Kamis, 31 Desember 2009

KUE CINCIN BETAWI ala Nur El




Dua hari mengerjakan kue ini selain makanan dan masakan yang lain. Tapi yg ini pualiiiing hueboh. Tapi berhubung kue ini kesukaan ayah (ompung) jd semangat ngerjainnya.

Beberapa hari yg lalu mantan mbak kesayangan Nur El dateng kerumah, dia kangen sama Nur El ;p. Mbak Naomih dan ibuny dateng bawa kue cincin, ikan bandeng 3 ekor yg besar2 dan seger, dan buanyaaaaaaak rambutan. Pas ditanya kuenya siapa yg buat? Eh dia bilang si nenek yg buat, langsung deh Nur El tanya cara membuatny Tapi nenek hanya memberikan resepnya ga kasih tau secara rinci bagaimana buatnya. Resep dari beliau 500 gr tepung beras, 500 gr gula merah, dan 1 butir kelapa. Kata nenek (ibunya si mbak) kelapanya ga usah disangrai.

PUDING SUSU BUSA STRAWBERRY

Puding ini untuk dibawa ke rumah nenek dan ompung. Kalo kata kakak rasany kayak permen alpenlibe.


Rabu, 30 Desember 2009

BUNCIS DAGING SOSIS SAUS TIRAM

Bahan:
1. Sosis 4 buah, 165 gr.
2. Daging sapi 180 gr, dipotong2 memanjang, atau beli diswalayan daging khusus u/ tumisan.
3. Buncis 276 gr.
4. Jagung 1 buah.
5. Daun bawang 1 batang.
6. Air 250 ml.
7. Air untuk merebus daging.

CAKE PIKARE TEPUNG BERAS (Pisang Kacang tanah Rempah2)

Mau bikin cake ini tapi pisangny cm ada satu, kenariny da abis, yg ada kacang tanah goreng cemilan papa. Tapi teteup percobaan dilakukan. Cake ini sekaligus mau dibawa ke rmh nenek dan ompung.

Adonanny cakep banget. Hasilny tidak mengecewakan, enak, dan kalo diliat tidak bantet (tingginy kurleb 6 cm). Mulai ngocok telur sampai masukin adonan kedalam loyang tidak lebih dr 10 menit.


Selasa, 29 Desember 2009

PUDING KIWI YOGURT STRAWBERRY

Tadiny hari Senin kemarin ga niat bikin cemilan apa2. Tapi pas megang buah kiwi di kulkas "Kok da terasa agak bonyok yah".Jadi deh buat puding ala mama-rr. Sore2 ditemani oleh bejibun pertanyaan dr Rafif, tuh puding kelar dibuat.

Setelah dikeluarkan dr kulkas dan siap tuk disantap.Rafif da ga sabar nunggu, dia nongkrong di kursi meja makan. Spt biasa " Ma, Rafif mau" berulang2. Acara motong pudingny jd rame.  :) Tapi pas makan dia mauny yg ada yogurtny aja, spt biasa sisany buat "tong sampah Rafif" alias mama...:) Tumben dia ga doyan yg asem2. Biasany mama dan Rafif seneng banget kalo ada yg asem2. Mungkin tekstur puding kiwiny yg dia ga doyan, ada biji2ny.

CAKE PIKERE TEPUNG BERAS (Pisang Kenari Rempah2)

Dapet ide tepung beras gara2 baca tabloid Saji yg da lama. Ide bikin cake pake tepung beras dan tepung sagu aja yg diambil dr tabloid saji Duo Cake Berempah. Knp mau nyoba krn penasaran spt apa hasilny kalo bikin cake pake tepung beras dan tepung sagu. Di tabloid saji sih ga resepny ga pake pisang, tapi mama-rr mau pakein pisang....:).Buatny menjelang maghrib.

