Rabu, 28 April 2010

CHOCOLATE SOUR CREAM PUDDING

Tadinya pingin bikin puding coklat pakai susu cair tapi susu cairnya ga ada. Di kulkas yg ada cream cheese (niatnya utk bikin cakenya Fila dan Kak Lia, sour cream (da lama beli tapi blm kepikiran mau dibuat apa), dan mozarella (pingin bikin pizza ga jadi jadi....repoooot). Jadi yg dipakai sour cream aja dan coklat masak pekat yg sudah kebuka dr bungkusnya. Yg pasti ga pake acara panggang memanggang, cuma campur semua bahan, masak, cetak, masukkin kulkas, jadi deh...:).

Seperti biasa resep dadakan asal jadi yg penting uenak. Pudingnya lembuuuut.

Senin, 26 April 2010

MUFFIN PISANG KEJU


Buat ini sore2, kurleb jam setengah limaan, bisa dilihat foto2nya jadi kurang ada cahayanya. Muffin ini dibuat krn pisang ambonnya ga dimakan2 sama Razaan dan Rafif, dr pada nanti busuk dan kebuang begitu saja jadi deh buat cemilan ini.

Muffin ini empuk dan kalo sudah dingin masih tetap empuk dan uenak.

Sabtu, 24 April 2010

TIRAMISU MOCACINNO



Lagi pingin bikin Tiramisu untuk keluarga yg pada dateng, tapi mascarpone bubuk cuma ada 100 gr. Berhubung dulu pernah buat dan Nur El pingin cheese whipping creamnya buanyak jadi deh dng modal seadanya dibuat (blm sempet belanja lagi ke TBK).

Tapi alhamdulillah kata yg sudah icip2...udah uenak kok. Ingat lebih enak makannya kalo sudah disimpan di lemari es dan cheese whipping creamnya sudah mengeras jadi kayak es krim. Ayo coba buat, gampang kok....:)

MUFFIN KEJU (empuk)

Muffin ini empuuuuuuk, tadi buatnya buru2 keburu keponakan pada dateng. Nur El kotak2 resep muffin keju Nur El sebelumnya (setelah resep muffin keju empuk ini, Nur El tulis resep2 Muffin keju Nur El sebelumnya, dan yg paling Nur El dan keluarga suka adalah resep yg ini). Liat fotonya buru2, abis tamunya dah pada dateng, ternyata yg dateng lebih dr perkiraan tapi gpp Nur El sekeluarga seneng banget. jadi rame deh rumahnya.

Oh iya Muffin ini dalam kondisi dingin masih empuk dan uenak. Kata Dira (keponakan yg cuantik dan pinter), "Enak dan terasa kejunya". 


Resep Muffin Keju (empuk) sebagai berikut:

Kamis, 22 April 2010

AYAM PEPES PANGGANG


Niatnya pingin bikin pepes ayam tapi rada males bungkusin ayamnya pake daun pisang dan mantengin ayam dikukusan takut2 airnya kurang. Jadi deh bumbunya bumbu pepes tapi dimasaknya dng cara dipanggang.


Selasa, 20 April 2010

SAMBAL UDANG CABE HIJAU


Bahan:
1. Udang 1/2 kg, buang kepala dan bagian ekornya yg tajam.
2. Minyak sayur secukupnya.


JUS STRAWBERRY KIWI MADU


Bahan:
1. Strawberry 14 buah (dr dalam kulkas), potong2.
2. Buah Kiwi 2 buah (dr dalam kulkas), kupas, potong2.
3. Madu 2 bungkus 40 ml.
4. Gula pasir 1/2 sdm.
5. Air dingin 100 ml (kalo mau lebih encer, tambahkan lagi airnya).

GULAI TELUR BEBEK DAN TELUR AYAM CEPLOK


Niatnya bikin gulai telur bebek, tapi krn telur bebeknya sudah lama dibelinya jadi kalo pas dipecah kuning telurnya da pecah langsung Nur El buang. Meskipun sebelumnya sudah dicek pake metode ditenggelamkan kedalam air dan tidak ada yg mengambang, jadi ke 9 telurnya masih oke. tapi tetep kalo kinung telurnya da pecah, buang aja deh. Jadi dalam resep ini ditambahkan telur ayam (padahal Nur El rada kapok bikin gulai ini pake telur ayam, tapi bismillah aja deh).

Metode menyeplokkan telur kedalam bumbu gulai adalah metode mamanya Nur El (nenek ndut). Knp metode ini dipakai krn ayah Nur El (ompung ndut) suka banget makan gulai telur, cm biar ga ngerepotin nenek utk ngerebus telur, ngupasinnya lagi akhirnya dipakailah metode nyeplokin telur didalam bumbu gulai.

SHRIMP KATSU


Buat ini cepet2 karena sudah dipanggil2 sama Razaan. Jadi ga lurus deh udangnya. Tapi gak apa-apa, yg penting rasanya uenak dan Razaan suka banget.

