Thursday, December 3, 2009

BOLU KUKUS PANDAN HATI



Bahan:
1. Tepung terigu 2 gelas belimbing (tdk dipadatkan)
2. Gula pasir 1 1/2 gelas belimbing (tdk dipadatkan)
3. Telur 4 butir
4. Susu ultra 400 ml
5. Emulsifier 1/2 sdt
6. Vanili 1/2 sdt
7. Baking powder 1/2 sdt
8. Paste pandan 1/2 sdt rata dng sendok
9. Susu bubuk 2 sdm



Cara membuat :

Langkah 1 :

Kocok gula dan telur 10 menit dengan mikser miyako terpasang di standingnya kecepatan no. 3 Sesekali bantu aduk dengan spatula adonan gula+telur ini karena kadang ada endapan di dasar baskom. (mengaduknya, mikser tetap jalan tidak dimatikan)

Langkah 2 :

Setelah 10 menit langkah 1 tadi tambahkan emulsifier.Langkah kedua ini baskom tetap terpasang di stand mikser dan adonan di kocok dengan kecepatan no. 3 selama 10 menit.Emulsifier langsung ditambahkan ke baskom, mikser tidak dimatikan dulu. Jangan lupa sesekali juga harus diaduk dengan spatula karena kadang ada ovalett yang nempel-nempel di baskom dan supaya tercampur rata.

Langkah 3 :

Sambil menunggu 10 menit, naikkan dandang ke kompor, api sedang dan air di kukusan cukup banyak tapi jangan kepenuhan.

Langkah 4 :

Campur baking powder,susu bubuk, dan vanilinya ke tepung supaya nanti gampang menuangnya.

Langkah 5 :

Tepat menit ke 10 turunkan kecepatan mikser jadi no.1,
lalu tuang sekaligus susu ultra (cair), langsung ambil mangkok isi terigu+vanili+baking powder+susu bubuk lalu tuang sedikit2,bantu aduk dng spatula agar adonan menyatu matikan mikser.
(sewaktu menuang susu ultra, terus campuran tepung kondisi mikser tetap berjalan di kecepatan no 1 jadi kalau waktu dihitung kasar kira-kira kurang dari 1 menit antara susu ultra di tuang sampai campuran tepung ditambahkan)

Langkah 6 :

Beri paste pandan,aduk agar merata pakai spatula.

Langkah 7 :

Kukus minimal 45 menit,dng api sedang. Jangan buka-buka kukusan. Perhatikan kukusan jangan sampai ada yang bolong sehingga uap bisa keluar, kalau perlu alasi tutup dengan serbet bersih.

Laqngkah 8 :

Angkat sajikan hangat


Dng baking powder dan emulsifier jauh lebih sedikit dr bolkus cinta maju terus pantang mundur hasilny tetep enak dimakan dan lembut.                                                                                                                                                                            .