Senin, 28 Desember 2009

SAYUR BENING BAYAM

Bahan:
1. Sayur bayam Rp. 1.000,-
2. Air secukupnya.
Bumbu:
1. Bawang merah 3 siung.
2. Garam 1/3 sdm
3. Gula 1/3 sdm

MIE GORENG BAKSO

Tadiny pingin ditambahin kocokan telur di mie gorengnya, tapi berhubung da dihebohin sm Rafif dan Razaan jdnya begini aja deh mie gorengnya.  :)

BALADO KERANG HIJAU

Tadi pagi bingung mau masak apa, di tukang sayur bengong2 eh yg terlintas balado kerang hijau dan sayur bayam. Krn kerang hijauny cm tinggal 1/4 kg maka bikinlah mie goreng bakso (pake mie telor).

Jumat, 25 Desember 2009

PUDING JERBU fla NUTRISARI AUSTRALIAN LIME

Masih di rumah nenek dan ompung, papa belum pulang.


Awalny pingin pake buah beneran, tp berhubung belanja bahanny berduaan sm Rafif yg hueboh kalo diajak belanja, jd gagal deh rencanany. Tp gpp jdny bikin ini aja deh...:) Yg penting bikin yg asem2 *kesukaan mama dan Rafif*......mengarang resep lagi deh...:)


Kamis, 24 Desember 2009

PUDING COKLAT BUSA

Dibagian dalam dan diatas agar2ny ada busa...:) Spt biasa mama-rr mengarang resep lagi.:)

BAKWAN JAGUNG

Lagi kepingin makan bakwan jagung nih. Membuat ini saat masih di rumah nenek dan ompung.


Bahan:
1. Jagung 5 tongol.
2. Bawang putih 3 siung.
3. Bawang merah 6 siung.
4. Daun bawang 1 batang.
5. Telur 2 butir.
6. Tepung terigu 10 sdm.
7. Lada 25 butir.
8. Gula pasir 1/2 sdm.
9. Garam 1 sdm.
10. Minyak sayur secukupny.

DONAT

Ini buatny waktu di rumah nenek dan ompung. Biasa resepny karangan mama-rr.

Kebangun jam 1 pagi, smsan sm papa yg lagi di Moskow. Pinginny skype2an tp berhubung jaringanny ga lancar jd smsan aja deh. Eeeeeeh abis smsan malah ga bs tdr jg. Akhirny setelah mencoba tdr ga bs jg, jam 03.15 *kurang lebih deh* mulai deh bikin donat sambil nunggu adzan subuh. Jd deh donat yg lembuuuuuuuut *kata yg pada makan loh*...:)  Bikinny pagi2 biar yg pada mau berangkat kerja bisa icip2, keponakan yg baru bangun tdr bs langsung melahap donat, dan mumpung Rafif dan Razaan masih pd tdr...:) Tapi berhubung pas mau goreng Rafif dan Razaan da pd bangun jd deh bentuk donatny kurang ciamik...he he he yg penting rasany uenak...:)


Rabu, 23 Desember 2009

PUDING VANCOLSAN

Ini buatny waktu papa ke Moskow, Rusia. Mama, Rafif dan Razaan bahagiaaaaa banget dirmh nenek dan ompung, spt biasa kumpul semua anggota keluarga kecuali kakak ipar yg lagi belajar di Jepang. Mama-rr jd pingin buat apa aja, yg penting bs dijadiin cemilan.  :)

Gara2 ikutan acara di NCC baru ngecek lagi nih resepnya, ternyata kemarin2 resepnya ketuker sm puding coklat busa. Pantesan kok aneh kayaknya foto yg ini mengandung susu kok diresepnya  ga da susunya, alhamdulillah masih punya catatan resep di buku, jd kayaknya musti tetep nyatet dibuku biar ada koreksiannya.
Ngetiknya kejar tayang sehabis pulang dr rumah nenek dan ompung.

Tapi resep yg ini sudah nur el koreksi yah...maaf maaf yg sudah pernah baca...:)




Kamis, 17 Desember 2009

DONAT KENTANG KEJU

Da lama pingin bikin donat, tapi kebayang ribetny jd suka males duluan. Bermodal nekat dan bikin resep jadi2an lagi (sehabis belajar via internet), jadilah donatku tuk pertama kali. Donat ini dipersembahkan tuk Rafif yg kalo liat donat bertabur gula halus bilangny "Ma, donatny ada saljuny"  :) Tapi berhubung Rafif paling doyan donat berisi selai strawberry (ditempat donat yg itu tuh "D....D"), mama jd punya PR belajar bikin donat kayak gitu.SEMANGAT. Tapi tuk pertama kali bikin donat ini dulu deh...:) Makasih Papa,Rafif, Razaan, dan mbak (pbt)  yg mau bekerja sama dng baik pagi ini. :) Kalo kata mbak (pbt) yg biasa bikin donat, hasilny bagus, donatny lembut dan gurih. Tapi bagi yg punya gawe (mama), rasa dan kelembutan alhamdulillah cuma bentukny musti diperbaiki biar kayak donat kentang yg dijual di ITC BSD.  :)

