Tuesday, June 29, 2010

PENNE SIRAM SAUS TEMPE NANAS TOMAT


Ikutan Pasta Week-NCC lagi yah...:)

Ini dia resep dadakan karena ingin menghabiskan tempe (yg dibeli kemarin , trus disimpen di kulkas) dan nanas (yg tidak jadi disandingkan dengan udang). Oh iya ditambah daun kemangi sisa bikin ayam kuning kemangi hari ini (resep ayam kuning kemangi ada di blog ini yah).

Nur El pakai nanas yg manis, jadi rasa saus ini tidak asam tapi berasa sekali nanasnya. Tempenya tadi ga sempet digoreng, seperti biasa  Razaan da ga sabar nungguin mamanya. Padahal tadi pagi Nur El masak ayam kuning kemangi, eh timbul ide untuk masak ini. Jadi masak ayam kuning kemanginya disambi2 dng masak saus ini.




Bahan:
1. Tempe 195 gr, potong kotak-kotak.
2. Nanas 93 gr, potong2.
3. Tomat merah 2 buah (260 gr), cincang kasar.
4. Air 150 ml.
5. Minyak sayur secukupnya.
6. Daun kemangi 11 gr, cincang kasar.
7. Pasta penne 90 gr.

Bumbu yang dihaluskan:
1. Bawang putih 2 siung.
2. Kunyit 1 1/2 ruas jari telunjuk.
3. Jahe 1 ruas jari telunjuk.
4. Garam secukupnya.

Bumbu:
1. Daun jeruk 1 lembar.
2. Lada bubuk 1/3 sdm.
3. Pala bubuk 1/4 sdt.
4. Saus tomat 1 sdm.
5. Saus sambal 1/2 sdm.
6. Gula pasir secukupnya.

Untuk merebus penne: air, garam, dan minyak sayur.

Cara membuat:
1. Masak air hingga mendidih, masukkan penne. Tambahkan minyak sayur dan garam. Masak hingga al dente. Angkat, tiriskan, sisihkan.
2.  Panaskan minyak sayur, tumis bumbu yg sudah dihaluskan. Masak hingga harum. Masukkan daun jeruk, aduk2 dan masak hingga harum. Masukkan tomat merah. Masak hingga keluar airnya. Tambahkan air dan masak hingga mendidih. Masukkan tempe. Aduk2 agar bumbu merata. Tambahkan lada bubuk, pala bubuk, gula pasir, saus tomat, dan saus sambal. Aduk2. Tambahkan daun kemangi dan nanas. Masak hingga matang dan bumbu meresap kedalam tempe. Matikan kompor.
3. Ambil piring saji, letakkan pasta penne yg sudah direbus. Lalu tuang saus tempe nanas tomat diatasnya. Siap untuk disajikan.