Kamis, 28 Januari 2010

BANANA CHEESE SCONES






Ikutan NCC Banana week lagi, buat rame2in aja. Scone ala Nur El. Yg pasti scone ini bs bikin ketagihan, mau lagi ...lagi... dan lagi. Paling enak makan ini hangat2 dan minum  teh manis hangat.


Scone itu apa? Bisa dibaca disini nih  http://en.wikipedia.org/wiki/Scone_(bread).

Sabtu, 23 Januari 2010

BLUEBERRY ORANGE CHEESECAKE


Baru pertama kali buat cake ini, alhamdulillah berhasil, hiasannya kurang ciamik he he he masih pemula sih. Gara2 sering baca milis ttg cake satu ini jd penasaran banget.
Ditambah baca2 blognya mbak Riana (makasi atas begitu banyak info dr blognya http://pennylanekitchen.blogsome.com/), menambah semangat tuk nyoba. Jd dng bahan seadanya nur el membuat,

Resepnya seadanya, abis yg ada dirmh bahannya baru ini tp da gatel pingin buat. Nyari blueberry segar di Carre4 ga nemu, yg ada kalengan, jd ga beli deh. Blueberrynya dr selai aja deh...

CREAMY COCCIOLINI

Abis belajar nyetir sm papa, langsung repot hrs nyediain sarapan buat Rafif dan Razaan jd deh buat ini aja. Razaan yg masih belajar makan nasi, lahap banget makan nasi pake kuah creamy cocciolini. Kalo Rafif jng ditanya, dia doyan. Kalo papa gampang sarapannya outmeal aja.


Kamis, 21 Januari 2010

ES KRIM PISANG COKLAT CHIP (tanpa mesin pembuat es krim)



Mbak Arfi mengirim ke NCC banana week ttg es krim dan biskuit. Jadi deh Nur El gatel pingin ikut ramein acara ini dng es krim pisang ala Nur El.

Sudah lama pingin buatnya tapi berhubung es krim moka coklat chipnya resepnya ada di http://mama-rr.blogspot.com/ baru abis hari kamis jd bikin es krim ini hari jum'at. Biar bisa dimakan pas hari sabtu...:)

Bagi yg tdk suka bau pisang, es krim ini bs dicoba.....uenak. Kalo pingin bau pisangnya tercium sekali, gula palem diganti gula halus aja.

AYAM PANGGANG PEDAS ASAM MANIS


Ini permintaan suami tercinta, mintanya sih ayam dipanggang bumbunya apa aja. Spt biasa mama-rr mengarang resep. Jdnya ini deh.

Hari ini setiap nelpon papa nanyain, "Da jd ma, ayamnya?". :)  Pulang kantor langsung deh ayam panggangnya dilahap habis sm papa. Kata papa sih uenak bangets. Disajikan dng lalap seadanya (daun kemangi, timun, dan kacang panjang).

Rasanya seneeeeeeeeng banget sdh membuat papa senang hari ini. Perjuangan yg panjang terbalaskan oleh kepuasan papa menyantap ayam panggangnya.

Matengnya da sore hujan pula, jadi  fotonya kurang oke deh, yg penting rasanya uenak. Nur El memanggang ayam ini dengan menggunakan rotisserie.

SAMBAL TERONG UNGU DAN TERI NASI

Sebenarnya hari ini bikin ayam panggang pedas asam manis, tapi berhubung persiapannya luamma jd mama buat ini aja buat disantap pas makan siang dan tambahan tuk makan malam.

Yang pasti Rafif doyan banget sm sambal terong ungu dan teri nasi. Nyam nyam makanan di piring Rafif cepat sekali habisnya...:)


CAKE TEPUNG BERAS MACHIATO

Buat isengan tukang, sore2 sambil minum kopi, tapi ternyata Rafif dan Razaan doyan...:)

Mumpung masih sehat dan masih ada tepung beras buat ini aja deh...spt biasa mengarang lagi.


Rabu, 20 Januari 2010

BROWNIES COKLAT CUP KECIL (1 telur jd 12 cup kecil)


Kalo mama lg di dapur pasti Rafif bertanya, "Ma, masak apa? Masak kue Rafif yah?". Mama, "Hari ini mama ga buat kue ya, Fif". Tapi dr pagi smp tdr siang Rafif selalu mengajukan pertanyaan yg sm. Sedangkan di dapur cuman ada 1 butir telur.

Berhubung hari ini hujan terus, mama lupa mau nitip beliin telur sm mbak (pbt). Smp mbak pulang mama masih lupa nitip beliin telur.

Tapi pertanyaan Rafif selalu ada didalam pikiran mama. Setelah berhasil mengajak ank2 tdr siang mendekati sore. Mama langsung ke dapur dan nguprek2 bahan yg ada. Taraaaaa jadi jg bikin kue sore ini dan hasilnya oke bangets. Rafif, Razaan, dan papa doyan banget. Sayang cm jd 12 kue.