Belajarny dari sini nih (makasih Bu Fat-NCC dan Mbak nenis), tapi jadiny resep jadi-jadian.

http://nenis-mykitchen.blogspot.com/2009/02/donat-week-ncc-donat-kentang.html

http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=280

Tadiny tepung teriguny cm 250 gr tapi tuh adonan ga kalis2 jd deh 300 gr.




Rabu, 16 Desember 2009

CUMI ASEM MANIS

Rafif da lama nagih dimasakin cumi2, baru sekarang kesampean. Td malam pas ditanya "Besok mau mama masakkin cumi2 apa gak?" Rafif jawab "Mau, yg banyannk yah"...:) Nih cumi rasany bukan cuma asem manis doank tapi jg pedes. Selamat mencoba yah..:)


SAMBAL ATI (bumbu da jadi)

Ini da lama dibuat tp baru dimasukin kesini..:)
Sambal Ati (bumbu da jadi dan ati sapiny da dipotongin sm tukang sayur),gampang buatny tinggal cemplung2.



PUDING COKLAT KACANG FLA LEMON SUSU

Gara2 di fb ada temen yg bikin status bikin puding coklat jd ngiler pingin buat puding coklat. Berhubung si empuny status ga ngasih resep dan yg ada di rmh bahanny cm ada ini. Jadi deh bikin PUDING COKLAT KACANG FLA LEMON SUSU. Kalo kata suami, " Ga pake fla enak, pake fla tambah enak" Yg pasti abis mkn nih puding terasa sisa lemonny di lidah. Dikit aja pake flany yah,abisny dikit aja da berasa lemonny bercampur dng puding coklat kacang. Trus jng kaget yah flany ga selembut fla biasany,mungkin krn campuran susu dan lemon jdny kelembutanny beda. Pokokny teteup uenak...:) Besok2 bikin flany dr susu,gula,maizena,pasta lemon atau essence lemon kata mbak yeni-ncc flany jd halus *penggemar lemon nih*.


Selasa, 15 Desember 2009

TAART PISANG OUTMEAL

Resep karangan mama-rr. Taart ini lembut, manis, terasa sekali pisang dan outmealny, ditambah kismis makin uenak.. Buatny sih tadi malam niatny buat  sarapan papa pagi ini...:) Outmeal = sarapan papa.

Senin, 14 Desember 2009

CAKE TAPE KEJU


Bikin cake tidak menyita banyak waktu, jd ini nih yg paling sering dibuat sm mama Rafif dan Razaan :) Hr ini ga niat bikin cake tapi eh lewat tukang tape jadi pingin bikin cake. Cake ini waktu dipanggang haruuuum banget tapeny, pas da mateng lembut,gurih,harum,wangi tape, mmmmmmh pokony tinggal tunggu komentar papa nanti malem. :)

TONGKOL KEMANGI

Hari ini pingin makan ikan tapi ga digoreng dan tanpa santan jd bikin ini aja ah,masakny ala ayam kuning kemangi tp cabeny ikutan diulek. Wangi, segeuer,pedes, pokokny enak deh   :)

Kamis, 10 Desember 2009

CAKE KEJU

Mau ke rmh nenek,bikin oleh2ny cake keju aja ah...Pagi2 da sibuk lari sana-sini,buat cake sambil ngurusin ank2. :)

SAMBAL UDANG

Bahan:
1. Udang 1/2 kg.
2. Minyak sayur secukupny.

Bumbu:
1. Cabe merah 13 buah.
2. Bawang merah 6 siung.
3. Bawang putih 2 siung.
4. Tomat merah 2 buah, ukuran sedang.
5. Garam 1/2 sdm.
6. Gula 1/2 sdm.

