo disimpen di kulkas bisa ditutup rapat biar terjaga kelezatannya..:)

Oh iya kata Rafif dan mbak (pbt) uenak banget....:) Setelah papa merasakan bolu gulung ini kata beliau, "Enak ma. Gimana ga makin cinta, abis dimasakin dan dibuatin kue yang enak2." Bisssssaaaaaaa aja ndut kalo muji, pokoknya belajar teruuuuus


Selasa, 13 Juli 2010

LASAGNA KULIT LUMPIA


Berhubung Razaan, tadi pagi sehabis bangun tidur agak rewel, Nur El jadi ga sempet pergi ke tukang sayur. Pas liat dikulkas masih ada daging giling dan ada keju quick melt. Dicek lagi persediaan susu cair juga masih ada, pas 500 ml, maka muncul lah ide bikin lasagna. Eiiiit tomatnya cuma ada satu buah.....karena pingin masak kilat maka dipakailah saus pasta bolognese merk La fonte. Tapiiiii kulit lasagnanya ga ada. Karena setiap nyari kulit lasagna di supermarket selalu pas ga ada...:( Berhubung sudah pingiiiiiin banget dan yang ada di rumah cuma ada kulit lumpia, jadilah lasagna kulit lumpia.

Saus bacamel atau bechamel kejunya alhamdulillah uenak banget. Padahal tadi bikinnya kira-kira aja. Berhubung keju quick melt rasanya lebih asin dari keju cheddar biasa maka Nur El tidak menambahkan garam pada resep saus ini. Pokoknya uenak deh, tidak eneg.

Kulit lumpia lebih cepet lembek bila kena air, jadi Nur El pakenya tiap lapisan 4 lembar (nyatu). Secara keseluruhan uenak. Tapi besok2 bikin lagi dengan kulit lasagna asli ah...

Senin, 12 Juli 2010

BOLU GULUNG PANDAN SELAI SRIKAYA


Padahal hari ini ga punya niat bikin cake karena kemarin baru pulang dari puncak (arisan keluarga besar). Rafif lagi radang tenggorokan mungkin karena ikutan berenang di puncak. Dan Razaan sudah agak-agak tertular sama Rafif.

Tapi disaat anak-anak tidur siang, Nur El gatel pingin belajar bikin bolu gulung. Dan akhirnya jadi deh buat BOLU GULUNG PANDAN SELAI SRIKAYA. Dengan resep takaran ala Nur El (resep dadakan...ilmu kira-kira ha ha ha) jadi deh bolu gulung yang lembut dan cantik tapi ga ada kulit luarnya he he he.....Ga apa-apa, besok-besok dicoba lagi.....yang penting teteup uenak disantap....:)

Rabu, 07 Juli 2010

SOES VLA VANILA

Alhamdulillah kali ini soesnya ga mimpes. Yuuuk dicoba...:) INSYA ALLAH BISA.



Da lamma ga belajar bikin soes. Pas mau bikin, tapi kok catatan yg diorat-oret hilang, mau browsing ga sempet. Kenapa soes yg duluuuu mimpes, kemungkinan besar karena salahnya suhu pemanggangan dan lammaaa pemanggangan. Alhamdulillah Nur El sudah mengenali oven ini, jadi tadi waktu manggang sok pede dengan bismillah semua terselesaikan. Dan adonan yang duluuu pakai susu, sekarang Nur El coba ga pake susu (di adonan kulit soesnya). Dan hasilnya tarrrraaaa...semoga yang lagi belajar baking bisa juga yah...:)

Untuk pembuatan vlanya, main cemplang-cemplung bahan aja. Alhamdulillah ga encer dan ga ada gumpalan-gumpalan, liciiiiiiiin. Kuncinya adalah....liat resep yah...:) Oh iya tadi bikin vlanya 2 kali, abisnya pas mau dipakai kok ternyata kurang vlanya.

Misi pembuatan soes kesukaan papa terselesaikan (padahal tadi ga niat bikin, tapi alhamdulillah hasilnya membahagiakan Nur El  yang sedang belajar baking ).....besok-besok bikin lagiiiiiiiiii.

Info tambahan nih....kata tetangga (Bu Novie) yang ngerasain soes ini katanya, "Enak tante".....Aduuuuuh seneng banget.... pokoknya belajar teruuuuuuuus.

Jumat, 02 Juli 2010

KLAPPERTAART SINGKONG KEJU



Sebenarnya sudah lama pingin bikin klappertaart ini. Berhubung ada yg belum lengkap bahannya, terutama kelapa muda. Baru deh dibuat tadi siang, ketika Razaan tertidur pulas. Buatnya mudah kok, ayo dicoba...:)

Pertama kali kenal kue ini saat Nur El hamil Razaan. Itupun dibelinya di kantin salah satu rumah sakit di BSD. Sepertinya yang dijual klappertaart klasik, uennnaaaak banget.

Setelah setahun lebih akhirnya Nur El membuat kue ini. Nur El pilih bahannya singkong karena singkong mudah didapat dimana-mana khususnya di Indonesia. Dan Nur El belum pernah membaca  resep klappertaart yang menggunakan bahan singkong. Tadinya pingin pake air kelapa mudanya juga, tapi karena takut Razaan bangun bikinnya kayak gini aja deh tinggal cemplang-cemplung.Jadilah resep jadi-jadian dari Nur El.

Klappertaart ini enak sekali untuk dinikmati. sebenarnya tanpa diberi keju pun sudah nikmat sekali. Kue ini paling nikmat disantap setelah dimasukkan kedalam kulkas.

Kamis, 01 Juli 2010

BLACKFOREST WITH WHIPPING CREAM

Biasanya blackforest diberi isi cherry hitam, tapi berhubung ga ada cherrynya dan dulu waktu Nur El buat pake cherry hitam pada mesen pake selai strawberry aja, abis pada kurang suka cherrynya (apa karena cherrynya kalengan yah. Padahal Nur El beli yg harganya mahal menurut Nur El loh. Kapan-kapan coba pakai cherry yg segar dan dilapisi selai strawberry juga), maka dibuatlah isiannya dng selai strawberry. Dan pake sirup buatan sendiri karena ga suka sirup dari cherry hitam kalengan. Ini buatnya dadakan, abis sudah tergiur sama resep2 bu fat dimilis yg cakenya diberi isian selai strawberry. Tapi Nur  El kok malah buat blackforest yah? Abisnya lagi pingiiiiiiiin, yg pentingkan sama2 pakai selai strawberry.....(maksa banget deh...:)).

Kalau temen2 dimilis sudah pada gape banget bikin cake ini. Kalo Nur El ini yg kedua kalinya. Abis Nur El buat cake cuma untuk keluarga aja.

Blackforestnya untuk guru yang ngajarin nyetir (papa-suamiku tercinta, mudah2an sabar ya ngajarin mama yg grogian). Seneeeeng banget papa suka cakenya. Abis makan malam langsung cakenya disantap, pagi2 sebelum berangkat ngajar Nur El, makan lagi. Sennnnnneeeeeeng banget memuaskan perut misua (suami) dan anak2.