Senin, 19 April 2010

TAHU GORENG PANIR


Bahan:
1. Tahu sutra 317 gr, potong jadi 5 bagian lalu belah 2 bagian lagi.
2. Telur 3 butir, kocok lepas.
3. Tepung roti kasar atau tepung panir kasar  kurleb 110 gr.
4. Garam 1/3 sdt.

Sabtu, 17 April 2010

SQUID KATSU


Bahan:
1. Cumi-cumi 1/2 kg, buang kulit, potong 1/2 cm berbentuk cincin.
2. Tepung roti putih kasar 100 gr.
3. Tepung terigu 7-8 sdm.
4. Minyak sayur secukupnya.
5. Jeruk lemon 2 buah ukuran kecil, ambil airnya.
6. Bawang putih bubuk 1/3 sdt.
7. Garam 1/2 sdt.
8. Telur 1 butir, kocok lepas.

Kamis, 15 April 2010

MARTABAK MANIS COKLAT WIJEN (Happy Call)


Ini martabak yg keempat Nur El buat dng gaya dan resep yg Nur El rubah sedikit2. Dan ini resep yg paling oke. Empuk (tdk seperti bolu), pori2nya (sarang2nya) merata dan tinggi2 (kalo difoto kurang jelas yah), tinggal ditambah butter/ margarin yg enak utk ngolesinnya jadi deh tambah uenak.

Kalo menurut Nur El adonan martabaknya jangan pake susu cair semuanya nanti malah jadi seperti bolu atau apem (pengalaman Nur El bikin martabak), jng juga ditambahin margarin didalam adonannya (apalagi kalo pake susu cair semuanya nanti kayak bolu banget) pengalaman Nur El juga.

Jadi inilah resep temuan Nur El yg Nur El suka (utk smp detik ini), martabaknya pas tebelnya (buat Nur El) dan pori2nya jg oke.

Ini dia resep ala Nur El. Hasilnya silahkan dicoba yah...

Selasa, 13 April 2010

MARTABAK MANIS COKLAT (Happy Call)


Sebenarnya ini sudah yg ketiga kali bikin martabak manis. Cuma baru sekarang Nur El foto dan baru sekarang juga adonannya ga pake susu cair hangat. Adonan kali ini ditambahkan baking powder dan soda kue (dikit aja). Krn penasaran pingin punya tekstur kayak martabak abang2 tukang martabak.

Ini dia resep ala Nur El. Hasilnya silahkan dicoba yah...

Senin, 12 April 2010

PUDING CAKE COKLAT


Ceritanya nyambung dari waktu bikin blackforest with butter cream yg bertema kerang diatas pasir putih. Sisa2 yg gagal dibuat ini aja deh...:) Asaaaaaaaaal.

Tapi alhamdulillah habis ludes disantap papa, Nur el, Rafif, keponakan2 dan keluarga si mbak (pembantu Nur El).

BLACKFOREST WITH BUTTERCREAM




Kue ini untuk ultah Rafif yg ketiga, anak Nur El sudah 3 tahun. Tadinya bikin ini mau pake whipping cream, biar uenak, lembut membelai lidah. Tapi hari itu cuacanya panas banget dan Nur El lupa nyalain AC, abis sudah keasyikan di dapur (alhamdulillah anak2 ga pada rewel, paling2 Rafif yg suka gangguin adiknya). Krn cuaca panas eh 2 kotak whipping cream yg sudah mengembang kok kurang kokoh, padahal biasanya kokoh. Lalu Nur el masukin kulkas, berharap menjadi lebih kokoh. Eh pas dicek, kok ga kokoh2 agak2 lembek. Dikocok lagi deh, loh kok malah mencair (waduh rasanya sedih banget). Tinggal satu kotak lagi, dikocok eh dia mengembang, namanya juga lagi belajar dan suka sayang sama barang, jd whipping cream yg tidak mengembang dimasukkan kedalam yg mengembang (berharap ikut mengembang juga). Sudah ketebak donk hasilnya, semua tidak mengembang. Papa masih di Cirebon, ga mungkin donk pergi ke swalayan bawa dua anak (mbak yg suka bantuin sudah pulang). Sempet rada frustasi, tapi keinget punya mentega putih tawar dan shortening yg ga pernah dipakai, langsung bongkar2 kotak penyimpanan dan nyari resep buttercream disana-sini, waduh harus ada susu kental manis, soft cream mmmmh :(. Nur El ga punya, punyanya coklat putih dan susu bubuk. Tutup semua contekan dan tumbuhkan percaya diri. Jadi deh seperti biasa mengarang resep. Ini lah resep buttercream Nur El yg pertama kali.

Untuk cake coklatnya tadinya pake 8 telur, krn yg terbayang punya loyang utk 8 telur (gini nih bikin kue sambil diajak ngobrol sama Rafif).Eh pas da dikocok dan dituang keloyang dan dipanggang.Eh ga taunya cakenya menggunung. Jadi cake coklatnya gagal (padahal cakenya lembuuuut banget). Demi Rafif ngocok telur lagi deh dan bikin 6 telur aja diloyang bundar.

Karena sudah lelah, Nur El ga bikin sirup utk mercikin cakenya. Nur El pake air dr cheery kalengan. menurut Nur El lebih enak kalo pake sirup buatan sendiri.