TUMIS TOGE

Bahan:
1. Toge Rp. 2000,-
2. Air secukupny.
3. Minyak secukupny.

Bumbu:
1. Cabe merah besar 2 buah.
2. Cabe hijau besar 4 buah.
3. Bawang merah 4 siung.
4. Bawang putih 2 siung.
5. Lengkuas  1 ruas ibu jari.
6. Daun salam 2 lembar.
7. Gula 1/2 sdm.
8. Garam 1/2 sdm.

CUMI ASIN CABE IJO

Bahan:
1. Cumi asin 10 buah.*maaf lupa nimbang*
2. Jeruk nipis 1 buah,diambil airny.
3. Air 1/2 gelas belimbing.

Bumbu:
1. Bawang merah 4 siung.
2. Bawang putih 2 siung.
3. Cabe hijau besar 10 buah,sesuai selera.
4. Tomat hijau 6 buah, sesuai selera.
5. Jahe 1 ruas jari telunjuk.
6. Lengkuas 1 ruas ibu jari.
7. Daun jeruk 3 lembar.*ukuranny kecil nih*
8. Daun salam 1 lembar.
9. Sereh 1 buah.

Rabu, 09 Desember 2009

TAHU PANGGANG CORNED BEEF

Tahu kesukaan Rafif... :)

Bahan:
1. Tahu 429 gr (3 tahu cina/sutra).

2. Wortel 68 gr.
3. Telur 3 butir.
4. Corned beef 100 gr.
5. Keju kraft cheddar 20 gr.

Bumbu:
1. Lada 18 butir.
2. Bawang merah 8 siung.
3. Bawang putih 3 siung.
4. Bawang bombay 1 siung, ukuran kecil.
5. Daun bawang 1 tangkai.
6. Garam 1 sdm, sesuai selera.
7. Gula 1/3 sdm, sesuai selera.

Selasa, 08 Desember 2009

AYAM BUMBU RUJAK (resep jd2an,yg ngasih nama ini papa dan mbak)

Maaf baru disebar abis sibuuuuuuk banget *sok sibuk nich... ;p*.Nama ini dipilih karena komentar papa dan mbak yg sm2 nebak ayamny dibuat bumbu rujak. Pdhal ini mah resep jadi2an mama, gara2 papa minta dibuatin ayam kecap lagi *kemarin da dibuatin ayam kecap susu*. Kalo kata mbak yg lagi makan pagi di rmh, "Asem2,manis,pedes,seger,kayak rujak".


AYAM KECAP SUSU

Masaknya kejar tayang nih dikejar2 sm permintaan 2 bocah.


CAKE KEJU GURIH (cendrung asin2 gurih)

Yang ini keju dan gula lebih sedikit, rasany jd beda. Yg pasti kalo bosen bikin cake manis terus bikin ini deh...:) Buat ini gara2 papa masih nanyain cake keju selai blueberry yg hr sebelumny dibuat.Abisny itu cake keju uenak banget.Kalo dipotong pake tangan bunyiny kres *percaya deh*.Resep yg ini jg "Kres",ga bantet,gurih,kalo da lama ga keras,ga seret kalo abis mkn *duh apalagi yah* pokokny bikin ketagihan. :)

CAKE KEJU SELAI BLUEBERRY


Bahan:
1. Tepung terigu 100gr.
2. Gula pasir 60 gr.
3. Mentega 100 gr,lelehkan,diamkan hingga dingin.
4. Telur 4 butir.
5. Keju parut 50 gr.
6. Vanili bubuk 1/2 sdt.
7. Baking powder 1/2 sdt.
8. Emulsifier 1/2 sdt.
9. Selai blueberry secukupny.

CAKE PISANG KISMIS

Bahan:
1. Tepung terigu 100gr.
2. Gula pasir 80 gr.
3. Minyak sayur 100 ml.
4. Telur 4 butir.
5. Pisang 1 buah kurang lebih ukuran 10 cm,yg udah mateng buanget yah.
6. Vanili bubuk 1/2 sdt.
7. Baking powder 1/2 sdt.
8. Emulsifier 1/2 sdt.
9. Kismis 45 gr.

