Thursday, December 31, 2009

KUE CINCIN BETAWI ala Nur El




Dua hari mengerjakan kue ini selain makanan dan masakan yang lain. Tapi yg ini pualiiiing hueboh. Tapi berhubung kue ini kesukaan ayah (ompung) jd semangat ngerjainnya.

Beberapa hari yg lalu mantan mbak kesayangan Nur El dateng kerumah, dia kangen sama Nur El ;p. Mbak Naomih dan ibuny dateng bawa kue cincin, ikan bandeng 3 ekor yg besar2 dan seger, dan buanyaaaaaaak rambutan. Pas ditanya kuenya siapa yg buat? Eh dia bilang si nenek yg buat, langsung deh Nur El tanya cara membuatny Tapi nenek hanya memberikan resepnya ga kasih tau secara rinci bagaimana buatnya. Resep dari beliau 500 gr tepung beras, 500 gr gula merah, dan 1 butir kelapa. Kata nenek (ibunya si mbak) kelapanya ga usah disangrai.



Bermodal nekat kemarin buat kue ini. Keribetan yg terjadi:
1. Kelapa parut ga ada di tukang sayur. Adanya yg utuh. Jadi deh ngupas dulu dan marut manual dulu, ngerjain ini mbak (pbt) dah pulang.
2. Ga dikasih tau nyairin gula merah pake berapa ml air. Jd deh ngarang nyairinny pake air kelapa 400 ml.
3. Eh kelapa yang sudah diparut harus disangrai dulu.
4. Eh ulenin sampai kalis. Berhubung nyairinny pake air kelapa 400 ml (mikirnya kayak mau bikin karamel 50:50, ternyata salah booooo), jadi deh adonan enceran dikiiiiit. Haram ditambahin tepung beras 150 gr.
5. Buat adonanny sore jam 15.05, baru bisa digoreng lebih baik tunggu semalaman. Berhubung punya 2 anak yang masih kecil jadi deh abis sholat subuh membuat cincin dan menggorengnya.
6 Oow menggoreng hrs smp kayak apa? Puih cobaan lagi.
7. Eh kok retak2, seumur2 makan kue ini retakny ga separah ini.
8.Tapi semua selesai dengan senang karena walaupun retak rasanya tetep enak, kalo kata mbak (pbt sekarang) mungkin retaknya krn pake kelapa. Kata dia kalo di kampung ga pake kelapa. Jadi ga retak. Yap nanti kita pelajari lebih lanjut.
9. Eh lupa kalo kata mbak ngadonin gula merah dalam kondisi dingin tetapi pas baca di prbunda ngadonin harus dalam kondisi panas-panas. Wkwkwk sendok sayur plastik dan tangan jadi senjatanya deh.


Alhamdulillah pas ngadonin Rafif lagi gak rewel dan Razaan lagi tidur. Jd tenang ngerjainnya walaupun didalam pikiran Nur El,"Ayo cepetan nanti keburu Razaan bangun". Membuat cincin dan menggorengny anak masih pada tidur. Tapi mengorengnya tidak sampai adonan habis karena Razaan sudah minta diurus dan papa juga harus diurus karena mau berangkat ke kantor.

Rasa kue cincin ini tidak seperti kue cincin betawi yg dijual di pasaran, teksturnya juga berbeda. Yang membuat rasanya berbeda mungkin karena di adonannya Nur El tambahin kayu manis dan cengkeh. Teksturnya berbeda mungkin karena kelapa parutnya Nur El sangrai dulu dan Nur El pake air kelapa. Tapi kalo soal rasa, kue ini teteup uenak.

Bahan:
1. Gula merah 500 gr.
2. Tepung beras 650 gr.
3. Kelapa 1 buah, setelah diparut menjadi 334 gr.
4. Air kelapa 400 ml.
5. Garam 1/2 sdm.
6. Kayu manis bubuk 1/2 sdm.
7. Cengkeh bubuk 1/2 sdm.

Cara membuat:
1. Kupas kelapa, parut, sangrai sambil diberi garam. Sisihkan.
2. Campur kelapa parut sangrai dengan tepung beras. Sisihkan.
3. Cairkan gula merah dng air kelapa, kayu manis bubuk, dan cengkeh. Setelah semua lumer dalam kondisi panas masukkan ke campuran tepung dan kelapa parut sangrai.
4. Uleni hingga kalis. Simpan semalaman (Nur El tidak memasukkannya kedalam kulkas, diamkan sambil ditutup kain).
5. Setelah semalaman disimpan buat cincin dng cara ambil adonan kurleb 20 gr, dibulatkan terus digepengkan dan dibolongi, goreng dengan minyak panas dan banyak, pakai api sedang.
6. Setelah matang angkat dan sajikan setelah setengah hari disimpan. Biar
uenak makanny.

Ini contoh adonan yang kalis, kata si mbak yg suka bantuin saudaranya bikin kue ini, adonanny cakep. :)



Ini contoh kelapa yang disangrai