Kalo utk hiasannya ga da masalah krn cuma nyairin coklat dan dicetak2, masukin kulkas dan freezer. Awal2 ngeluarin coklat kerangnya membuat cetakkannya retak, selanjutnya tidak masalah krn ternyata cuma ditepuk saja coklatnya sudah copot.

Tapi alhamdullilah, keluarga besar Nur El bilang uenak dan waktu baru dibuka keponakan2 Nur El kira cakenya dibeli di toko kue, padahal buatan Nur El sendiri. Mereka seneng banget nyomotin coklatnya. Yang pasti Rafif seneng banget sudah dibuatin cake khusus buat dia. Oh iya bikin temanya kerang diatas pasir putih (mentang2 mantan anak perikanan hi hi hi, lagi pula nemu cetakkannya yg bagus cuma itu ). Kalo ada kurang ini itu akan Nur El coba perbaiki lain waktu.

Rabu, 07 April 2010

MOUSSAKA (keju cheddar dan kentang)


Terinspirasi oleh teman yg tinggal di Turki, Nana bikin Cheese Spreaded Eggplant resepnya nana ada disini Nana  (liatnya waktu intip2 facebook, udah ga rajin bikin status abisnya nur el takut jadi ketagihan facebook lagi sedangkan waktunya tak ada), jadi deh bikin masakan yg satu ini. Yg pasti sama2 masakan mediterania cm ala Nur El jadi udah produk dalam negeri....hi hi hi (asal lagi deh). Seperti biasa kalo sudah masuk dapur asal cemplang-cemplung (teteup hrs diukur habis mau dimasukin disini hi hi hi), sm kayak orang2 pake perasaan aja dan bismillah insya Allah uenak dilidah yg makan (keluarga tercinta pastinya).

Senin, 05 April 2010

TIRAMISU CAPUCINO


Yang pasti uenak banget kalo lagi kepingin ga beli lagi.  Cheese whipping creamnya ga banyak krn cuma utk konsumsi pribadi...:) Biar ga tambah ndut, tapi utk melepas rindu dng tiramisu.

Sore2 diluar rencana bikin cake ini tanpa ngebaca2 buku tanpa buka notebook, jadi deh Tiramisu ala Nur El. Kalo kurang maaf yah, namanya juga baru pertama kali. Yg penting uenak dan bikin ketagihan.

Lupa ngasih tau, fotonya diambil pas besok paginya jadi udah sisa dan bagian atasnya sudah melengkung (saking lembutnya ini cake, dipotong tipis2 terus sih). Pokoknya besok2 buat lagi, mumpung masih ada mascarpone bubuknya....:)

AYAM SAUS TERIYAKI BERWIJEN


Bahan:
1. Ayam 1 ekor, dipotong jadi 12 (spt biasa kepala, kulit, ceker, dan leher tdk diikut sertakan)
2. Daun bawang 1 batang, iris2.
3. Air 400 ml.
4. Minyak sayur secukupnya.
5. Wijen 1 sdm.

TUMIS SAWI HIJAU BAKSO


Bahan:
1. Sawi hijau yg sudah dipotong2 176 gr.
2. Bakso 10 buah, potong2 1 bakso jadi 3 bagian.
3. Air 100 ml.
4. Minyak sayur secukupnya.

Minggu, 04 April 2010

BROWNIES WIJEN


Kue ini adalah kue pertama yg nur el buat utk suami (dulu masih calon yah) tapi ga pake wijen. Waktu papa makan brownies ini dia menikmati banget kata beliau mengenang masa lalu :)

Dulu nur el bilangnya ini cake coklat tapi kata temen2 kantor nur el ini namanya brownies (padahal waktu nur el ngasih temen2 susu bubuknya cuma 2 sdm). Kata mereka sih uenak, tapi sekarang nur el da ga kerja lagi dan teman2 sudah banyak juga yg tdk bekerja dikantor yg sama, curhat deh.....kangennnnnnn.

Jumat, 02 April 2010

PANDAN CHIFFON CAKE (tepung beras)


Bahan A:
1. Tepung beras 100 gr.
2. Tepung sagu 15 gr.
3. Minyak sayur  50 ml.
4. Kuning telur 4 butir.
5. Gula halus 50 gr.
6. Vanili bubuk 1/3 sdt.
7. Pasta pandan 1/2 sdt.
8. Santan instan 90 ml.

STRAWBERRY CHIFFON CAKE (tepung beras)




Kenapa bikin chiffon cake ini? Krn ada strawberry yg ga dimakan2 sama si penggemar strawberry (Rafif), padahal biasanya dia doyan banget walaupun rasanya kecut2 seger gitu. Akhirnya strawberry disulap jadi cake. Seperti biasa pasti Rafif nanya, "Ma ini kue untuk Rafif?".

Waktu dimakan terasa ada biji2nya yg bikin sensasi tersendiri dr chiffon cake ini ditambah selai strawberry yg asem2 manis mmmmmm uenak...Ini resep dari Nur El (liat deh ga jauh2 dari resep sebelumnya, cuma diganti2 dikit).