Thursday, December 3, 2009

BOLKUS CINTA MAJU TERUS PANTANG MUNDUR

Pagi2 hrsny da siap2 kermh nyokap tp berhub.masih penasaran krn td malem rada bantet *tp pd makan juga,tinggal sisa dikit :)* dan bocah2 masih pd tdr.Masuk ke dapur dannnnnn hiyattttt awas ya bolkus tak tantang dikau,pastiny dng bismillah ga berhenti smp bolu dipotong.Dan berakhir bahagia krn ini bolkus paling sukses yg pernah dibuat,ga bantet tet tet,alhamdulillah akhirny. Abis tuk dibw ke rmh nyokap bokap.Tp tetep mau coba smp cuantik banget.

Resep dr nur elny nanti yah mau beres2 dulu. Tp td belajarny dr sini nih,jd deh resep jadi jadian he he he
dapurbunda,resepdapurcakestation,dan dapur amatir.




Bahan:
1. Tepung terigu 1 gelas belimbing
2. Gula pasir 2/3 gelas belimbing
3. Telur 2 butir
4. Susu ultra 200 ml
5. Ovalett 1 sdm
6. Vanili 1 sdt
7. Baking powder 2 sdm
8. Pewarna merah & hijau
9. Garam ½ sdt

Cara membuat :
Langkah 1 :
Kocok gula dan telur 10 menit dengan mikser miyako terpasang di standingnya kecepatan no. 3 Sesekali bantu aduk dengan spatula adonan gula+telur ini karena kadang ada endapan di dasar baskom. (mengaduknya, mikser tetap jalan tidak dimatikan)

Langkah 2 :
Setelah 10 menit langkah 1 tadi tambahkan ovalett.Langkah kedua ini baskom tetap terpasang di stand mikser dan adonan di kocok dengan kecepatan no. 3 selama 10 menit.ovalett langsung ditambahkan ke baskom, mikser tidak dimatikan dulu. Jangan lupa sesekali juga harus diaduk dengan spatula karena kadang ada ovalett yang nempel-nempel di baskom dan supaya tercampur rata.

Langkah 3 :
Sambil menunggu 10 menit, naikkan dandang ke kompor, api harus besar sekali dan air di kukusan cukup banyak tapi jangan kepenuhan.

Langkah 4 :
Campur baking powder dan vanilinya ke tepung supaya nanti gampang menuangnya.

Langkah 5 :
Tepat menit ke 10 turunkan kecepatan mikser jadi no.1,lalu tuang sekaligus susu, langsung ambil mangkok isi terigu+vanili+baking powder+garam
lalu tuang sekaligus isinya, taruh mangkok,bantu aduk dng spatula agar adonan menyatu matikan mikser.
(sewaktu menuang susu, terus campuran tepung kondisi mikser tetap berjalan di kecepatan no 1 jadi kalau waktu dihitung kasar kira-kira kurang dari 1 menit antara susu di tuang sampai campuran tepung ditambahkan)

Langkah 6 :
Ambil 2/3 gelas belimbing adonan,beri warna hijau.Sisany diberi warna merah.Tuang adonan merah ke loyang bolkus,tuang lagi adonan hijau aduk acak pakai tusuk gigi diatas adonan merah.

Langkah 7 :
Kukus minimal 15 menit,dng api sedang. Jangan buka-buka kukusan. Perhatikan kukusan jangan sampai ada yang bolong sehingga uap bisa keluar, kalau perlu alasi tutup dengan serbet bersih.

Laqngkah 8 :
Angkat sajikan hangat

Mau coba kalo Ovalett dan baking powderny ga sebanyak ini,dan susuny jg dikurangi…