Sabtu, 05 Desember 2009

TUMIS SAWI PUTIH DAN JAGUNG


Jangan bosen yah kalo liat tumisan sayurny suka pake jagung,abisny kalo dikasih makan Rafif suka nanyain jagung. :)

Bahan:
1. Sawi putih Rp. 2.000,-
2. Jagung manis 1 buah.
3. Minyak sayur secukupny.

TELUR BALADO

Lagi pingin bikin balado yg begini,mau diganti ikan,udang, cumi2,dll jg enak kok.

Bahan:
1. Telur ayam 8 butir.
2. Minyak sayur secukupny.
3. Air secukupny.

Jumat, 04 Desember 2009

ROTI GORENG

Tadi malam sambil nungguin papa pulang dr kantor,bikin adonan roti goreng.Biar bs dimakan tuk besok pagi alias hr ini.Mumpung ada putih telur sisa bikin klapertaart pisang keju *tanpa  kelapa muda*dan 5 roti.

Kamis, 03 Desember 2009

BALADO KEMBUNG BANJAR

Bahan:
1. Ikan kembung banjar 1/2 kg.
2. Minyak sayur secukupny.
3. Jeruk lemon 3 buah (ukuran kecil),ambil airny.

Bumbu:
1. Cabe merah 8 buah (suami perutny tdk kuat pedas).
2. Tomat merah 3 buah (ukuran kecil).
3. Bawang merah 5 buah.
4. Gula putih secukupny.
5. Garam secukupny.

TUMIS KANGKUNG DENGAN GULA MERAH

Bahan:
1. Kangkung 2 ikat.
2. Minyak sayur 2 sdm.
3. Air 1/3 gelas belimbing (bagi yg suka ditambahkan air).

Profil

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Berawal dari ingin membuat catatan masakan maka dibuatlah blog ini. Nur El membuat blog sederhana ini sendiri dengan belajar via om Google, ngutak-ngatik blog sendiri. Alhamdulillah walaupun mungkin tidak sebagus blog yang lain tapi Nur El sudah cukup senang. Membuatnya saja sudah mengorbankan waktu tidur di malam hari, karena setelah subuh tugas mengurus rumah, anak-anak, dan suami sudah menanti.

Olahan BUNCIS I

Td belanja (dianter Rafif) da kesiangan, dptny tempe,sayurny apa yah??????? Pinginny buncis pake ikan asin peda merah.tp tuh ikan asin ga da.Ah pusing2, ini aja deh....

Bahan:
1. Buncis Rp.2.000,-
2. Wortel Rp.1.000,- (dpt 3 buah).
3. Jagung 1 buah.
4. Bakso 10 buah (hi hi hi ada penggemar bakso nih,jd pingin makan bakso TITOTI di BSD).
5. Air 1 1/2 gelas belimbing.

TEMPE OREK

Bahan:
1. Tempe Rp.4.500,- (maap ga nimbang).
2. Minyak sayur secukupny,tuk numis aja kok.

AYAM KUNING KEMANGI (tanpa santan,wangiiiii dan segeeeeeer)


CAKE WORTEL KAYU MANIS KEJU

Ga ol ol di fb krn belajar bikin bolu kukus.Tp hr ini pingin ngetik dikit.Utk melemaskan jemari2.Bentar lg kan lebaran,kermh nyokap bokap deh,oleh2ny bikin kue sendiri.Kalo rada gagal maap yah....:)

Dipanggang aja ah,tuk menghibur hati yg beberapa kali bikin bolu kukus bantet.Alhamdulillah masih ada yg doyan,kel.si Mbak...makasih mbak dng sabar menerima hasil karya mama rafif dan razaan yg lg hobi belajar bikin kue,smp tdrny cm 1 jam aja kalo malem saking penasaranny..*kayak bikin laporan waktu di kampus aja...ooooh IPB tercinta* Tp bener belajar via internet dan buku.