Selasa, 19 Januari 2010

BROWNIES TAPE SINGKONG

Sebelum tdr siang Rafif minta dibuatin kue. Setelah ank2 tdr mama buatin kue ini.

Pas kuenya matang, pas pula ank2 bangun. Setelah brownies agak dingin ank2 menyantapnya. Yang pasti Rafif dan Razaan doyaaan banget, abis lembut sih browniesnya. Kalo papa sdh pasti doyan...:)


SAMBAL GORENG ATI AMPELA AYAM DAN KENTANG


Bahan:
1. Ati ayam 5 pasang.
2. Ampela ayam 5 buah.
3. Kentang 5 buah.
4. Minyak sayur secukupnya.
5. Jeruk nipis 2 buah, ambil airnya.

Senin, 18 Januari 2010

AYAM ASAM MANIS


Bahan:
1. Ayam 1 ekor, potong 12 (tdk pakai kepala, kulit, ceker)
2. Air 100 ml.
3. Minyak sayur secukupnya.
4. Jeruk nipis 2 buah, diambil airnya.
5. Air utk merebus ayam secukupnya.

Minggu, 17 Januari 2010

MUFFIN PISANG KACANG TANAH

Alhamdulillah tukang servicenya dateng. Muffin ini adalah kue yg dijadikan bahan percobaan tuk ngetes oven barunya. Dan ternyata hasilnya oke banget.....

Bahan:
1. Tepung terigu 250 gr.
2. Gula halus 50 gr.
3. Gula palem 50 gr.
4. Telur 2 butir.
5. Mentega 100 gr, lelehkan.
6. Vanili bubuk 1/4 sdt.
7. Baking powder 1/2 sdt.
8. Soda kue 1/2 sdt.
9. Pisang 120 gr, iris2 kecil.
10. Kacang tanah 50 gr, disangrai.
11. Susu bubuk 20 gr.
12. Susu cair 50 ml.




Sabtu, 16 Januari 2010

ES KRIM MOKA COKLAT CHIP (tanpa alat pembuat es krim)

Ini percobaan kedua dlm membuat es krim, percobaan pertama gagal. Kegagalan mungkin krn adonan terlalu lama dimasak. Dan terlalu manis krn mama lupa nyicipin whipcreamnya, ternyata itu whipcream rasanya da manis. Jd deh es krim gagalnya maniiiiis banget smp ga berani makannya, ngilu di gigi.


Es krim moka coklat chip ini uenak banget. Setelah makan es krim ini akan masih berasa eskrim dimulut anda. Pokoknya uenak. Rasanya ga kayak es krim ecek2.  Saat lumer di mulut lembuuuut deh....:)

CAKE KUKUS PISANG MOKA


Tukang service kompor-ovennya blm dateng juga jdnya bikin cake kukus aja deh. Tuh kompor-oven da dibeli hampir semingguan tapi ga dipake2. Abisnya kalo dipasang sendiri takut ga dpt garansinya kalo2 nanti tuh kompor-oven rusak. Bisa2 berabe deh...

Tukang service ga jd dateng katanya bsk baru dateng...:( Tapi tangan mama da gatel pingin buatin sesuatu buat papa & Rafif, yg gampang aja deh mumpung ada sedikit pisang....ini nih jadinya...:)

Jumat, 15 Januari 2010

SOP BAKSO COCCIOLINI

Untuk sayurnya ini aja, krn bahan yg ada di kulkas dan lemari dapur ini aja...:)

Ga sempet bikin bawang goreng krn Razaan da manggil2. Bye bye dapur....




BAKWAN MIE BAWANG PREY KORNET SAPI

Hari ini tukang sayur langganan ga masuk, utek2 lemari dapur dan kulkas yg ketemu mie bawang prey oleh2 dr temen kantor papa. Ada telur dan kornet, lg pingin masak yg ringkes dan cepaaaat. Jadi deh bikin ini aja...:)

Dibilang bakwan krn setelah digoreng penampakannya kayak bakwan..(asal deh...:) ).


Bahan:
1. Mie bawang prey 100 gr.
2. Kornet sapi 180 gr.
3. Air secukupnya, utk merebus mie.
4. Minyak sayur secukupnya.
5. Telur 4 butir.

Bumbu:
1. Bawang putih 5 siung,
2. Garam 1/2 sdm.
3. Gula pasir 1/3 sdm.
4. Lada hitam bubuk 1/2 sdm peres.

Kamis, 14 Januari 2010

TUMIS KANGKUNG

Disempet-sempetin nih nulis, padahal sibuuuuuk sm dua ank yg kuecil2. FB dan milis lewat dulu deh, paling2 intip2 aja kalo lg pingin tau kabar temen2.

Tumis kangkung uenak banget apalagi kalo temennya ikan tongkol cuek...uenaaaaaaak.




SAMBAL TONGKOL CUEK

Masakan ini kesukaan papa, mama, dan Rafif. Apalagi bila dipadukan dng tumis kangkung mmmmm uenak.

Bahan:
1. Ikan tongkol cuek 6 ekor.
2. Minyak sayur secukupnya.