BOLKUS CINTA MAJU TERUS PANTANG MUNDUR

Pagi2 hrsny da siap2 kermh nyokap tp berhub.masih penasaran krn td malem rada bantet *tp pd makan juga,tinggal sisa dikit :)* dan bocah2 masih pd tdr.Masuk ke dapur dannnnnn hiyattttt awas ya bolkus tak tantang dikau,pastiny dng bismillah ga berhenti smp bolu dipotong.Dan berakhir bahagia krn ini bolkus paling sukses yg pernah dibuat,ga bantet tet tet,alhamdulillah akhirny. Abis tuk dibw ke rmh nyokap bokap.Tp tetep mau coba smp cuantik banget.

Resep dr nur elny nanti yah mau beres2 dulu. Tp td belajarny dr sini nih,jd deh resep jadi jadian he he he
dapurbunda,resepdapurcakestation,dan dapur amatir.


BOLU KUKUS PANDAN HATI



Bahan:
1. Tepung terigu 2 gelas belimbing (tdk dipadatkan)
2. Gula pasir 1 1/2 gelas belimbing (tdk dipadatkan)
3. Telur 4 butir
4. Susu ultra 400 ml
5. Emulsifier 1/2 sdt
6. Vanili 1/2 sdt
7. Baking powder 1/2 sdt
8. Paste pandan 1/2 sdt rata dng sendok
9. Susu bubuk 2 sdm

KROKET KENTANG ISI SAYUR dan KEJU



Bahan:
1. Kentang (500 gr),kupas,potong 8,goreng,haluskan panas2.
2. Garam (1 sdt).
3. Lada bubuk (1/2 sdt).
4. Telur ayam (1 butir).
5. Mentega (1/2 sdt).
6. Susu bubuk 2 sdm.

Bahan isi:
1. Wortel (2 buah wortel lokal),parut kasar.
2. Buncis (6 buah),potong halus.
3. Daun bawang (1 ikat).
4. Bawang putih (2 siung).
5. Bawang merah (4 siung).
6. Bawang Bombay (1/2 siung,yg kecil).
7. Tepung terigu (4 sdm).
8. Santan Sun Kara (195 ml).
9. Garam (1sdt).
10.Gula (1/2 sdt).
11.Lada bubuk (1/2 sdt).
12. Keju (100 gr,potong sebesar korek api).

Bahan lainny:
1. Tepung panir (1 bungkus).
2. Telur (1 butir,ambil bagian putihny saja).

GULAI UDANG KEMANGI

Bahan:
1. Udang segar (1/2 kg),buang kepala dan ekorny (yg tajam aja yah,biar tetep cantik).
2. Kentang (1/4 kg),kupas,satu kentang dipotong jd 4 atau 6 (sesuai selera).
3. Santan kental / Sun kara (195 ml)
4. Air (400 ml).
5. Tomat hijau (1 buah), belah 4.
6. Daun kemangi (Rp. 1000,-,atau sesuai selera),dipetikin daunny,cuci bersih.

TUMIS LABU SIAM

Bahan:
1. Labu siam (2 buah, ukuran sedang).
2. Air (250 ml / sesuai selera).

Bumbu:
1. Bawang merah (3 siung).
2. Bawang putih (1 siung).
3. Lengkuas (1 ½ cm).
4. Daun salam (1 lembar,ukuran sedang).
5. Cabe merah (kalau mau ditambahkan).
6. Pete (kalau mau ditambahkan).
7. Garam (secukupny).
8. Gula (secukupny).

AYAM UNGKEP MENTEGA

Bahan:
1. Satu ekor ayam ukuran sedang, potong 12 bagian,bersihkan.Rendam dng air jeruk nipis dan garam,kurang lebih 15 menit.Cuci yg bersih.Masak air.Setelah mendidih masukkan ayam.Rebus ayam sebentar,lalu tiriskan.
2. Daun salam (3 lembar).
3. Air kelapa (dr 1 kelapa ukuran sedang) kurang lebih sm dng 400 ml.
4. Mentega (4-5sendok mkn).
5. Air jeruk nipis (secukupny).

KRIPIK MUSTOFA

Kripik Kentang Pedas (kata Anit di Sunda namany Kripik Mustofa).Ngidamny dr waktu hamil Razaan,baru terlaksana sekarang. *Anit deh yg tau ceritany he he he,buat duluan nih Nit*

Bahan:
1. Kentang (3/4 kg)
2. Kapur sirih (1/2 ruas jari telunjuk)
3. Minyak goreng