Rabu, 13 Januari 2010

GULAI TELUR AYAM


Bahan:
1. Telur ayam 8 butir.
2. Air 500 ml.
3. Kacang panjang 10 buah.
4. Kentang 4 buah.
5. Santan Sun Kara 195 ml.
6. Minyak sayur secukupnya.
7. Air utk merebus telur secukupnya.

Selasa, 12 Januari 2010

TOFU GORENG PANIR (Nugget Tahu)

Sambil nungguin oven gas plus kompor baru, yg mau dateng. Bikin deh ini, iseng2 berhadiah.
Tadinya pingin makan tahu goreng, tapi yg ada dikulkas tofu, jadi deh bikin ini aja. Sebagian bs dibawa buat anak dan cucu mbak (yg suka banget kalo dibawain makanan masakan Nur El :)  ).

Beli oven baru krn oven listriknya ngambek. Setelah dirayu oleh papa dng cara membawa2 istriny ngeliatin oven dimana2, jd deh setelah sekian lama dirayu, Nur El (si mama yg suka sayang ngeluarin duit tuk diri sendiri) tergiur. Abis tuh oven gas plus kompor kereeen banget, tapi harganyaaaaa ..........sayang duitnya.

Senin, 11 Januari 2010

TUMIS BROKOLI WORTEL JAGUNG PUTREN

Bingung bikin sayur apa, bikin ini aja simpel. Oseng2, jadi deh...:) Yg pasti Rafif doyan banget, segeeeer.

 Bahan:
1. Wortel impor 1 buah.
2. Jagung putren 5 buah (kecil2).
3. Brokoli 100 gr.
4. Minyak sayur secukupnya.
5. Air 150 ml.

AYAM IJO LADA HITAM

Masak ini sambil setengah teleeer (alias lg ga enak badan), sebenarnya lagi pengen masak ayam cabe ijo tapi jadinya masak ini nih he he he.

Bahan:
1. Ayam 1 ekor.
2. Air kelapa 250 ml.
3. Minyak sayur secukupya.
4. Jeruk nipis 1 buah, ambil airnya.

Kamis, 07 Januari 2010

TUMIS KACANG PANJANG

Ini masakan kesukaan papa, banget tapi papa tidak boleh makan ini banyak2 dan sering. Papa paling suka makan sayur kalo ada kuahnya. Jadi tumis kacang panjangnya seperti ini. :)


Bahan:
1. Kacang panjang 1 ikat.
2. Air secukupnya.
3. Minyak goreng secukupnya.

TUMIS PEDA MERAH JAWORCIS (Jagung, Wortel, Buncis)

Ini resep kesukaan mama, bisanya ga pake wortel tapi berhubung buncisnya terlalu sedikit jadiny ditambahin wortel aja deh...:) Bagi penggemar ikan asin, silahkan dicoba....:)

Bahan:
1. Ikan asin peda merah 2 ekor ukuran sedang, 55 gr setelah digoreng dan disuir2.
2 Jagung 1 buah, setelah disisir jadi 110 gr.
3. Buncis 45 gr, setelah dipotong2 serong.
4. Wortel 125 gr, setelah dipotong2 serong.
5. Air 200 ml.
6. Minyak goreng secukupnya.

Rabu, 06 Januari 2010

SAMBAL IKAN PISANG-PISANG

Bahan:
1. Ikan pisang-pisang 1/2 kg. (3 ikan).
2. Minyak sayur secukupnya.
3. Jeruk nipis 3 buah (kecil2), diambil airnya.


SAMBAL UDANG REBON

Ini kesukaaan mama-rr...lg pengeeeen banget jd buat deh...:)

Bahan:
1. Udang rebon asin 250 gr (kalo bs jng yg asin banget, jd pas gitu :) ).
2. Minyak sayur secukupnya.


SAYUR BENING OYONG






Bahan:
1. Oyong 217 gr.
2. Air secukupnya.
 

Selasa, 05 Januari 2010

PASTEL TUTUP ISI DAGING GILING DAN SAYURAN

Gara2 terlalu lammaaaa da nungguin temen di fb ngirimin status bikin pastel tutup. Da ngences terus. Tapi temen ku ternyata sekarang hamil dan resep pastel tutupnya tak kuncung datang.

Baca buku resep ada pastel tutup (buku yg nyasar kebeli,saking pingin bikin pastel tutup), pastel tutupnya cuantique banget. Tapi bahannya kebanyakan gada. Jadi deh bikin resep sendiri aja, disesuaikan dng bahan yg ada  di rumah :)


Senin, 04 Januari 2010

CAKE PISANG KISMIS TEPUNG BERAS












                                                      Semenjak liat pengumuman di milis NCC ttg akan diadakannya NCC Banana Week, langsung deh yg dipikirin pisang terus dan cake tentuny. Knp cake yg dipilih? Krn ga ribet, bisa ngurusin ank2 sambil mencoba2 membuat cake untuk ikutan lomba. Ga menang gpp, udah bs partisipasi aja dah seneeeeeng banget.